Logo BeritaSatu

Jenderal AS Peringatkan, Taliban Masih Sangat Berbahaya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:10 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Mantan komandan militer Amerikat Serikat (AS) David Petraeus memperingatkan bahwa Taliban masih sangat berbahaya. Seperti dilaporkan Arab News, Sabtu (13/8/2022), Petraeus mengatakan Taliban telah mengizinkan Al Qaeda kembali dan Daesh (Negara Islam di Irak dan Suriah) menjadi "sangat berbahaya" di tengah situasi bencana di Afghanistan dalam 12 bulan sejak pasukan AS mundur.

“Jenderal David Petraeus mengatakan bahwa pada tahun sejak pasukan Barat pergi, negara itu telah kembali ke abad ke-8 atau ke-9, dengan rezim baru memaksakan visi Islam 'ultra-konservatif',” bunyi laporan oleh surat kabar The Guardian, yang mengutip wawancaranya kepada Times Radio.

Laporan itu menambahkan bahwa Barat meninggalkan ratusan ribu orang yang keamanannya terancam karena pelayanan mereka di pemerintah Afghanistan atau bekerja bersama pasukan Barat.

“Saya pikir ini masih merupakan situasi yang tragis, memilukan dan, sejujurnya, bencana. Jelas bahwa Taliban telah mengizinkan Al Qaeda untuk kembali. ISIS tampak sangat berbahaya,” kata Petraeus, menggunakan nama alternatif untuk organisasi teroris Daesh.

“Ekonomi telah runtuh, banyak orang benar-benar kelaparan dan rezim Taliban telah memberlakukan visi Islam ultra-konservatif yang membawa negara itu kembali ke abad ke-8 atau ke-9, ekonomi, dunia usaha, bahkan hingga masyarakat,” tambahnya.

Petraeus mengatakan sebagian besar pasukan koalisi yang melakukan pelatihan dan bantuan di negara itu hingga musim panas lalu ingin tetap tinggal.

The Guardian menyatakan bahwa kepala intelijen "sebelumnya memperingatkan bahwa penarikan dari Afghanistan dapat melemahkan kemampuan Inggris dan AS untuk mendapatkan gambaran akurat tentang aktivitas teroris di lapangan.

Sejak kepergian pasukan Barat pimpinan AS pada 31 Agustus tahun lalu dan akibat pengambilalihan Taliban, peringatan dan ancaman dari Barat kepada kelompok itu tentang tindakannya telah diabaikan.

Badan keamanan Inggris memiliki kekhawatiran besar bahwa hal itu akan terus tejadi memungkinkan kebangkitan kelompok-kelompok ekstremis, khususnya Al Qaeda yang dapat mengeksploitasi kekosongan keamanan.

Petraeus juga mengatakan sejumlah sumber daya telah digunakan untuk melakukan serangan terhadap individu yang menimbulkan ancaman, termasuk pemimpin Al-Qaeda Ayman Al-Zawahiri yang terbunuh oleh serangan pesawat nirawak AS di tempat persembunyiannya di ibu kota Afghanistan, Kabul, bulan ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sepanjang 2022, 1.153 Orang Tewas Kecelakaan di Sumut

Polda Sumut mencatat, sebanyak 1.153 orang meninggal dunia dari 4.306 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Sumatera Utara.

NEWS | 4 Oktober 2022

Gara-Gara Tragedi Kanjuruhan, Pos Polisi di Makassar Nyaris Dibakar

Pos polisi di Makassar hendak dibakar dan diduga terkait dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan lebih seratus orang.

NEWS | 4 Oktober 2022

Riset Gen Manusia Purba, Svante Paabo Diganjar Hadiah Nobel Kedokteran 2022

Ilmuwan Svante Paabo memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2022 untuk riset gen manusia purba.

NEWS | 4 Oktober 2022

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sepanjang 2022, 1.153 Orang Tewas Kecelakaan di Sumut

Sepanjang 2022, 1.153 Orang Tewas Kecelakaan di Sumut

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings