Logo BeritaSatu

BRI Berkomitmen Dukung Persepakbolaan Nasional

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:54 WIB
Oleh : Primus Dorimulu / AB

Jakarta, Beritasatu - Untuk memajukan persepakbolaan nasional, PT BRI Tbk berkomitmen mendukung semua yang diperlukan asalkan ada visi dan perencanaan yang baik. BRI tidak akan memiliki klub sepak bola tersendiri atau mendukung satu klub tertentu. Sebagai bank terbesar yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia, BRI tidak mau terjebak dalam fanatisme klub. Selain fanatisme suporter, klub sepak bola juga mendapatkan fanatisme daerah yang menjadi markas klub tersebut.

“BRI siap mendukung kemajuan persepakbolaan nasional, tetapi tidak dengan memiliki klub sendiri atau mendukung satu klub tertentu,” kata Dirut PT BRI Tbk yang juga CEO BRI Group Sunarso seusai pertandingan sepak bola persahabatan tim direksi BRI dan Forum Pemred di BRILink Stadium, Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (20/8/2022). Pada pertandingan persahabatan ini, sejumlah mantan pemain tim nasional, antara lain Bima Sakti, Markus Horison, Firmansyah, dan Indra Safri, ikut bermain.

Pada kesempatan itu, Sunarso menyerahkan hadiah dari BRI sebesar Rp 1 miliar kepada Timnas U-16 yang dilatih Bima Sakti. Hadiah diterima oleh Kapten Timnas U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge. Tim Indonesia U-16 meraih juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam 1-0 pada final yang digelar Jumat (12/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Ini merupakan kemenangan Indonesia untuk kedua kalinya di ajang Piala AFF U-16 setelah tahun 2018.

BRI Berkomitmen Dukung Persepakbolaan Nasional
Apresiasi BRI kepada Timnas U-16.

Prestasi dan Hiburan
Sunarso juga menyatakan pihaknya mendukung kompetisi Liga Sepak Bola Indonesia yang kembali digulirkan Oktober 2022 setelah vakum tiga tahun. “Bagaimana mungkin Indonesia punya tim sepak bola yang tangguh jika tidak ada kompetisi? Pemain tangguh lahir dari kompetisi, bukan dari Instragram, walau itu juga penting,” kata dirut BRI.

Instragram dan media sosial penting untuk mendapatkan suporter, menyosialisasikan olahraga sepak bola, menyatukan dukungan, serta membuat klub dan pemain menjadi populer. Sepak bola sebagai bisnis membutuhkan informasi yang viral di media sosial. Namun, tidak ada pelatihan untuk menghasilkan atlet sepak bola hebat tanpa kompetisi.

BRI mendukung kemajuan persepakbolaan di Tanah Air karena dua alasan. Pertama, sepak bola adalah olahraga prestasi. Indonesia perlu memajukan persepakbolaan nasional agar Merah Putih bisa berkibar di kancah internasional.

Kedua, sepak bola adalah hiburan. Karena hiburan, maka kompetisi sepak bola adalah bisnis yang besar sebagaimana sudah ditunjukkan oleh negara-negara maju. “Setiap kompetisi sepak bola yang digulirkan di Indonesia, paling tidak mampu menghasilkan perputaran uang sekitar Rp 3 triliun,” jelas Sunarso.

Perputaran uang sebesar itu sangat mungkin diraih. Setiap pertandingan akan menyedot penonton dan pedagang, baik kuliner maupun merchandise dan berbagai produk kerajinan. Kompetisi sepak bola adalah bisnis besar.

Visi
Persepakbolaan Indonesia akan maju jika ada visi yang jelas, baik visi PSSI maupun visi setiap atlet atau pemain. Sebuah negara di Asia yang menjadi langganan Piala Dunia, kata Sunarso, menetapkan target untuk menjadi juara satu Piala Dunia tahun 2050 atau 33 tahun yang datang.

“Jauh sekali ya, tahun 2050, tetapi itulah visi,” kata Sunarso.

Indonesia harus memiliki visi yang jelas untuk persepakbolaan. Untuk menjadi juara, yang diperlukan tidak hanya uang, melainkan juga visi, manajemen, organisasi yang baik, serta kualitas pelatih dan pemain, dan inftastrukur memadai. “Jika semua ini ada, BRI akan mendukung penuh,” tambahnya.

Sepak bola adalah olahraga rakyat, olah raga paling demokratis. “Sepak bola cocok dengan BRI, sama-sama merakyat. Sepak bola adalah olahraga rakyat, sedangkan BRI adalah banknya rakyat,” ujar Sunarso.

Baca selanjutnya
DisiplinSetiap pemain sepak bola perlu memiliki visi yang jelas. Hanya atlet ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Relawan Sahabat Ganjar di Majalengka Gelorakan Hidup Sehat

Relawan Sahabat Ganjar menggandeng komunitas senam untuk menggelorakan hidup sehat yang dikampanyekan Ganjar Pranowo.

NEWS | 25 September 2022

Akun Medsos Belasan Awak Narasi Diretas

Akun media sosial milik belasan awak redaksi Narasi menghadapi usaha peretasan secara serentak. Usaha peretasan itu menyasar beragam platform.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Berasal dari Paket Warna Cokelat

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Aqudusy menyatakan ledakan berasal dari sebuah paket dalam wadah kardus cokelat.

NEWS | 25 September 2022

Pendeta Alberth Ingatkan Lukas Enembe Bertanggung Jawab kepada Tuhan

Tokoh agama Papua Pendeta Alberth Yoku mengingatkan Gubernur Papua Lukas Enembe akan tanggung jawab kepada Tuhan.

NEWS | 25 September 2022

Kapolda Jateng Datangi Lokasi Ledakan di Asrama Polisi Solo Baru

Ledakan terjadi di Asrama Polisi Grogol Indah, Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022). Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi datang ke TKP.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan Terjadi di Solo Baru, Seorang Polisi Terluka

Sebuah ledakan terjadi di Asrama Grogol Indah Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022), pukul 18.00 WIB. Seorang polisi terluka.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Solo Baru dalam Penyelidikan Polri

Petugas dari kepolisian menyelidiki ledakan di Asrama Polisi Grogol Indah, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, yang terjadi pada Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

Covid-19 Melandai, Kemenkes: Wajib Masker Masih Berlaku

Kasus Covid-19 di Tanah Air terus melandai. Namun, kebijakan protokol kesehatan (prokes) wajib masker di ruang tertutup masih berlaku.

NEWS | 25 September 2022

Rampai Nusantara Kepulauan Riau Terbentuk

Rampai Nusantara Kepri yang baru terbentuk diharapkan dapat mendorong keselarasan kemajuan daerah dengan kesejahteraan masyarakat setempat.

NEWS | 25 September 2022

Ini Daftar Perjalanan Lukas Enembe 25 Kali Bolak-balik ke Luar Negeri

MAKI membeberkan aktivitas Lukas Enembe kurang dari setahun pergi ke luar negeri dalam 25 kesempatan dari ke Singapura hingga Jerman.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Relawan Sahabat Ganjar di Majalengka Gelorakan Hidup Sehat

Relawan Sahabat Ganjar di Majalengka Gelorakan Hidup Sehat

NEWS | 30 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings