Logo BeritaSatu

Studi: Tembakau dan Alkohol Jadi Penyebab Utama Kanker di Dunia

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 22:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Paris, Beritasatu.com- Studi menemukan tembakau dan alkohol adalah penyebab utama kanker di seluruh dunia. Seperti dilaporkan AFP, Jumat (19/8/2022), hampir setengah dari kasus kanker di seluruh dunia dapat ditelusuri kembali ke faktor risiko yang diketahui, terutama tembakau atau alkohol.

Studi yang diterbitkan di Lancet dan dilakukan sebagai bagian dari program penelitian besar yang didanai oleh Bill Gates Foundation menyimpulkan bahwa 44,4 persen kematian akibat kanker di seluruh dunia disebabkan oleh faktor risiko yang diketahui.

The Global Burden of Disease Study adalah program penelitian regional dan global yang komprehensif yang melibatkan ribuan peneliti dari sebagian besar negara di seluruh dunia.

Studi ini menganalisis dampak dari 34 faktor risiko dan mengkonfirmasi apa yang sudah diketahui secara luas - bahwa tembakau sejauh ini merupakan faktor penyumbang terbesar terhadap kanker, terhitung 33,9 persen kasus, diikuti oleh alkohol dengan 7,4 persen.

Lebih dari setengah dari semua kematian akibat kanker pria disebabkan oleh faktor risiko tersebut, dan lebih dari sepertiga kematian wanita, menurut studi tersebut.

“Karena faktor risiko utama yang berkontribusi terhadap beban kanker global pada tahun 2019 adalah perilaku mengurangi paparan terhadap faktor risiko yang dapat dimodifikasi ini akan menurunkan angka kematian akibat kanker di seluruh dunia,” kata studi tersebut menyimpulkan.

Studi tersebut menemukan faktor risiko juga berarti penekanan yang lebih besar harus ditempatkan pada pencegahan.

“Beban kanker tetap menjadi tantangan kesehatan masyarakat yang penting yang semakin besar di seluruh dunia,” kata Dr Christopher Murray, direktur Institute for Health Metrics and Evaluation di Fakultas Kedokteran Universitas Washington dan penulis senior dari pembelajaran.

"Merokok terus menjadi faktor risiko utama kanker secara global, dengan kontributor substansial lainnya untuk beban kanker yang bervariasi," katanya.

Namun, sekitar setengah dari kanker tidak disebabkan oleh faktor risiko yang diketahui. Hal itu berarti diagnosis dini dan pengobatan yang efektif harus menyertai upaya untuk meningkatkan pencegahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disiplin Prajurit Jadi Materi <em>Fit and Proper Test</em> Calon Panglima TNI

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE