Logo BeritaSatu

Maskapai Emirates Ancam Akan Hentikan Penerbangan ke Nigeria

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:45 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Dubai, Beritasatu.com- Maskapai Emirates akan menghentikan penerbangan ke Nigeria karena dinilai gagal untuk mengembalikan dana. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Jumat (19/8/2022), penangguhan berlaku efektif 1 September 2022, karena Nigeria tidak dapat memulangkan US$85 juta (Rp 1,26 triliun) yang terjebak di negara itu.

Keputusan yang diumumkan pada Kamis (18/8) menyoroti kesulitan yang dihadapi oleh operator internasional yang terbang ke Nigeria, yang merupakan salah satu pasar terbesar di Afrika.

Negara Afrika telah membatasi akses ke mata uang asing untuk impor dan bagi investor yang ingin memulangkan keuntungan mereka karena kekurangan dolar. Nigeria mendapat sekitar 90 persen devisanya dari minyak tetapi berjuang untuk berproduksi karena pencurian pipa dan kurangnya investasi selama bertahun-tahun.

Pada Juni, Asosiasi Transportasi Udara Internasional menyatakan bahwa Nigeria menahan pendapatan US$ 450 juta (Rp 6,7 triliun) yang diperoleh operator internasional yang beroperasi di negara itu.

Emirates menyatakan tidak ada kemajuan dalam upaya untuk memulai dialog dengan otoritas terkait untuk intervensi mendesak mereka.

“Oleh karena itu, Emirates telah mengambil keputusan sulit untuk menangguhkan semua penerbangan ke dan dari Nigeria, efektif 1 September 2022, untuk membatasi kerugian lebih lanjut dan berdampak pada biaya operasional kami yang terus menumpuk di pasar,” katanyan.

Seorang juru bicara Kementerian Penerbangan Federal di Nigeria tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Emirates telah mengirim surat kepada pemerintah yang mengatakan bahwa mereka dapat memotong penerbangan ke Lagos, kota terbesar di Nigeria, bulan ini karena tidak dapat menahan US$ 85 juta di negara itu pada Juli, angka yang telah meningkat sebesar US$10 juta (Rp 149 miliar) per bulan.

Emirates menyatakan akan mengevaluasi kembali keputusannya jika situasi terkait dana yang diblokir berubah dalam beberapa hari mendatang.

Pelanggan yang terkena dampak akan dibantu untuk membuat pengaturan perjalanan alternatif jika memungkinkan, tambahnya.

Di tengah pembatasan valuta asing serupa pada tahun 2016, beberapa maskapai mengurangi penerbangan dan operator Iberia dan United Airlines berhenti terbang ke Nigeria sama sekali. United meluncurkan kembali layanan Nigeria tahun lalu, tetapi Iberia belum kembali.

Pada Mei lalu, sejumlah maskapai penerbangan domestik menangguhkan penerbangan akibat melonjaknya harga bahan bakar jet.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa 6,2 M Guncang Jember

BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

NEWS | 6 Desember 2022

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Bunuh 2 Tukang Ojek di Pegubin, Papua Pegunungan

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dilaporkan membunuh dua tukang ojek yang mangkal di pangkalan Kali Digoel, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

NEWS | 6 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan, Menkumham Yasonna: Momen Bersejarah

Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan, pengesahan RUU KUHP menjadi UU merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

NEWS | 6 Desember 2022

4 RT di Daerah Pesisir Terendam Banjir Pasang Air Laut

Saat ini, Selasa (06/12/2022) terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidak Pasar Induk Kramat Jati, Heru Temukan Harga Cabai Naik Jelang Nataru

Saat sidak Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono menemukan harga cabai yang naik menjelang Natal dan Tahun Baru. 

NEWS | 6 Desember 2022

DPR: Program Dana Desa Era Jokowi Sukses Hadirkan Infrastruktur

Anggota DPR menilai program dana desa era Presiden Jokowi mendorong banyak manfaat seperti pembangunan infrastruktur di desa dan pemberdayaan masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Kemenkes Siapkan 420 Rumah Sakit Pendidikan di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 420 rumah sakit (RS) pendidikan di Indonesia.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta Masyarakat Gugat UU KUHP ke MK jika Tak Setuju

DPR Minta Masyarakat Gugat UU KUHP ke MK jika Tak Setuju

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE