Logo BeritaSatu

Polisi Selidiki Motif Penyerang Salman Rushdie dan Hubungannya dengan Iran

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:22 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Chicago, Beritasatu.com - Polisi terus menyelidiki motif Hadi Matar, tersangka penusuk Salman Rushdie, dan kemungkinan hubungannya dengan pendukung rezim Iran. Pria berusia 24 yang ditangkap akibat serangan itu telah didakwa, dan ditolak jaminannya karena jaksa berpendapat bahwa dia mendapat dukungan internasional atas tindakannya.

Sementara itu, kondisi Salman Rushdie, penulis buku Ayat-ayat Setan berangsur membaik, setelah ia diserang oleh seorang aktivis pro-Iran di sebuah acara di negara bagian New York pada hari Jumat. Penulis asal Inggris itu juga telah dilepas ventilatornya, dan dapat berbicara dan telah membuat lelucon.

Menurut Agen Salman Rushdie, Andrew Wylie pada hari Minggu (14/8/2022), bahwa penulis, yang jadi subjek dari fatwa kematian yang dikeluarkan oleh mendiang pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini 33 tahun yang lalu, tetap dirawat di rumah sakit karena cedera serius.

Wylie sebelumnya menggambarkan kondisi Rushdie suram, dengan mencatat bahwa penulis itu berada dalam "kondisi kritis," bahwa ia "kemungkinan kehilangan mata," dan telah menderita kerusakan pada lengan dan hatinya.

Berita tentang membaiknya kondisi Salman Rushdie (75), bagaimanapun, mendorong harapan dan melunakkan serangan itu sebagai upaya yang gagal oleh rezim ekstremis Iran, yang dituduh mendorong terorisme di seluruh dunia.

Tersangka Hadi Matar mengaku tidak bersalah atas tuduhan percobaan pembunuhan tingkat kedua dan penyerangan di tingkat kedua. Dia didakwa pada Sabtu malam di Penjara Kabupaten Chautauqua di New York.

Jaminan untuk Hadi Matar ditolak dengan alasan jaksa penuntut bahwa pria ini memiliki dukungan internasional dan dapat dengan mudah melarikan diri dari negara itu.

Jaksa Wilayah Chautauqua Jason Schmidt mengatakan kepada Hakim Marilyn Gerace bahwa fatwa yang dikeluarkan oleh Iran pada tahun 1989 “memainkan peran penting untuk pertimbangan jaminan karena sumber dayanya tidak penting bagi saya. . . agenda yang dilakukan kemarin adalah sesuatu yang diadopsi dan disetujui oleh kelompok dan organisasi yang lebih besar jauh di luar batas yurisdiksi wilayah Chautauqua. . . Bahkan jika pengadilan ini menetapkan jaminan satu juta dolar, kami menghadapi risiko bahwa jaminan ini dapat dipenuhi karena itu.”

Hadi Matar, yang berasal dari Fairview, New Jersey, dijadwalkan hadir kembali di pengadilan pada Jumat. Dia didampingi oleh seorang pembela umum New York yang ditugaskan untuk mewakilinya oleh pengadilan.

Polisi terus menyelidiki motif Hadi Matar dan kemungkinan hubungannya dengan pendukung rezim Iran.

Baca selanjutnya
Halaman Facebook dan media sosial Hadi Matar memuat foto-foto Khomeini dan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings