Logo BeritaSatu

Jokowi Sebut Xi Jinping dan Putin Akan Hadiri KTT G-20

Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadiri KTT Kelompok 20 di pulau resor Bali akhir tahun ini. Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat wawancara dengan Bloomberg, di Jakarta.

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang,” kata Jokowi dalam wawancara dengan Pemimpin Redaksi Bloomberg News John Micklethwait, Kamis (18/8).

Pernyataan Jokowi adalah pertama kalinya pemimpin negara berpenduduk terpadat keempat di dunia itu mengonfirmasi bahwa keduanya berencana muncul di KTT November.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok tidak segera menjawab permintaan komentar tentang rencana perjalanan untuk Xi, yang belum bepergian ke luar negeri sejak awal pandemi.

Seorang juru bicara Kremlin menolak berkomentar tetapi pejabat lain yang mengetahui situasi tersebut mengonfirmasi bahwa Putin saat ini berencana untuk menghadiri pertemuan itu secara langsung.

Putin dan Jokowi membahas persiapan KTT G-20 di Bali dalam panggilan telepon Kamis, kata Kremlin dalam satu pernyataan yang tidak menyebutkan apakah pemimpin Rusia itu akan hadir.

Kehadiran Putin juga bisa membuatnya bertatap muka dengan Volodymyr Zelenskiy untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia karena presiden Ukraina juga dijadwalkan berada di Bali.

Biden telah menyerukan agar Rusia dikeluarkan dari G-20 setelah invasinya ke Ukraina, dan para pejabat AS sebelumnya telah menekan Indonesia untuk mengecualikan Putin dari KTT Bali.

Ketegangan juga meningkat antara AS dan Tiongkok, bahkan ketika Biden dan Xi membuka kemungkinan untuk mengadakan pertemuan tatap muka pertama mereka di sela-sela KTT Bali.

Tiongkok menghentikan pembicaraan dengan AS tentang pertahanan dan berbagai bidang lainnya setelah kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan, sementara Gedung Putih mengkritik latihan militer Beijing di sekitar pulau itu.

“Rivalitas negara-negara besar memang mengkhawatirkan,” kata Jokowi, 61 tahun, saat diwawancarai.

“Yang kita inginkan agar kawasan ini stabil, damai, sehingga kita bisa membangun pertumbuhan ekonomi. Dan menurut saya bukan hanya Indonesia, negara-negara Asia juga menginginkan hal yang sama,” tambahnya.

Sebagai tuan rumah G-20 saat ini, Indonesia telah berusaha untuk menyeimbangkan hubungan antara kekuatan-kekuatan besar sambil menolak tekanan untuk mengecualikan Rusia dari pertemuan.

Setelah kunjungan Pelosi ke Taiwan awal bulan ini, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan dunia “membutuhkan kebijaksanaan dan tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dan stabilitas,” sambil menekankan bahwa mereka menghormati kebijakan Satu Tiongkok seperti yang diungkapkan oleh negara-negara Asia Tenggara lainnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Israel Akan Memasok Sistem Pertahanan Udara ke UEA

Israel akan memasok sistem pertahanan udara ke Uni Emirat Arab (UEA). sistem pertahanan udara SPYDER akan meningkatkan kemampuan UEA

NEWS | 25 September 2022

Pertemuan dengan Cak Imin, Puan Maharani Tiba di TMP Kalibata

Agenda dari kedatangan Puan Maharani ke TMP Kalibata adalah menjalani pertemuan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Pertemuan Puan Maharani-Cak Imin, Sejumlah Politisi Tiba di TMP Kalibata

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengagendakan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

NEWS | 25 September 2022

UGM Akan Gelar Penghormatan Terakhir untuk Samekto Wibowo

UGM akan memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum Prof. Dr. dr. Samekto Wibowo yang meninggal dunia akibat terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022

Rumor Kudeta Tiongkok Bermula dari Pembatalan 6.000 Penerbangan

Rumor kudeta Tiongkok dan Presiden Xi Jinping tahanan rumah bermula dari pembatalan 6.000 penerbangan domestik dan internasional.

NEWS | 25 September 2022

Kronologi Guru Besar UGM Terseret Ombak di Pantai Pulang Sawal

Guru besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Samekto Wibowo meninggal dunia setelah terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022

Cuaca Jakarta Cerah Berawan, Jaksel Berpotensi Hujan

BMKG) DKI Jakarta memprakirakan cuaca Jakarta berawan dan cerah berawan pada Minggu (25/9/2022), kecuali di Jaksel.

NEWS | 25 September 2022

TikTok Larang Penggalangan Dana Kampanye Politik AS

TikTok melarang penggalangan dana kampanye politik Amerika Serikat (AS) di platformnya. Aplikasi ini menghadapi tekanan untuk mengatasi misinformasi

NEWS | 25 September 2022

Rumor Kudeta Tiongkok, Xi Jinping Disebut Jadi Tahanan Rumah

Rumor kudeta Tiongkok dan Xi Jinping sebagai tahanan rumah menjjadi salah satu topik trending teratas di Twitter

NEWS | 25 September 2022

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu dari Lima Pemuda Perkotaan Tiongkok Menganggur

Satu dari Lima Pemuda Perkotaan Tiongkok Menganggur

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings