Logo BeritaSatu

BNPB Laporkan 7,5 Hektare Lahan di Kalteng Terbakar

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:46 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Penanggulan Nasional Bencana (BNPB) melaporkan telah terjadi kebakaran lahan seluas 7,5 hektare (ha) di Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), pada Kamis (18/8/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, penyebab kebakaran diduga bersumber dari lahan gambut yang mudah terbakar saat musim kemarau.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan pada Kamis (18/8/2022) pukul 17.30 WIB seluas 4 hektare lahan yang terbakar sudah berhasil dipadamkan.

"BPBD turut mengerahkan mobil pemadam kebakaran (damkar) dari posko induk guna mempercepat proses pemadaman titik api," kata Abdul Muhari dalam keterangan pers tertulis yang diterima Jumat (19/8/2022).

Abdul Muhari menuturkan, upaya pemadaman kebakaran masih terus dilanjutkan BPBD Kabupaten Sukamara bersama tim gabungan dari TNI-Polri, Manggala Agni, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sukamara-Lamandau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), OrangUtan Foundation United Kingdom (OF UK Indonesia) dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

"Tidak ada laporan korban jiwa maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian ini," kata Abdul Muhari.

Sementara Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Sukamara, Kalteng untuk Sabtu (20/8/2022), disebutkan kondisi hujan ringan dan berawan. Sedangkan pada Minggu (21/8/2022), disebutkan cuaca akan berawan.

Sementara itu, hasil dari Inarisk BNPB, untuk wilayah Kabupaten Sukamara memiliki level risiko dengan tingkat sedang dan tinggi dengan lima wilayah kecamatan yang terdapat di Kabupaten Sukamara berisiko kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Untuk itu, BNPB mengimbau pemerinah daerah (pemda) dan masyarakat untuk melakukan pemantauan dan peninjauan lapangan bersama dinas-dinas terkait untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya kekeringan serta potensi kebakaran hutan dan lahan.

"Kesiapsiagaan juga dilakukan melalui pengecekan serta penyiapan sarana dan prasarana pemadaman kebakaran," ujar Abdul Muhari.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dinilai sudah menyampaikan kesaksian secara jujur di sidang kasus pembunuhan Brigadir J yang juga menjerat Ferdy Sambo.

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Nobar Akad Nikah Kaesang dan Erina di Plaza Ambarrukmo

Warga nonton bareng atau nobar prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono melalui layar lebar yang disediakan di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta. 

NEWS | 10 Desember 2022

Mahar Pernikahan Kaesang untuk Erina: Rp 300.000 dan Puluhan Gram Logam Mulia

Dalam acara akad nikah tersebut, juga diperlihatkan mahar nikah Kaesang Pangarep untuk Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KUHP Disorot Australia, Sandiaga Uno Jamin Keamanan Wisman

Merespons keresahan sejumlah pihak terkait pengesahan KUHP, Menparekraf Sandiaga Uno menjamin keamanan ranah pribadi wisatawan selama berkunjung di Indonesia.

NEWS | 10 Desember 2022

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

Eliezer Dinilai Sudah Jujur di Sidang Kasus Brigadir J

NEWS | 12 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE