Logo BeritaSatu

Pengamat: Saatnya Terapkan ERP Urai Kemacetan Jakarta

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:12 WIB
Oleh : Mikael Niman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerhati masalah transportasi, AKBP (Purn) Budiyanto, mengungkapkan upaya untuk mengatasi kemacetan di Jalan Gatot Subroto menuju ke Jembatan Semanggi dengan membatasi operasional truk dan penerapan ganjil genap serta penerapan jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ERP).

“Upaya mengurangi kemacetan di Jalan Gatot Subroto mengarah ke pusat Jakarta, antara lain melarang kendaraan truk melintas dan pemberlakuan ganjil genap,” kata Budiyanto saat dihubungi pada Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan, larangan pengoperasian kendaraan truk ini dimulai sejak pukul 05.00-22.00 WIB saat hari kerja. Begitu juga dengan pemberlakuan ganjil genap yang dilaksanakan pada pukul 06.00-10.00 WIB lalu dilanjutkan pada pukul 16.00-21.00 WIB.

Berdasarkan analisis, pertumbuhan kendaraan bermotor (ranmor) dengan penambahan infrastruktur jalan sangat tidak sebanding. “Pertumbuhan ranmor bisa menyentuh 3%-5% namun pertumbuhan panjang jalan hanya 0,01% sehingga masalah kemacetan tidak dapat dihindari,” ungkapnya.

Menurutnya, hasil pengamatan di ruas jalan Ibu Kota Jakarta pada jam sibuk, pagi dan sore, pada umumnya sudah mengalami over capacity, termasuk di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

“Langkah yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan dengan pemberlakuan ganjil genap dan pembatasan operasional kendaraan besar truk, ternyata belum mampu mengurai kemacetan. Sudah waktunya, diberlakukan pembatasan kendaraan dengan model electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar elektronik yang sudah diwacanakan sejak 2019 namun sampai sekarang belum dapat terlaksana,” bebernya.

Menurutnya, penerapan ERP akan lebih efektif karena setiap kendaraan yang masuk wajib membayar secara otomatis melalui gerbang yang sudah dipasang. “Peralatan sensor, besarnya biaya disesuaikan dengan tingkat kemacetan berarti ruas jalan semakin macet, biayanya yang ditanggung pengendara akan semakin tinggi,” ungkapnya.

Langkah lain, kata Budiyanto, adalah menata ulang transportasi umum yang memiliki standar pelayanan minimal (SPM), baik dari aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan keterjangkauan.

“Transportasi umum di DKI dari aspek kuantitas dan kualitas, sebenarnya sudah cukup bagus namun animo pengguna angkutan umum belum maksimal. Masih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi,” imbuhnya.

Langkah berikutnya, yang sangat penting adalah mendorong atau mengubah paradigma masyarakat pengguna jalan untuk beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi umum.

“Hal ini, secara paralel harus diikuti kebijakan yang lain seperti pembatasan kuota ranmor yang diperjualbelikan di Jakarta, tarif parkir dinaikkan dan dibatasi lahan parkirnya, pemberian fasilitas kredit kendaraan bermotor lebih selektif, pajak progresif kendaraan dinaikkan,” ungkapnya.

Dia menegaskan, tanpa adanya komitmen yang kuat dari para pemangku kepentingan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan, mustahil kemacetan di Jakarta dapat diatasi.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir serta Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ismanto belum merespons terkait solusi kemacetan di Jalan Gatot Subroto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Kutuk Bom Bunuh Diri Bandung, Eks Napiter: Tidak Sesuai Ajaran Islam

Mantan narapidana terorisme (napiter), Muchtar Daeng Lau mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE