Logo BeritaSatu

Syarat Terbaru Naik Kereta Api Berlaku Mulai Hari Ini

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:32 WIB
Oleh : Mikael Niman / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada para pengguna jasa kereta api (KA) yang akan berangkat menggunakan jasa KA agar memperhatikan kembali persyaratan terbaru sesuai dengan surat edaran (SE) terbaru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 80 Tahun 2022 dan berlaku mulai hari ini, Senin, 15 Agustus 2022

"Berdasarkan surat edaran tersebut, persyaratan perjalanan menggunakan KA jarak jauh ‎antara lain, penguna KA usia 18 tahun ke atas yang telah mendapat vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak perlu lagi menunjukkan hasil negatif tes Covid-19," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa,‎ dalam keterangannya Senin (15/8/2022).

‎Dia menjelaskan, untuk pengguna KA yang baru mendapat vaksinasi pertama dan kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam.

Pengguna yang tidak atau belum divaksinasi dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes PCR berlaku 3x24 jam.

Sementara itu, pengguna KA usia 6-17 tahun yang telah mendapat vaksinasi kedua wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif tes Covid-19. Pengguna yang baru mendapat vaksinasi pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen berlaku 1x24 jam atau tes PCR berlaku 3x24 jam.

"Tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes antigen 1x24 jam atau tes PCR 3x24 jam," kata Eva.

Sementara mereka yang berusia di bawah 6 tahun, kata Eva,‎ tidak wajib vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen atau PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Menurutnya, pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dapat melakukan pembatalan tiket.

"Pada masa transisi yakni 15-17 Agustus 2022, penumpang yang tidak dapat menunjukkan hasil negatif PCR bisa membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%, diluar bea pesan serta dapat dibatalkan paling lama sampai dengan H+7 dari tanggal keberangkatan," imbuhnya.

PT KAI mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA sehingga tidak tertinggal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit 83, Casemiro Buka Keunggulan Brasil atas Swiss

Menit 83, Casemiro Buka Keunggulan Brasil atas Swiss

SEMESTA BOLA 2022 | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE