Logo BeritaSatu

Sempat Diganggu KKB, Upacara HUT Ke-77 RI di Intan Jaya Sukses Digelar

Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:01 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Intan Jaya, Beritasatu.com - Pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di Kabupaten Intan Jaya, Papua berhasil digelar dengan penuh khidmat, meski sempat mendapat gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni mengaku lega karena kekompakan masyarakat bersama TNI-Polri dan pemerintah daerah sehingga acara tersebut berlangsung lancar.

Menurut Natalis, kekompakan membuat situasi keamanan pelaksanaan HUT ke-77 RI di Lapangan Sugapa, Intan Jaya bisa dikendalikan.

"Tadi memang ada kejadian kontak tembak antara TPN OPM dengan TNI-Polri namun karena kesolidan TNI-Polri dan sinergisitas yang baik dengan masyarakat dan pemda, situasi sudah diatasi dengan baik. Saat ini keamanan di Sugapa, Intan Jaya kondusif," ujar Natalis dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Natalis menegaskan, sebelumnya juga terjadi aksi pembakaran rumah kosong oleh TPN OPM. Kondisi tersebut, kata dia, juga sudah bisa diatasi dengan baik oleh aparat keamanan.

"Kita bersyukur bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kemarin dan tadi pagi. Situasi dikendalikan dengan cepat dan aparat mampu siaga. Dengan demikian upacara bendera HUT ke-77 RI pun dapat kami laksanakan dengan khidmat," ungkapnya.

Natalis menuturkan, kali ini merupakan kesempatan terakhir dirinya memimpin HUT RI di Kabupaten Intan Jaya. Hal itu mengingat masa jabatannya akan berakhir tahun ini. Untuk itu, Natalis mengingatkan masyarakat untuk ikut mendukung upaya yang selama ini dilakukan pemerintah dalam rangka pembangunan di daerah.

"Termasuk saya meminta masyarakat agar mendukung kebijakan Otsus sebagai salah satu strategi pembangunan Papua. Jangan dipolitisir juga, tetapi beri dukungan penuh sehingga program pemerintah bisa berjalan baik dan sukses," jelas dia.

Natalis juga berharap agar masyarakat tetap kompak bersama TNI-Polri serta bersatu untuk menghindari konflik horisontal yang selama ini banyak terjadi di Intan Jaya.

"Artinya konflik itu jadi catatan bersama untuk segera diakhiri. Jangan lagi ada perpecahan, perseteruan. Tetapi pupuklah persatuan, perdamaian dan persaudaraan. Kita tidak ingin konflik akan terus kita warisi kepada anak cucu kita. Kita fokus untuk pembangunan Intan Jaya ke depannya," kata Natalis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hari Ini Rizky Billar Diperiksa Polisi, Saksi Dipanggil Besok

Rizky Billar menjalani pemeriksaan terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap Lestiani alias Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

Teleperformance Indonesia Bangun Jaringan Air Bersih di Sumba Barat

Jaringan air bersih hasil kerja sama Teleperformance Indonesia dengan Sumba Foundation ini akan dialirkan untuk di kampung di Sumba Barat.

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Pengacara: Hillary Lasut Tidak Antikritik

Pengacara Hillary Lasut, menegaskan, kliennya tidak antikritik. Ia pun membantah laporan polisi yang dibuat kliennya sebagai bentuk sikap antikritik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Partai Kebangkitan Nasional Gelar Rakernas I di Jakarta

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, mulai hari ini, Kamis (6/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di 3 wilayah Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Melon Indonesia Terpilih Tampil di Tokyo Game Show 2022

Melon Indonesia terpilih sebagai satu dari sepuluh studio atau perusahaan industri gim sebagai delegasi Indonesia untuk tampil dalam Tokyo Game Show 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hari Ini Jokowi Buka Pertemuan P-20 di DPR

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka pertemuan Parliamentary P-20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Korut Tembakkan Rudal, Respons Latihan Bersama Korsel-AS

Korut tembakkan rudal balistik jarak pendek dua kali ke pantai timurnya pada Kamis (6/10/2022) arah ke Jepang, merespons latihan bersama.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dituntut 15 Tahun, Indra Kenz Ajukan Pembelaan

Indra Kenz dituntut 15 tahun perjara oleh jaksa penuntut umum. Indra Kenz pun akan menyampaikan nota pembelaan dalam kasus Binomo itu.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Referendum di Ukraina, Putin: Sudah Konklusif dan Transparan

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut hasil referendum di Ukraina wilayah Donbass, Kherson, dan Zaporoszhye sudah konklusif dan transparan

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Teleperformance Indonesia Bangun Jaringan Air Bersih di Sumba Barat

Teleperformance Indonesia Bangun Jaringan Air Bersih di Sumba Barat

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings