Logo BeritaSatu

Pemkab Biak Beri Penghargaan Perempuan Papua yang Punya Anak Banyak

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:20 WIB
Oleh : JEM

Biak, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Provinsi Papua akan memberikan penghargaan kepada perempuan orang asli Papua (OAP) dari Suku Biak yang mempunyai anak banyak atau lebih dari empat anak. Penghargaan ini sebagai bagian dari menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Reward pemerintah daerah kepada keluarga perempuan asli Biak yang memiliki anak banyak ini untuk menambah jumlah warga anak suku asli Biak, Papua," kata Bupati Biak Herry Ario Naap menanggapi pemberian hadiah perempuan OAP yang punya anak banyak di Biak, Minggu (14/8/2022).

Terkait penghargaan ini, kata Herry Ario Naap, Pemkab Biak Numfor melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sedang mendata perempuan OAP Suku Biak yang memiliki anak banyak melalui kepemilikan kartu keluarga yang resmi dikeluarkan pemerintah.

Dari nama keluarga perempuan terpilih, menurut Bupati, maka di momentum peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, akan disiapkan hadiah spesial dari pemerintah daerah kepada perempuan suku asli Biak.

Menurut Herry Ario Naap, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Biak sampai pertengahan tahun 2022, jumlah penduduk di Kabupaten Biak Numfor mencapai sekitar 145.000 kepala keluarga.

Dari jumlah penduduk Biak Numfor tersebut, lanjut Herry Ario Naap, sekitar 90.000 jiwa di antaranya merupakan warga OAP dan ada sekitar 65.000 jiwa merupakan warga non-Papua dari berbagai daerah Indonesia.

"Jumlah total sekitar 90.000 warga asli Papua untuk khusus Suku Biak jumlahnya masih harus ditingkatkan lagi. Ya, melalui pemberian reward dari Pemkab Biak diharapkan kalangan mama perempuan Biak dapat meningkatkan keinginan menambah anak dengan cara menjaga jarak waktu kelahiran," katanya.

Selain penghargaan, kata dia, Pemkab Biak Numfor melalui dinas terkait sudah menyiapkan program peningkatan asupan gizi bagi tumbuh kembang anak khususnya kepada keluarga yang punya anak banyak.

"Ke depan para orang tua bersama pemerintah daerah untuk meningkatkan jumlah dan kualitas generasi muda asli Biak guna dipersiapkan menjadi pemimpin daerah dan melanjutkan estafet kepemimpinan nasional di Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian Herry Ario Naap.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kerja Sama Politik PKB dengan PDIP Masih Tahap Komunikasi

Kerja sama politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan PDI Perjuangan (PDIP) masih tahap komunikasi awal.

NEWS | 25 September 2022

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

Nasir Djamil menilai penolakan banding Irjen Ferdy Sambo atas sanksi pemecatan tidak dengan hormat, menunjukkan keseriusan Polri menyikapi harapan publik.

NEWS | 25 September 2022

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings