Logo BeritaSatu

Komisi IV Dukung Kementan Perluas Substitusi Pangan Lokal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 07:53 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi IV DPR Muhammad Syafrudin merespons positif upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan perluasan substitusi pangan lokal sorgum. Menurutnya, perluasan tersebut merupakan langkah tepat mengingat sorgum adalah kebutuhan pokok yang bisa menjadi pengganti gandum.

"Saat ini pembicaraan gandum sedang hangat di kalangan masyarakat. Itu semua karena dampak perang Rusia yang belum juga usai. Nah di sisi lain, pemerintah sangat tepat melakukan penanaman. Saya kira ini perlu kita apresiasi," ujar Syafrudin, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (13/8/2022).

Syafrudin mengatakan, sorgum, sagu dan juga singkong bisa dijadikan sebagai bahan tepung-tepungan. Dari sisi kualitas gizi dan kandungan kesehatan tubuh, sorgum lebih unggul karena disebut tanpa mengandug zat aloksan yang bisa menyebabkan diabetes.

"Nah, yang saya dengar sorgum, singkong dan juga sagu memiliki kandungan kesehatan yang lebih besar. Dan kalau ini benar maka sudah saatnya Indonesia mulai mengembangkanya. Tentu Komisi IV akan terus mendukungnya," katanya.

Di sisi lain, kata Syafrudin, tingkat konsumsi gandum juga terbilang tinggi terutama yang berkaitan dengan produk olahan. Karena itu, substitusi pangan lokal bisa menjadi alternatif yang baik untuk kesehatan.

"Sudah saatnya kita berpikir cemerlang dengan memanfaatkan sorgum sebagai bahan pangan alternatif yang baik untuk kesehatan," katanya.

Sebelumnya, Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Ahmad Tauhid mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam hal ini Kementan untuk memperkuat substitusi pangan lokal sebagai pilar kekuatan bangsa Indonesia.

"Saya mendukung kebijakan tersebut (diversifikasi pangan lokal) karena sangat bagus untuk memperkuat ketahanan pangan kita. Tapi menurut saya kalau dijadikan pengganti dalam skala besar (industri) perlu ada sosialisasi yang masif dari pemerintah," ujarnya.

Menurut Tauhid, diversifikasi pangan seperti sorgum dan sagu sangat bagus untuk mengurangi ketergantungan pangan utama seperti beras. Namun, itu semua perlu kajian yang komprehensif, harus menghitung berapa besar pangsa pasar dan kebutuhannya.

"Kalau sekedar bisa karena bagian dari tepung tepungan, misal gandum saya yakin bisa. Cuma testing pasarnya harus dilihat kembali berapa persen substitusinya. Kenapa? Karena market-nya kita belum tahu dan tren penggunaanya untuk apa saja," jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sakit, AKBP Arif Rachman Sempat Hadir di Sidang Etik Ipda Arsyad Daiva

Sidang etik terhadap Ipda Arsyad Daiva Gunawan saat ini tengah berlangsung. Sidang etik itu sempat dihadiri saksi AKBP Arif Rachman Arifin

NEWS | 26 September 2022

Presiden Jokowi Awali Kunjungan Kerja ke Sulawesi Tenggara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Prabowo Hormati Kemungkinan Jokowi Jadi Cawapres

Prabowo Subianto angkat bicara soal kemungkinan Presiden Joko Widodo menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampinginya pada Pilpres 2024.

NEWS | 26 September 2022

ADCO Law Umumkan Alta Mahandara sebagai Partner Baru

Alta Mahandara telah bergabung dengan firma hukum ADCO Law sebagai partner baru, mulai Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

MKD Tegur Keras Pamdal DPR yang Halangi Ketua IPW Masuk

MKD DPR menegur keras anggota pamdal DPR, karena menghalangi Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso masuk melalui gerbang depan, kompleks Parlemen, Jakarta.

NEWS | 26 September 2022

Pengacara Lukas Enembe Tawarkan Restorative Justice ke KPK

Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening menawarkan kepada KPK untuk menempuh restorative justice terkait kasus hukum kliennya.

NEWS | 26 September 2022

Majelis Rakyat Papua: Lukas Enembe Harus Patuhi Proses Hukum

Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Dorince Mehue meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk mematuhi proses hukum.

NEWS | 26 September 2022

Legislator Soroti Keberadaan Shadow Team Nadiem di Kemendikbudristek

Anggota Komisi X DPR Djohar Arifin Husin menyoroti keberadaan 400 orang anggota shadow team atau tim bayangan yang disampaikan Nadiem.

NEWS | 26 September 2022

Ibu dan Anak Jadi Korban Tewas dalam Kecelakaan di Tol JORR

Dua korban tewas dalam kecelakaan di Tol Jakarta Outer Ring Road atau Tol JORR adalah ibu dan anak. AR adalah anak dari pengemudi AK dan SY istri dari AK.

NEWS | 26 September 2022

Luncurkan Laserin Madu Orange, Mecosin Gelar Penanaman Pohon Jeruk

PT Mecosin Indonesia menandai peluncuran Laserin Madu Orange, dengan menanam puluhan pohon jeruk.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MKD Tegur Keras Pamdal DPR yang Halangi Ketua IPW Masuk

MKD Tegur Keras Pamdal DPR yang Halangi Ketua IPW Masuk

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings