Logo BeritaSatu

DPR dan Pemerintah Sudah Sahkan 43 UU dalam 3 Tahun

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:46 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani membeberkan hasil kinerja legislasi DPR periode 2019-2024 yang sudah berjalan selama tiga tahun. Puan mengatakan sebanyak 43 undang-undang (UU) sudah rampung dibahas dan disahkan DPR. Hal ini disampaikan Puan saat memimpin rapat paripurna pembukaan masa persidangan I DPR tahun sidang 2022-2023 di gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Dalam rapat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin hadir untuk menyampaikan secara langsung Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya kepada DPR.

Advertisement

“Sejak tahun 2019 hingga saat ini, sejumlah undang-undang yang telah selesai dibahas DPR bersama pemerintah berjumlah 43 UU,” ujar Puan.

Sebanyak 32 UU diselesaikan pada masa sidang 2021-2022 atau dalam kurun waktu satu tahun. Dengan kata lain, sejak 16 Agustus 2021 hingga 15 Agustus 2022, DPR mampu merampungkan pembahasan 32 UU.

Puan pun memerinci UU yang telah disahkan berdasarkan alat kelengkapan dewan (AKD) bersama pemerintah. Komisi I DPR menyelesaikan dua UU, Komisi II DPR 16 UU, Komisi III DPR empat UU, Komisi V DPR satu UU, Komisi VI DPR tiga UU, Komisi VII DPR satu UU, Komisi X DPR dua UU, Komisi XI DPR empat UU, Badan Legislasi (Baleg) DPR enam UU, Badan Anggaran (Banggar) DPR satu UU, dan Panitia Khusus (Pansus) DPR menyelesaikan tiga UU.

“Pembentukan UU merupakan pekerjaan kolektif yang ditempuh melalui pembahasan bersama antara DPR dan pemerintah. Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama antar pembentuk UU, yaitu DPR dan pemerintah, dalam memenuhi kebutuhan hukum nasional,” ungkap Puan.

Menurut mantan Menko PMK ini, kinerja dalam pembentukan UU merupakan kinerja bersama antara DPR dan pemerintah. Dalam pembahasan membentuk UU, kata Puan, DPR dan pemerintah dituntut agar selalu cermat.

“Mempertimbangkan berbagai pendapat, pandangan, kondisi, situasi, kebutuhan hukum nasional, serta membuka ruang partisipasi rakyat untuk menyampaikan aspirasinya. Pembentuk UU juga dituntut agar pembahasan UU dilakukan secara terbuka sehingga memenuhi prinsip transparansi publik,” kata Puan.

Lebih lanjut, Puan berharap UU yang dihasilkan akan memiliki keselarasan dengan UUD 1945. Selain itu juga agar dapat memiliki landasan sosiologis yang kuat, dan mengutamakan kepentingan nasional. “Hal ini menjadi komitmen DPR dalam menjalankan fungsi legislasinya,” ujar Puan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Baiquni Wibowo Sebut Vonisnya Akan Jadi Catatan Buruk Penegakan Hukum

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Baiquni Wibowo, mengatakan, vonis penjara atas dirinya akan menjadi catatan buruk penegakan hukum di Indonesia.

NEWS | 3 Februari 2023

Sero Survei: 99% Penduduk Indonesia Sudah Miliki Antibodi Covid-19

Proporsi penduduk dengan kadar antibodi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 mencapai 99 persen dari total populasi berdasarkan hasil serologi survei terbaru.

NEWS | 3 Februari 2023

Sail Teluk Cenderawasih Kesempatan Papua Tunjukkan Kebersamaan Bangun Daerah

Luhut Pandjaitan mengatakan Sail Teluk Cenderawasih menjadi panggung bagi Papua menunjukkan semangat dan kebersamaan membangun daerah.

NEWS | 3 Februari 2023

Gunung Kerinci Kembali Erupsi dengan Disertai Gempa Tremor

Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi pada Jumat (3/2/2023) dengan disertai gempa tremor dengan amplitudo 0,5 hingga delapan milimeter.

NEWS | 3 Februari 2023

Tak Dekat dengan Sambo, Baiquni Wibowo: Saya Tidak Pernah Utang Budi

Terdakwa Baiquni Wibowo tidak dekat Ferdy Sambo. Keduanya hanya sebatas atasan dan bawahan. Baiquni juga tidak pernah punya utang budi dengan Sambo.

NEWS | 3 Februari 2023

Prank Rabu Pon Reshuflle Menteri Jokowi, Ini Tanggapan Hasto

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespon isu reshuffle menteri Jokowi yang tidak jadi dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari kemarin.

NEWS | 3 Februari 2023

Indonesia Diyakini Mampu Kembali Gaet Myanmar Aktif di ASEAN

Hikmahanto Juwana meyakini dengan Indonesia menjadi ketua ASEAN pada tahun ini dapat mengajak Myanmar aktif kembali dalam keanggotaan ASEAN.

NEWS | 3 Februari 2023

Video Detik-detik Kecelakaan Maut Mahasiswa UI di Jagakarsa

Kecelakaan maut yang menimpa mahasiswa UI terekam jelas kamera CCTV. Begini video detik-detik kecelakaan maut yang dialami mahasiswa UI itu.

NEWS | 3 Februari 2023

Menlu RI Sambut Kehadiran Perdana Perwakilan Timor Leste di Pertemuan ASEAN

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyambut kehadiran perdana perwakilan negara Timor Leste di pertemuan ASEAN Coordinating Council di Jakarta.

NEWS | 3 Februari 2023

Kanker Salah Satu Penyakit Tertinggi Bebani BPJS Kesehatan

Menkes mengatakan kanker merupakan salah satu penyakit yang paling tinggi bebani Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sero Survei: 99% Penduduk Indonesia Sudah Miliki Antibodi Covid-19

Sero Survei: 99% Penduduk Indonesia Sudah Miliki Antibodi Covid-19

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE