Logo BeritaSatu

Rusia Persiapkan Serangan Rudal ke Ukraina dari Belarusia

Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:34 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Rusia mempersiapkan serangan rudal besar-besaran di Ukraina dari wilayah Belarusia. Seperti dilaporkan Newsweek, Senin (15/8/2022), satu kelompok intelijen militer independen memperingatkan Rusia sedang mengumpulkan sistem rudal anti-pesawat di Belarusia.

Lewat pesan Telegram Senin, Hajun Belarusia mengatakan bahwa analisis citra satelit menunjukkan penumpukan senjata di lapangan terbang Ziabrovka di Belarusia sekitar 25 mil dari perbatasan dengan Ukraina. Laporan dari pemantau aktivitas militer Belarusia muncul di tengah spekulasi atas dukungan Belarusia untuk upaya perang Rusia di Ukraina.

"Analisis situasi di lapangan terbang membuktikan bahwa kemungkinan serangan roket di wilayah Ukraina tidak hanya tetap ada, tetapi tampaknya Rusia sedang mempersiapkan serangan rudal besar-besaran ke Ukraina dalam beberapa minggu mendatang," kata Hajun Belarusia dalam pos.

Kelompok itu juga menunjukkan bagaimana tidak ada satu roket pun yang ditembakkan dari Belarusia ke Ukraina sejak penembakan besar-besaran terakhir pada 28 Juli.

Menggunakan gambar satelit dari perusahaan teknologi luar angkasa AS Maxar Technologies Inc., Hajun Belarusia menyatakan dalam posting bahwa lapangan terbang Ziabrovka berisi 10 hingga 14 S-400 Triumph dan dua sistem pertahanan udara Pantsir, serta tiga radar KASTA-2E2 dan 48Y6 Podlyot.

Selain itu, dikatakan bahwa lapangan terbang tersebut digunakan untuk menyimpan setidaknya 15 hingga 60 rudal untuk sistem pertahanan Triumph, dengan lebih banyak lagi diharapkan akan dikirimkan oleh Angkatan Udara Rusia.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko tetap menjadi sekutu setia Presiden Rusia Vladimir Putin meskipun ada kecaman internasional atas invasi Rusia ke Ukraina.

Berbagi perbatasan dengan Rusia dan Ukraina, Lukashenko telah mengizinkan pasukan Rusia melewati negara itu, memberi mereka rute yang lebih langsung ke ibu kota Ukraina, Kyiv.

Setelah pasukan Rusia gagal merebut Kyiv pada awal perang, Pentagon mengatakan pada April bahwa Kremlin menggunakan Belarus untuk mengerahkan pasukan.

Hajun Belarusia melaporkan pekan lalu telah terjadi "setidaknya delapan ledakan" di dekat lapangan terbang Ziabrovka berdasarkan laporan saksi mata. Pejabat Belarusia mengaitkan ledakan apa pun dengan kendaraan yang terbakar setelah mesinnya diganti dan mengatakan tidak ada korban.

Tetapi kelompok pemantau memposting video yang menunjukkan apa yang digambarkan sebagai "kilatan besar" di dekat lapangan terbang, mengatakan itu tidak konsisten dengan "kebakaran mesin."



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prediksi Puncak Covid-19 Berdasarkan Data 28 September 2022

Infografik tentang data prediksi puncak Covid-19 di Indonesia berdasarkan data pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Pelaku Usaha Perjalanan Wisata Optimistis Pariwisata Bangkit

Pelaku usaha perjalanan wisata optimistis pariwisata akan bangkit setelah sebelumnya dihantam pandemi Covid-19.

NEWS | 28 September 2022

Dinas Keamanan Swedia Ambil Alih Penyelidikan Kebocoran Gas Nord Stream

Dinas keamanan Swedia mengatakan mereka akan menyelidiki ledakan dan kebocoran gas yang tidak dapat dijelaskan pada jaringan pipa Nord Stream

NEWS | 28 September 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah kasus kumulatif dan suspek Covid-19 di Indonesia sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah kematian Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Rugikan Rp 106 Triliun, Kasus KSP Indosurya Timbulkan Kerugian Terbesar

Berdasarkan analisis PPATK, nominal kerugian Rp 106 triliun yang diderita para korban KSP Indosurya adalah yang terbesar di Indonesia. 

NEWS | 28 September 2022

Eks Pegawai KPK Harap Febri Diansyah-Rasamala Tak Bela Sambo

Yudi Purnomo berharap Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang mengubah keputusan untuk tidak membela Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 28 September 2022

Daewoong Foundation Gandeng ITB Dirikan Lembaga Penelitian Farmasi Mutakhir

Ini sebagai upaya Daewoong Foundation untuk membina bakat penelitian untuk pengembangan penelitian farmasi di Indonesia.

NEWS | 28 September 2022

Pengacara Ungkap Putri Candrawathi Tidak Siap Ditahan

Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Arman Hanis mengungkapkan bahwa kliennya Putri Candrawathi tidak siap untuk ditahan.

NEWS | 28 September 2022

Ibas Tegaskan SBY Bukan Golden Boy of America

Ibas menegaskan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukan golden boy of America atau anak emas Amerika Serikat (AS).

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tim Putri BIN O2C Berpeluang ke Babak Kedua Livoli

Tim Putri BIN O2C Berpeluang ke Babak Kedua Livoli

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings