Logo BeritaSatu

Serangan Udara Ukraina Berhasil Hancurkan Helikopter Rusia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Pesawat pembom Ukraina menghancurkan tiga pesawat nirawak Rusia dan satu helikopter Alligator di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk. Seperti dilaporkan Newsweek, Rabu (17/8/2022), klaim itu disampaikan lewat pesan Facebook Komando Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina.

Helikopter Ka-52 yang diperkenalkan pada tahun 1996 dan dikenal sebagai "Alligator," adalah helikopter serang segala cuaca yang dimiliki dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia.

Helikopter Ka-52 dapat menghancurkan target lapis baja dan tidak lapis baja, target udara berkecepatan rendah, serta personel militer. Hal ini juga digunakan sebagai platform pengawasan dan pos komando udara untuk sekelompok helikopter serang.

Di tengah invasi Rusia, Serangan siang hari oleh personel Ukraina mencakup hingga 10 serangan udara kelompok terhadap pasukan Rusia yang ditempatkan "di beberapa arah operasional."

Serangan itu terjadi setelah "sebagian besar" jet tempur penerbangan angkatan laut Rusia dibawa keluar saat pasukan Ukraina membombardir pesawat dan kapal di Semenanjung Krimea dekat Laut Hitam.

Selain penghancuran tiga pesawat nirawak dan Alligator, pejabat Ukraina mengumumkan bahwa pembom Su-25 dan Su-24 menyerang peleton dan pendukung Rusia, barisan tank dan tenaga serta peralatan musuh.

Peter Rutland, profesor Studi Rusia, Eropa Timur dan Eurasia di Universitas Wesleyan, mengatakan strategi perang berbasis udara Rusia membingungkan. Dia mengatakan salah satu teka-teki terbesar dari kinerja buruk Rusia di Ukraina sebagai ketidakmampuan angkatan udara untuk mencapai superioritas udara.

“Ini semua membuktikan ketidakmampuan Rusia untuk meluncurkan operasi senjata gabungan yang efektif di darat, udara dan laut. Mereka masih bertempur dengan gaya front timur Perang Dunia II,” kata Rutland.

Pekan lalu, CNN, merujuk para ahli dan citra satelit, melaporkan bahwa ledakan di pangkalan udara Rusia di Krimea menghancurkan pesawat yang mencakup tujuh pesawat tempur Rusia seperti pembom Su-24 dan jet tempur multiperan Su-30. Serangan itu, jika akurat, digambarkan sebagai kerugian satu hari terbesar pesawat militer Rusia sejak Perang Dunia II.

Ukraina juga mendapat beberapa pukulan, termasuk pengumuman baru-baru ini bahwa Anton Lytopad, yang dianugerahi gelar pilot terbaik Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina pada 2019, dilaporkan tewas dalam pertempuran.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Partai Kebangkitan Nasional Gelar Rakernas I di Jakarta

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, mulai hari ini, Kamis (6/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di 3 wilayah Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Melon Indonesia Terpilih Tampil di Tokyo Game Show 2022

Melon Indonesia terpilih sebagai satu dari sepuluh studio atau perusahaan industri gim sebagai delegasi Indonesia untuk tampil dalam Tokyo Game Show 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hari Ini Jokowi Buka Pertemuan P-20 di DPR

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka pertemuan Parliamentary P-20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Korut Tembakkan Rudal, Respons Latihan Bersama Korsel-AS

Korut tembakkan rudal balistik jarak pendek dua kali ke pantai timurnya pada Kamis (6/10/2022) arah ke Jepang, merespons latihan bersama.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dituntut 15 Tahun, Indra Kenz Ajukan Pembelaan

Indra Kenz dituntut 15 tahun perjara oleh jaksa penuntut umum. Indra Kenz pun akan menyampaikan nota pembelaan dalam kasus Binomo itu.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Referendum di Ukraina, Putin: Sudah Konklusif dan Transparan

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut hasil referendum di Ukraina wilayah Donbass, Kherson, dan Zaporoszhye sudah konklusif dan transparan

NEWS | 6 Oktober 2022

Kader GPII Diminta Wujudkan Indonesia Emas

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GPII Ujang Ridwansyah mendorong para kader pemuda Islam mewujudkan Indonesia emas

NEWS | 6 Oktober 2022

Lesti Kejora Ternyata Sudah Sering Mengalami KDRT

Rizky Billar dikatakan polisi juga pernah coba melukai Lesti Kejora dengan melempar bola billiard tapi tidak terkena.

NEWS | 6 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings