Logo BeritaSatu

Mewujudkan Gedung Tanpa Pagar di Sudirman-Thamrin

Senin, 22 Agustus 2022 | 09:15 WIB
Oleh : Stefani Wijaya, Mikael Niman / ALD

Jakarta, Beritasatu.com – Wajah koridor Jalan Sudirman–Jalan MH Thamrin Jakarta kini sudah berubah drastis. Seiring mulai beroperasinya moda transportasi publik MRT yang melintasi koridor tersebut pada 2019, Pemprov DKI Jakarta membenahi trotoar di sepanjang Sudirman-Thamrin. Tujuannya agar warga yang menggunakan MRT semakin nyaman berjalan kaki saat keluar maupun menuju stasiun di bawah tanah.

Trotoar di koridor jalan utama di Ibu Kota itu, secara estetika maupun fungsional sangat memanjakan pejalan kaki. Selain semakin lebar, tidak ada lagi ojek yang nongkrong maupun pedagang kaki lima yang berjualan.

Jembatan penyeberangan orang (JPO) pun tak semata hadir secara fungsional. Sejumlah JPO dibenahi dengan konsep kekinian, menjadikan wajah Sudirman-Thamrin Instagramable. Upaya ini sukses menarik minat warga.

Di tengah semua pembenahan tersebut, masih terasa ada yang kurang. Penyebabnya, masih banyak gedung di sepanjang Sudirman-Thamrin dengan pagar besi yang berdiri kokoh, sehingga menciptakan batas dan jarak dengan warga di trotoar. Keberadaan pagar membuat koridor Sudirman-Thamrin tidak humanis bagi warga.

Mewujudkan Gedung Tanpa Pagar di Sudirman-Thamrin
Salah satu hotel yang membongkar pagarnya di Jalan MH Thamrin di Jakarta, Sabtu, 13 Agustus 2022. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mendorong kosep terbuka gedung-gedung di ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

“Gedung tidak berpagar lebih humanis, karena gedung-gedung akan lebih ramah dengan pejalan kaki. Apalagi, kalau ada ruang pejalan kaki sepanjang koridor bangunan,” kata pakar tata kota Yayat Supriatna saat dihubungi Kamis (18/8/2022).

Yayat pun mendukung wacana peniadaan pagar di semua gedung sepanjang Sudirman-Thamrin. Wacana tersebut sudah lama dilontarkan, namun tak kunjung terwujud meskipun gubernur sudah berganti beberapa kali.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah lama mendorong agar pemilik dan pengelola gedung di Sudirman-Thamrin bersedia membongkar pagar-pagar besi yang berbatasan dengan trotoar. Harapan ini sudah dinyatakannya sejak 2018 lalu, menjelang perhelatan Asian Games di mana Jakarta menjadi tuan rumah.

Rencana tersebut diulang oleh Anies belum lama ini. Saat menghadiri HUT ke-10 Forum Pemred pada Jumat (5/8/2022) lalu, Anies menyatakan akan segera meminta pemilik dan pengelola gedung agar bersedia merobohkan pagar mereka.

Mewujudkan Gedung Tanpa Pagar di Sudirman-Thamrin
Salah satu gedung perkantoran yang tanpa menggunakan pagar di Jalan Jenderal Sudirman di Jakarta, Sabtu, 13 Agustus 2022. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mendorong kosep terbuka gedung-gedung di ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

Hal tersebut dimaksudkan agar pejalan kaki semakin leluasa dan nyaman, sebab ada tambahan ruang terbuka yang menyatukan trotoar dengan halaman gedung. Tidak hanya memanfaatkan trotoar yang sudah disiapkan pemerintah, pejalan kaki juga dapat memanfaatkan halaman gedung yang sudah tidak berpagar.

Anies menyadari faktor keamanan menjadi pertimbangan utama pemilik dan pengelola gedung. Dia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta siap menjamin keamanan kepada pemilik gedung agar bersedia merobohkan pagarnya. Dengan demikian wajah Sudirman-Thamrin yang lebih humanis segera terwujud.

Baca selanjutnya
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga mendorong konsep terbuka ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Petugas Temukan Narkoba di Gorong-gorong Rutan Depok

Petugas menemukan narkoba jenis sabu dua paket seberat 1,36 gram dan satu paket ganja seberat 18 gram yang disembunyikan di dalam minuman teh kemasan.

NEWS | 1 Desember 2022

MK Dimminta Sediakan Waktu Lebih untuk Periksa Sengketa Hasil Pemilu

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengimbau Mahkamah Konstitusi (MK) menyediakan waktu lebih lama dalam memeriksa sengketa hasil pemilu.

NEWS | 1 Desember 2022

Donasi Gempa Cianjur Terkumpul Rp 8 Miliar, Bupati Herman Janji Transparan

Bupati Cianjur akan menggandeng Kajari setempat untuk penyalurannya sehingga benar-benar dimanfaatkan untuk warga terdampak gempa Cianjur.

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Serahkan Anugerah Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2022

KLHK atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2022.

NEWS | 1 Desember 2022

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran tempat usaha laundry di Perumahan Taman Cikande, RW02 RT09 Desa Cikande, Kabupaten Tangerang.

NEWS | 1 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: Kebutuhan Baja di 2045 Capai 100 Juta Ton

Airlangga: Kebutuhan Baja di 2045 Capai 100 Juta Ton

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE