Logo BeritaSatu

Pentagon Bantah Senjata AS yang Hancurkan Pangkalan Udara Krimea

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Pentagon membantah senjata yang dipasok Amerika Serikat (AS) yang telah menghancurkan pangkalan udara Krimea. Seperti dilaporkan AFP, Sabtu (13/8/2022), departemen Pertahanan AS di Pentagon tidak mengetahui penyebab ledakan dahsyat di lokasi tersebut.

Pasukan Ukraina diyakini berada di balik beberapa ledakan pada hari Selasa di pangkalan Saki di Krimea yang diduduki Rusia, yang merusak atau menghancurkan sekitar delapan pesawat, serta persediaan amunisi.

Tidak ada yang secara resmi mengaku bertanggung jawab dan masih belum jelas pada Jumat (12/8) persis apa yang menyebabkan ledakan di pangkalan itu, titik pementasan utama untuk invasi Rusia di Ukraina.

Rusia menyebut insiden itu sebagai kecelakaan, tetapi analis mengatakan foto satelit dan video darat menunjukkan serangan tersebut.

Amerika Serikat telah memasok persenjataan dan amunisi dalam jumlah besar ke Ukraina, tetapi tidak ada yang memungkinkan mereka untuk menyerang dari wilayah yang dikuasai Ukraina yang jauh ke wilayah yang diduduki Rusia.

"Kami belum memberikan apa pun yang memungkinkan atau memungkinkan mereka menyerang Krimea," kata seorang pejabat senior pertahanan AS kepada wartawan.

Pejabat itu secara khusus mengatakan itu bukan rudal taktis jarak menengah berpemandu presisi AS, yang dikenal sebagai ATACMS, yang diminta oleh Kyiv dan yang dapat diluncurkan oleh sistem HIMARS yang sudah dipasok AS di Ukraina.

"Itu bukan ATACMS, karena kami belum memberi mereka ATACMS," kata pejabat pertahanan itu.

Pejabat itu menambahkan bahwa Pentagon tidak memiliki informasi untuk menunjukkan apakah ada serangan rudal di pangkalan itu atau tidak, atau apakah itu tindakan sabotase.

Namun demikian, kata pejabat itu, itu memiliki "dampak yang cukup signifikan terhadap udara (operasi) dan personel udara Rusia."

Intelijen Pertahanan Inggris mengatakan pada hari Jumat bahwa beberapa ledakan besar yang direkam dalam video oleh orang-orang di daerah itu "hampir pasti dari ledakan hingga empat tempat penyimpanan amunisi yang tidak ditemukan."

Dikatakan, setidaknya lima pembom jet tempur Su-24 dan tiga jet multi-peran Su-30 hancur atau rusak parah akibat ledakan, tetapi lapangan terbang itu tetap dapat digunakan.

"Saki terutama digunakan sebagai pangkalan untuk pesawat Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia," kata Intelijen Pertahanan Inggris.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahfud MD Gelar Rakor Bahas Penanganan Tragedi Kanjuruhan

Menurut Mahfud MD, pemerintah serius untuk menindaklanjuti, merehabilitasi, dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PSSI Larang Arema FC Berlaga di Stadion Kanjuruhan

PSSI Larang Arema FC Berlaga di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings