Logo BeritaSatu

Krisis Laut Hitam Menyebabkan Rusia Kehilangan Banyak Aset

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

London, Beritasatu.com- Krisis Laut Hitam telah menyebabkan Rusia telah kehilangan banyak aset, mulai dari kapal, dan jet tempur. Seperti dilaporkan Newsweek, Selasa (16/8/2022), penilaian itu diungkapkan pejabat pertahanan Inggris saat Rusia sedang berjuang untuk mengendalikan Laut Hitam.

Pada Selasa (16/8), ledakan di gudang amunisi di distrik Dzhankoi di Krimea, dekat desa Mais'ke, merusak saluran listrik, pembangkit listrik, dan bangunan tempat tinggal dalam apa yang digambarkan kementerian pertahanan Rusia sebagai akibat dari sabotase.

Sabotase itu terjadi beberapa hari setelah ledakan di pangkalan udara Saki di barat Krimea memicu eksodus wisatawan Rusia dari wilayah yang direbut Moskwa pada 2014.

Enam bulan setelah invasi skala penuh Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina, Kementerian Pertahanan Inggris (MOD) menguraikan dalam pembaruan hariannya.

Menurut MOD, kerugian Rusia di Laut Hitam yang berbatasan dengan semenanjung itu telah menunjukkan betapa rumitnya Moskwa untuk mempertahankan supremasi di wilayah yang dianggapnya sebagai halaman belakang.

“Armada Laut Hitam terus menggunakan rudal jelajah jarak jauh untuk mendukung serangan darat tetapi saat ini sedang berjuang untuk melakukan kontrol laut yang efektif,” kata para pejabat pertahanan.

Selain sebagian besar dari jet tempur penerbangan angkatan lautnya, penilaian kerugian merujuk pada kapal andalannya Moskva, serta kendali atas Pulau Ular, lokasi strategis dan simbolis Laut Hitam yang diperebutkan sejak awal perang Ukraina.

Pada April, Ukraina menyatakan bahwa mereka menyerang kapal Moskva yang bernilai sekitar US$750 juta (Rp 11 triliun), dengan dua rudal Neptunus yang menewaskan sebanyak 250 pelaut. Namun Moskwa mengatakan kapal itu tewas karena kebakaran di atas kapal.

Pada bulan Juni, Kyiv mengatakan rudal Harpoon menyerang kapal tunda Rusia Spasatel Vasily Bekh yang mengangkut personel, senjata, dan amunisi ke Pulau Ular. Belakangan bulan itu, Ukraina mengatakan telah mengusir pasukan Rusia dari pulau itu, meskipun Moskwa menyatakan telah secara sukarela menarik pasukannya.

“Keefektifan Armada Laut Hitam yang saat ini terbatas merusak strategi invasi Rusia secara keseluruhan,” kata kementerian pertahanan Inggris pada hari Selasa. Keterbatasan Armada Laut Hitam Rusia sebagian karena "ancaman amfibi ke Odesa sekarang sebagian besar telah dinetralkan," mengacu pada kota pelabuhan Ukraina.

"Ini berarti Ukraina dapat mengalihkan sumber daya untuk menekan pasukan darat Rusia di tempat lain," katanya, seraya menambahkan bahwa kapal Rusia "terus mengejar postur yang sangat defensif, dengan patroli umumnya terbatas pada perairan yang terlihat dari pantai Krimea."

Newsweek menghubungi kementerian pertahanan Rusia untuk memberikan komentar.

Kepentingan strategis Putin dari Laut Hitam terlihat jelas di awal konflik ketika dia bergerak untuk mengamankan Laut Azov yang menghubungkannya dengan daratan Rusia.

Angkatan Laut Rusia bergerak cepat untuk memberlakukan blokade pantai Ukraina, yang membuat pasokan makanan terdampar sampai kesepakatan tercapai bulan lalu, ditengahi oleh PBB dan Turki.

Kepada Newsweek, Salvatore Mercogliano, seorang sejarawan maritim dan profesor sejarah di Universitas Campbell di North Carolina, mengatakan bahwa meskipun Putin menderita kerugian, dia masih mencapai banyak tujuannya ketika menyangkut situasi di Laut Hitam.

Mercogliano mengatakan bahwa penyitaan Mariupol dan Berdyansk oleh Rusia telah membuka Laut Azov bagi kapal-kapal Rusia yang secara terbuka transit di laut dengan sistem identifikasi otomatis (AIS) mereka diaktifkan.

"Ini berarti barang, biji-bijian, dan kargo dari pedalaman Rusia, melalui sungai Don dan Volga, bersama dengan Laut Kaspia, mengalir," kata Mercogliano.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pengobatan Kanker Perlukan Tim dari Multidisiplin Ilmu

Keseluruhan pengobatan penyakit kanker membutuhkan tim dari multidisiplin ilmu dalam penatalaksanaannya.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tabur Bunga di Kanjuruhan, Pemain dan Pelatih Arema Menangis

Para pemain dan pelatih Arema FC menangis saat tabur bunga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Bola Medan Gelar 1.000 Lilin

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin dan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ini Alasan Sahabat Polisi Indonesia Laporkan Baim Wong dan Paula

Organisasi masyarakat Sahabat Polisi Indonesia resmi melaporkan pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait pembuatan konten prank KDRT

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal Pencapresan Anies

Surya Paloh mengungkap respons Jokowi ketika Nasdem hendak mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 202

NEWS | 3 Oktober 2022

TACB: Halte Transjakarta Jatinegara Ganggu Cagar Budaya

Pembangunan revitalisasi Halte Transjakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenaker Apresiasi Program SDM Bongkar Muat Pelabuhan

Kemenaker Apresiasi Program SDM Bongkar Muat Pelabuhan

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings