Logo BeritaSatu

Dunia Internasional Akui 3 Tahun Indonesia Swasembada Beras

Senin, 15 Agustus 2022 | 07:01 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - International Rice Research Institute (IRRI), sebuah pusat penelitian beras dunia, memberikan penghargaan kepada Indonesia yang selama tiga tahun terakhir mampu mencapai swasembada beras secara berturut-turut. Pengharagaan ini diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (14/8/2022).

IRRI menilai, Indonesia mencapai swasembada karena mampu memenuhi kebutuhan pangan pokok domestik dalam hal ini beras lebih dari 90 persen. Diketahui, produksi beras nasional dari tahun 2019 konsisten berada di angka 31,3 juta ton sehingga berdasarkan hitungan BPS jumlah stok akhir di bulan April 2022 tertinggi di angka 10,2 juta ton.

"Dan kalau ditanya barangnya ada di mana? Ya ada di masyarakat, di petani, di restoran-restoran dan juga juga di Bulog. Plus beberapa di industri-industri pangan. Inilah yang menyebabkan kenapa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah mencapai swasembada pangan," ujar Presiden.

Presiden mengatakan, di tengah ancaman krisis pangan di tingkat global, pemerintah Indonesia terus berkomitmen meningkatkan produksi nasional dan menjamin ketercukupan pangan di dalam negeri sekaligus memberikan kontribusi bagi kondisi pangan internasional.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pelaku dan bekerja di sawah, para petani Indonesia atas kerja kerasnya, tentu saja bupati, gubernur dan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) yang semuanya bekerja sama dengan riset-riset dari universitas perguruan tinggi yang kita miliki. Ini adalah kerja yang terintegrasi dan kerja gotong royong," katanya.

Dijelaskan Presiden, salah satu infrastruktur yang selama ini dibangun Indonesia sejak tahun 2015 adalah infrastruktur di bidang pertanian. Tercatat, ada bendungan yang sudah diresmikan mencapai 29 dan tahun ini akan selesai lagi 38 bendungan dengan target sampai tahun 2024 lebih dari 61 bendungan.

"Kita juga membangun embung dan 4.500 jaringan irigasi yang dibangun selama 7 tahun terakhir, selain juga kita terus memanfaatakan varietas unggul padi, intensifikasi dan ekstensifikasi. Kita berharap, ke depan tidak hanya beras yang swasembada, tetapi kita jagung dan lainya," katanya.

Presiden menambahkan program diversifikasi juga dapat dioptimalakan dengan baik untuk mencukupi kebutuhan pangan nasional. Saat ini, Indonesia terus melakukan penanaman sorgum sebagai subtitusi yang bisa menggantikan gandum.

"Diversifikasi pangan hati-hati, kita tidak hanya tergantung pada beras tetapi harus kita mulai juga untuk jenis-jenis bahan pangan yang lainnya. Kita sudah mulai kemarin di Waingapu sorgum, kemudian di beberapa provinsi jagung juga besar-besaran yang dulu harus impor 3,5 juta ton hari ini kita hanya impor kira-kira 800.000 ton. Ini sebuah lompatan yang sangat besar sekali dan kita harapkan dengan terus-menerus kita konsentrasi ke sana," jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penertiban PKL di Kota Tua, Pemprov DKI Tak Akan Gunakan Kekerasan

Riza Patria mengatakan, penertiban PKL di kawasan Kota Tua, Jakarta akan melibatkan Satpol PP. Pemprov DKI tidak akan menggunakan kekerasan.

NEWS | 25 September 2022

Relawan Perkuat Dukungan Warga Jakarta untuk Erick Thohir Presiden 2024

Relawan Sobat Erick terus memperkuat dukungan masyarakat kepada Erick Thohir untuk menjadi Presiden 2024.  

NEWS | 25 September 2022

Prabowo Temui 9 Kiai Sepuh NU di Jateng, Ini Kata M Qodari

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan silaturahmi atau menemui  9 kiai sepuh NU Magelang, Jateng.

NEWS | 25 September 2022

PDIP Minta Andi Arief Hentikan Opini Soal Utusan Jokowi Bertemu Lukas Enembe

PDIP meminta Andi Arief menghentikan opini sesat yang menyeret nama Presiden Jokowi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe. 

NEWS | 25 September 2022

Jokowi: Indonesia Butuh SDM Berkualitas dan Berintegritas

Jokowi menyebut, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berintegritas demi memenuhi tantangan pasar global dewasa ini.

NEWS | 25 September 2022

Transjakarta Operasikan Kembali Rute Summarecon Bekasi-Pancoran

Transjakarta mengoperasikan kembali dua layanan non-koridor yakni rute Summarecon Bekasi-Pancoran (B11) dan Ciputat-Kampung Rambutan (S22).

NEWS | 25 September 2022

Ganjar Diskusi dengan Mahasiswa soal Energi Baru Terbarukan

Ganjar bertemu dengan sejumlah organisasi mahasiswa di Medan dan berdiskusi tentang energi baru terbarukan.

NEWS | 25 September 2022

Usai Bertemu Cak Imin, Puan Ungkap Peluang Kerja Sama

Pertemuan Cak Imin dan Puan kali ini menjadi pembuka peluang kerja sama antara PDIP dengan PKB di Pemilu 2024.

NEWS | 25 September 2022

Cari Cawapres yang Cocok, Puan: Namanya Juga Mau Menikah

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjadi salah satu tokoh yang digadang-gadang diusung menjadi capres di Pemilu 2024.

NEWS | 25 September 2022

Tokoh Agama Minta Masyarakat Tak Terprovokasi Kasus Lukas Enembe

Tokoh Agama Papua Pendeta Alberth Yoku meminta masyarakat tidak terprovokasi kasus dugaan korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings