Logo BeritaSatu

Pengamat: Saatnya Terapkan ERP Urai Kemacetan Jakarta

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:12 WIB
Oleh : Mikael Niman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerhati masalah transportasi, AKBP (Purn) Budiyanto, mengungkapkan upaya untuk mengatasi kemacetan di Jalan Gatot Subroto menuju ke Jembatan Semanggi dengan membatasi operasional truk dan penerapan ganjil genap serta penerapan jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ERP).

“Upaya mengurangi kemacetan di Jalan Gatot Subroto mengarah ke pusat Jakarta, antara lain melarang kendaraan truk melintas dan pemberlakuan ganjil genap,” kata Budiyanto saat dihubungi pada Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan, larangan pengoperasian kendaraan truk ini dimulai sejak pukul 05.00-22.00 WIB saat hari kerja. Begitu juga dengan pemberlakuan ganjil genap yang dilaksanakan pada pukul 06.00-10.00 WIB lalu dilanjutkan pada pukul 16.00-21.00 WIB.

Berdasarkan analisis, pertumbuhan kendaraan bermotor (ranmor) dengan penambahan infrastruktur jalan sangat tidak sebanding. “Pertumbuhan ranmor bisa menyentuh 3%-5% namun pertumbuhan panjang jalan hanya 0,01% sehingga masalah kemacetan tidak dapat dihindari,” ungkapnya.

Menurutnya, hasil pengamatan di ruas jalan Ibu Kota Jakarta pada jam sibuk, pagi dan sore, pada umumnya sudah mengalami over capacity, termasuk di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

“Langkah yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan dengan pemberlakuan ganjil genap dan pembatasan operasional kendaraan besar truk, ternyata belum mampu mengurai kemacetan. Sudah waktunya, diberlakukan pembatasan kendaraan dengan model electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar elektronik yang sudah diwacanakan sejak 2019 namun sampai sekarang belum dapat terlaksana,” bebernya.

Menurutnya, penerapan ERP akan lebih efektif karena setiap kendaraan yang masuk wajib membayar secara otomatis melalui gerbang yang sudah dipasang. “Peralatan sensor, besarnya biaya disesuaikan dengan tingkat kemacetan berarti ruas jalan semakin macet, biayanya yang ditanggung pengendara akan semakin tinggi,” ungkapnya.

Langkah lain, kata Budiyanto, adalah menata ulang transportasi umum yang memiliki standar pelayanan minimal (SPM), baik dari aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan keterjangkauan.

“Transportasi umum di DKI dari aspek kuantitas dan kualitas, sebenarnya sudah cukup bagus namun animo pengguna angkutan umum belum maksimal. Masih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi,” imbuhnya.

Langkah berikutnya, yang sangat penting adalah mendorong atau mengubah paradigma masyarakat pengguna jalan untuk beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi umum.

“Hal ini, secara paralel harus diikuti kebijakan yang lain seperti pembatasan kuota ranmor yang diperjualbelikan di Jakarta, tarif parkir dinaikkan dan dibatasi lahan parkirnya, pemberian fasilitas kredit kendaraan bermotor lebih selektif, pajak progresif kendaraan dinaikkan,” ungkapnya.

Dia menegaskan, tanpa adanya komitmen yang kuat dari para pemangku kepentingan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan, mustahil kemacetan di Jakarta dapat diatasi.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir serta Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ismanto belum merespons terkait solusi kemacetan di Jalan Gatot Subroto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 24 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Rektor UGM Ceritakan Petaka yang Dialami Prof Samekto

Rektor UGM Yogyakarta Prof. Ova Emilia menceritakan petaka yang menyebabkan Prof. Samekto Wibowo meninggal dunia, Sabtu (24/9/2022).

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: <em>Shadow Team</em> Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

NEWS | 4 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings