Logo BeritaSatu

Tamsil Linrung Gantikan Posisi Fadel Muhammad sebagai Pimpinan MPR

Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:55 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Tamsil Linrung menggantikan posisi Fadel Muhammad sebagai wakil ketua MPR dari unsur DPD. Hal itu diputuskan dalam sidang paripurna II DPD masa sidang I tahun sidang 2022-2023 di gedung Nusantara V, kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Salah satu agenda yang dibahas dalam sidang tersebut adalah tindak lanjut penyampaian mosi tidak percaya terkait keinginan mayoritas anggota DPD untuk menarik Fadel Muhammad dari jabatan pimpinan MPR. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti didampingi Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan B Najamudin.

“Dalam sidang paripurna ke-13 DPD masa sidang V tahun sidang 2021-2022, diputuskan bahwa mosi tidak percaya akan diteruskan ke Badan Kehormatan dan kelompok DPD,” ujar La Nyalla dalam keterangannya, Jumat (19/8/2022).

Awalnya, mosi tidak percaya ditandatangani 91 anggota DPD, lalu bertambah menjadi 97 anggota. “Pimpinan DPD RI pada sidang kali ini menyepakati penarikan tersebut. Untuk itu dalam sidang kali ini kita perlu melakukan pemilihan wakil ketua MPR utusan DPD untuk mengisi kekosongan posisi tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya masing-masing wilayah diminta bermusyawarah untuk mengusulkan calon wakil ketua MPR dari utusan DPD. Sub wilayah Barat I mengusulkan nama Abdullah Puteh (Aceh), Sub Wilayah Barat II merekomendasikan Bustami Zainudin (Lampung), Sub Wilayah Timur I usul Tamsil Linrung (Sulawesi Selatan) dan Sub Wilayah Timur II mengusulkan Yorrys Raweyai (Papua).

Saat ditawarkan untuk dilakukan musyawarah kepada keempat calon ternyata hal itu tidak tercapai. Pimpinan sidang memutuskan pemilihan dengan mekanisme voting yang diikuti sebanyak anggota 96 anggota DPD.

“Akhirnya dengan mengantongi 39 suara Tamsil Linrung diputuskan sebagai wakil ketua MPR utusan DPD pengganti posisi Fadel Muhammad,” ujar Nono Sampono.

Kandidat lainnya, Bustami Zainudin memperoleh 21 suara, Yorrys Raweyai 19 suara dan Abdullah Puteh 14 suara. Sementara terdapat 2 suara tidak sah dan 1 abstain.

Sebelumnya, Fadel Muhammad dalam sidang tersebut menolak atas mosi tidak percaya tersebut. Fadel merasa tidak berbuat hal-hal yang melanggar karena itu Fadel pun melakukan upaya hukum atas keputusan tersebut.

“Upaya hukum secara internal dengan melapor ke Badan Kehormatan. Upaya dari luar, saya akan membuat somasi terhadap ketua, pimpinan dan para anggota DPD yang menandatangani. Saya menganggap langkah itu tidak sesuai tata tertib dan tidak ada dalam aturan di DPD, untuk itu saya akan menuntut somasi sebesar Rp 100 miliar yang ditanggung oleh DPD,” tegas Fadel.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

Benny Ali menyebut Ferdy Sambo telah menyadari ulahnya membuat banyak personel kepolisian menderita.

NEWS | 7 Desember 2022

Wajah Richard, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf Tampak Stres Saat Dicecar Benny Ali

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf tampak stres saat dicecar oleh Benny Ali.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Selidiki Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung

Densus 88 menyelidiki pelaku peristiwa ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, apakah berasal dari jaringan teroris.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemenkumham Tepis Kekhawatiran Dubes AS soal Dampak Negatif KUHP Baru

Plt Dirjen PP Kemenkumham, Dhahana Putra menepis kekhawatiran Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Kim soal dampak negatif dalam KUHP baru.

NEWS | 7 Desember 2022

Pembunuhan Brigadir J, Benny Ali: Ferdy Sambo Akui Nge-Prank

Benny Ali menyatakan kalau Ferdy Sambo mengakui bahwa dia telah nge-prank atau mengerjai anak buahnya sendiri pada kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Temui Langsung Ferdy Sambo, Benny Ali: Komandan Tega

Brigjen Benny Ali mengatakan langsung ke Ferdy Sambo bahwa komandannya itu tega mengorbankan para anak buahnya.

NEWS | 7 Desember 2022

Polsek Jatinegara Tingkatkan Pengamanan Usai Ledakan Bom Bandung

Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, meningkatkan pengamanan usai ledakan bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri: Satu Polisi Meninggal Dunia, 7 Luka-luka

Seorang anggota Polsek Astana Anyar meninggal dunia dan 7 anggota lainnya mengalami luka-luka akibat bom bunuh diri Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Pasok Listrik Pengungsi Gempa Cianjur, Kemensos Siapkan Panel Surya

Kemensos menyiapkan teknologi panel surya untuk membantu memasok kebutuhan listrik bagi pengungsi gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan Kedua di Polsek Astana Anyar Berasal dari Tim Gegana

Ledakan kedua yang terdengar dari Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, ditengarai dari pihak tim gegana.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE