Logo BeritaSatu

Ini Rekomendasi IDAI Penyelenggaraan PTM bagi Anak Sekolah

Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:27 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendukung penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) yang diselenggarakan selama ini oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemendikbudristekdikti). IDAI tetap merekomendasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) saat pemberlakuan PTM.

Ketua Satgas Covid-19 IDAI Yogi Prawira menuturkan kesehatan dan keselamatan peserta didik merupakan prioritas yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan pembelajaran. Hal tersebut disampaikan Yogi saat menggelar media briefing virtual mengenai evaluasi pembelajaran tatap muka IDAI dan KPAI, Jumat (19/8/2022).

“Perilaku hidup sehat yang sudah dibangun selama masa pandemi Covid-19 harus dipertahankan, khususnya untuk lingkungan sekolah, karena tidak hanya mencegah infeksi Covid-19, tetapi mencegah infeksi lainnya yang merupakan penyebab kematian anak terbesar di Indonesia,” kata Yogi.

“Kita juga tetap menganjurkan semua pihak terus menyuarakan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan disiplin untuk bisa melanjutkan proses PTM. Orang tua dan sekolah hendaknya berkomunikasi dalam memastikan keamanan, kesehatan, dan keselamatan anak, antara lain dengan melakukan testing pada anak dengan gejala Covid-19,” imbuhnya.

Yogi juga mengatakan orang tua dan sekolah juga diminta untuk menganjurkan siswa yang ada di sekolah untuk mengganti masker setelah 4 jam sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 tersebut di lingkungan sekolah.

“Masker hanya berlaku sampai 4 jam, dan biasanya bisa lembab dan harus diganti, sehingga anak-anak yang lama di sekolah disarankan membawa masker lebih untuk mengganti (dengan yang baru). Orang tua pun diharapkan menyediakan dan membawakan masker tambahan kepada putra-putrinya saat mereka berangkat ke sekolah,” katanya.

Ketua Umum IDAI Piprim Basarah Yanuarso juga berharap pihak sekolah tidak terburu-buru menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah selain program inti penyelenggaraan PTM di sekolah.

“Itu harus dipertegas, karena biasanya dalam kegiatan ekstrakurikuler, protokol kesehatan kadang mengendurkan pengawasannya dibanding saat siswa melakukan pembelajaran. Pihak sekolah juga harus berani memutuskan penutupan sekolah dan mengganti program pembelajaran menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) apabila memang ditemukan ada kelas yang siswanya terkonfirmasi Covid-19,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022

Puisi Terakhir Karya Prof Samekto Dibacakan, Pelayat Menitikkan Air Mata

Saat puisi terakhir karya Prof Samekto dibacakan, para pelayat menitikkan air mata. Samekto Wibowo meninggal karena terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022

Guru Besar UGM Meninggal Terseret Ombak, Ini Imbauan BNPB

Terkait periwisata guru besar UGM yang meninggal terseret ombak, BNPB mengingatkan masyarakat terkait keamanan berwisata di pantai.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Kunjungan Kamala Harris, Korut Lepas Rudal Balistik

Jelang kunjunan Wapres AS Kamala Harris, Korut menembakkan rudal balistik ke arah timur di lepas pesisir pantai pada Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings