Logo BeritaSatu

Rusia Rencanakan Serangan Besar saat Hari Kemerdekaan Ukraina

Jumat, 19 Agustus 2022 | 09:29 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Pasukan Rusia berencana untuk melancarkan serangan besar saat Hari Kemerdekaan Ukraina pada minggu depan. Seperti dilaporkan Newsweek, Kamis (18/8/2022), laporan rencana serangan besar-besaran Rusia itu dibocorkan Intelijen Ukraina.

“Ancaman penembakan besar-besaran di wilayah Ukraina dengan rudal S-300 sudah jelas. Mengingat kedatangan beberapa kereta api [dari Rusia] sebelum 20 Agustus, jelas bahwa Rusia bersiap untuk menyerang Ukraina pada 24 Agustus,” papar Pusat Komunikasi Strategis (StratCom), satu LSM Ukraina, menulis di situs internetnya dan saluran Telegram, Kamis (18/8).

Kyiv Post melaporkan 24 Agustus menandai Hari Kemerdekaan Ukraina ke-31. Hari bersejarah itu menghormati adopsi Proklamasi Kemerdekaan Ukraina yang diberikan ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991.

Awal bulan ini, StratCom menyatakan bahwa kereta Rusia yang dipersenjatai dengan amunisi berat, termasuk rudal, menuju perbatasan Ukraina dan akan tiba pada hari Sabtu hanya beberapa hari sebelum liburan tahunan.

Oleg Zhdanov, seorang kolonel cadangan Angkatan Bersenjata Ukraina, meyakini operasi sudah berlangsung di Belarus. Di sana, Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko telah mengizinkan Rusia untuk mengumpulkan pasukan sejak hari-hari awal perang di Ukraina.

“Selalu ada ancaman tertentu dari wilayah Belarus, dan izinkan saya mengingatkan Anda bahwa itu adalah wilayahnya yang digunakan Rusia sejak hari-hari pertama invasi skala penuh. Oleh karena itu, kita pasti harus siap menghadapi kemungkinan serangan rudal,” ujar Yuriy Ihnat, juru bicara Komando Angkatan Udara Ukraina, kepada wartawan, Selasa.

Ihnat menambahkan bahwa Rusia selalu menggunakan tanggal tertentu, seperti Hari Kemerdekaan Ukraina, untuk apa yang disebut "selamat."

Pada Kamis, Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina membagikan rekaman percakapan yang disadap antara seorang tentara Rusia dan induknya. Rekaman itu menyebut Rusia memprediksi angkatan bersenjata Ukraina untuk mengorganisasi serangan balasan.

"Mereka ingin menggelar pertunjukan eksekusi, untuk menandai Hari Kemerdekaan," kata tentara itu menyoal invasi Rusia.

Pemerintahan Biden telah mengkritik Lukanhesko karena mengizinkan Rusia menggunakan Belarusia sebagai tempat perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

"Rezim telah mengesampingkan apa yang seharusnya menjadi kedaulatan dan kemerdekaan Belarusia sendiri dan dengan cara tertentu, integritas teritorialnya dengan mengizinkan pasukan Rusia untuk—sekali lagi apa yang seharusnya menjadi tanah Belarusia berdaulat—untuk meluncurkan serangan brutal, terencana, dan tidak dapat dibenarkan terhadap tetangganya," kata Ned Price, juru bicara Departemen Luar Negeri, Rabu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan pernyataan resmi merespons tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua: Lukas Enembe Harus Dijemput Paksa jika Mangkir Lagi

Ketua Generasi Garuda Sakti Indonesia Provinsi Papua, Apbsalom Yarisetouw menegaskan Gubernur Papua Lukas Enembe harus dijemput paksa jika mangkir lagi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Giring Ganesha: Semoga Menjadi yang Terakhir

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya ratusan orang dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Skema Pengamanan di Stadion Dipertanyakan

Tragedi Kanjuruhan, terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya. Peristiwa yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia tersebut menyisakan pilu.

NEWS | 2 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 2 Oktober 2022

Infografik penerima vaksin Covid-19 sampai 2 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Pelatih Timnas Shin Tae-yong Merespons Tragedi Kanjuruhan

Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan turut berduka atas tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

NEWS | 2 Oktober 2022

200 Aktivis Lingkungan Dibunuh di Seluruh Dunia, Tahun 2021

Sekitar 200 aktivis lingkungan dibunuh di seluruh dunia pada tahun 2021, termasuk sekitar 54 orang di Meksiko.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 2 Oktober 2022

Infografik kasus aktif Covid-19 sampai 2 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil: Siapa pun Presidennya Harus Didukung

Ridwan Kamil mengungkapkan, siapa pun presiden yang terpilih pada 2024, masyarakat harus mendukung dan menerima hal itu.

NEWS | 2 Oktober 2022

Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 2 Oktober

Infografik prevalensi tertinggi Covid-19 di 10 provinsi pada 2 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings