Logo BeritaSatu

Tito Karnavian Pimpin Upacara HUT Ke-77 RI di Pulau Rote

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:13 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di lapangan Nembrala Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (17/8/2022). Tito bertindak sebagai inspektur upacara.

Tito mengenakan pakaian adat suku Rote. Tito memakai Ti’i Langga atau penutup kepala yang terbuat dari lontar, serta kemeja putih dengan dibalut kain tenun khas NTT. Tito menekankan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI hendaknya tidak dimaknai sebagai kegiatan ritual dan seremonial semata. Namun, kegiatan itu mesti dihayati sebagai peringatan atas peristiwa penting, yang merupakan fondasi berdirinya bangsa Indonesia.

Menurut Tito, naskah proklamasi bangsa Indonesia yang dibacakan pada 17 Agustus 1945 di gedung Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta oleh Soekarno-Hatta menjadi dasar lahirnya Indonesia. Peristiwa itu, tambah dia, hendaknya dapat menjadi dasar yang kuat untuk makin memperkokoh bangsa Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan, seperti ini maka (kita dan generasi muda) akan terus diingatkan kepada sejarahnya. Dari sejarah itu ikut merawat dan membesarkan bangunan dan pohon itu agar terus tumbuh berkembang menjadi rumah kita bersama yang kuat,” ujar Tito Karnavian.

Tito mengatakan pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di Pulau Rote merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, Jokowi telah memerintahkan sebagian menteri untuk melaksanakan upacara tidak di Istana Negara, melainkan di beberapa daerah di Tanah Air. Dengan pertimbangan matang, Tito memilih Pulau Rote untuk melangsungkan upacara.

Usai memilih Pulau Rote, Tito mengaku langsung menghubungi Gubernur NTT Viktor Laiskodat. Dalam komunikasi tersebut, gubernur sempat menyampaikan keinginannya untuk mendampingi Tito pada pelaksanaan upacara di Kecamatan Rote Barat. Keinginan serupa juga disampaikan Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu. Namun, Tito meminta gubernur dan bupati agar tetap memimpin upacara di tempat masing-masing sesuai yang telah direncanakan.

“Saya kira (dengan pelaksanaan upacara ini) akan memberikan nuansa yang lain dibandingkan memindahkan upacara tingkat provinsi di sini atau tingkat kabupaten di sini. Cukup dengan tingkat kecamatan. Kemudian saya melihat rangkaian acaranya sangat bagus, tidak kalah dengan sekelas provinsi,” kata Tito.

Hadir mendampingi Mendagri pada kegiatan ini Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, serta beberapa pejabat tinggi madya dan tinggi pratama Kemendagri lainnya.

Upacara ini juga diikuti oleh unsur masyarakat, forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), forum koordinasi pimpinan kecamatan (forkopimcam), dan beberapa pejabat di Kabupaten Rote Ndao. Selain itu, hadir pula para pelajar mulai dari SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Rote Ndao.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Novariyadi Imam Akbari bakal segera menjalani persidangan terkait kasus pidana di Yayasan ACT di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Jumat, Polisi Akan Umumkan Penyebab Kematian Satu Keluarga

Kepolisian akan menjelaskan hasil akhir penyelidikan kasus satu keluarga tewas di Kalideres pada Jumat (9/11/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

Tanggap Darurat Bencana di Lumajang Diperpanjang 2 Pekan

Masa tanggap darurat bencana, erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, diperpanjang hingga empat belas hari ke depan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Cecar Ricky Rizal: Sudah Membunuh, Mau Disuruh Mencuri

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mencecar Ricky Rizal terkait kesaksian mengenai 2 rekening atas namanya dan rekening Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Cegah Penyalahgunaan, Pakar: Awasi Distribusi Fentanyl

Guna mencegah penyalahgunaan Fentanyl, Dicky Budiman meminta pemerintah memperhatikan distribusi obat tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Infografik Kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember

Infografik kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

NEWS | 5 Desember 2022

Kuasa Hukum Bharada E: Keterangan Ricky Rizal Cuma Benar 30%

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy menilai, kesaksian Ricky Rizal banyak yang tidak sesuai, hanya benar 30%.

NEWS | 5 Desember 2022

Meski Ditolak Masyarakat, RUU KUHP Bakal Tetap Disahkan

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menegaskan RUU KUHP segera disahkan dalam waktu dekat, meski sebagian masyarakat masih menolak RUU tersebut. 

NEWS | 5 Desember 2022

Menkumham: Jika Tidak Setuju KUHP Baru, Silakan Gugat ke MK

Menkumham Yasonna Laoly mengimbau pihak yang protes dengan RUU KUHP untuk menggugat ke MK setelah RUU KUHP disahkan. 

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE