Logo BeritaSatu

Billy Mambrasar Apresiasi Jokowi dan Sri Mulyani Naikkan Kuota Beasiswa LPDP Papua

Jumat, 19 Agustus 2022 | 07:06 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Staf khusus Presiden Billy Mambrasar ucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Presiden Joko Widodo, atas peluncuran Beasiswa Putra Putri-Papua LPDP.

Ini merupakan afirmasi yang memudahkan peserta dari Papua untuk dapat memperoleh beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), walaupun tetap harus melalui serangkaian tes yang ketat.

“Terima kasih yang mendalam saya sampaikan kepada Ibu Sri Mulyani dan Pak Jokowi, atas beasiswa yang diberikan kepada kami anak-anak Papua, karena tanpa beasiswa ini, sulit sekali kami untuk dapat bersaing meraih beasiswa ini ketika harus bersaing secara umum dengan saudara-saudara kami dari Pulau Jawa khususnya, yang memiliki akses lebih”, demikian Kaka Billy, demikian sapaannya menyampaikan apresiasinya.

Bersama dengan kurang lebih 200 partisipan asal Papua, Stafsus Jokowi bidang Pendidikan dan Inovasi asal Papua ini berbagi cerita yang menginspirasi para generasi muda dari Papua untuk terus berjuang meraih mimpi dan selalu berkompetisi dengan sehat, tetap percaya diri, walaupun terbatas secara akses.

Penerima beasiswa LPDP asal Papua yang jumlahnya sangat kurang sebelumnya, kini meningkat pesat hingga lima kali lipat.

Dalam pertemuan tersebut, kurang lebih 200 partisipan hadir. Mereka merupakan penerima beasiswa LPDP, baik afirmasi, Beasiswa Indonesia Timur, ataupun Putra Putri Papua. Mereka bergabung secara luring, dalam acara yang digelar di Gedung Mezzaine Kementerian Keuangan, serta daring, dari Papua, bagian lain Indonesia, dan bahkan luar negeri.

Pertanyaan Billy Mambrasar mengenai seberapa baik kontribusi 16.000 alumni beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) termasuk Billy Mambrasar dijawab kritis dan tajam Sri Mulyani. Menteri Keuangan memberikan respons yang menyatakan bahwa kontribusi merupakan sebuah proses panjang, dan belajar lebih baik lagi harus menjadi bagian darinya.

"Manusia harus terus belajar hal ini juga berlaku untuk alumni beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang harus terus bekerja lebih keras, meningkatkan kontribusinya dari kecil, hingga besar," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani kemudian merefleksikan perjalanannya sendiri, yang memulai karier dari awal sejak kembali dari studi di Amerika Serikat bekerja sebagai pengajar, peneliti, memulai kariernya dari bawah, hingga menjadi Menteri Keuangan RI saat ini.

Putra Papua kelahiran kepulauan Yapen tersebut, yang menjadi Staf Khusus Presiden sejak 2019 lalu, juga disanjung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani atas prestasinya sebagai penerima beasiswa LPDP angkatan pertama. Billi Mambrasar memperoleh gelar sarjana dari Institut Teknologi Bandung (ITB), gelar master atau S2 dari Oxford University dan Harvard University, dan menjadi putra Papua pertama yang belajar di kampus top dunia tersebut.

“Billy Mambrasar, otaknya encer, dan dia bisa menunjukkan bahwa anak Papua hebat dan bisa bersaing secara sehat. Sekarang waktunya Billy dan teman-teman dari Papua ikut membangun Indonesia dan berkontribusi kembali,” jawab Sri Mulyani ketika merespons pertanyaan dari Putra Papua tersebut.

Billy Mambrasar juga menyampaikan kekagumannya dengan kutipan yang ia ingat dari Sri Mulyani yakni, “Jangan lelah untuk mencintai negara ini”. Ucapan tersebut menginspirasi Billy Mambrasar untuk kembali berkontribusi di kampung halamannya selepas selesai pendidikannya di luar negeri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022

Puisi Terakhir Karya Prof Samekto Dibacakan, Pelayat Menitikkan Air Mata

Saat puisi terakhir karya Prof Samekto dibacakan, para pelayat menitikkan air mata. Samekto Wibowo meninggal karena terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022

Guru Besar UGM Meninggal Terseret Ombak, Ini Imbauan BNPB

Terkait periwisata guru besar UGM yang meninggal terseret ombak, BNPB mengingatkan masyarakat terkait keamanan berwisata di pantai.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Kunjungan Kamala Harris, Korut Lepas Rudal Balistik

Jelang kunjunan Wapres AS Kamala Harris, Korut menembakkan rudal balistik ke arah timur di lepas pesisir pantai pada Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings