Logo BeritaSatu

Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Sidoarjo

Senin, 22 Agustus 2022 | 16:16 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun/Novy Lumanauw / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo, Senin (22/8/2022). Sebanyak 3.000 orang dari Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kabupaten Gresik hadir untuk menerima sertifikat tanah tersebut.

Saat memberikan sambutan, Jokowi mendorong masyarakat yang hadir untuk menggunakan secara bijak sertifikat tanah yang telah diterima. Ia mempersilakan apabila masyarakat ingin menggunakan sertifikat tersebut untuk pinjaman ke bank. Namun, disarankan uang pinjaman tersebut nantinya digunakan untuk menambah modal usaha.

“Silakan pinjam ke bank, tetapi semuanya kalau dapat Rp 100 juta (misalnya), gunakan untuk modal kerja, gunakan untuk modal investasi, gunakan untuk modal usaha,” kata Jokowi.

Kepala Negara juga mewanti-wanti masyarakat agar menghitung dengan baik apabila sertifikat tersebut akan digunakan untuk pinjaman ke bank. Jokowi mengingatkan agar masyarakat tidak menggunakan uang pinjaman tersebut untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

“(Dapat) Rp500 juta yang Rp250 juta untuk beli mobil baru. Senang muter-muter kampung gagah, muter-muter desa gagah naik mobil, tetapi itu hanya 6 bulan, percaya saya. Gagahnya hanya 6 bulan, setelah itu begitu enggak bisa nyicil, nyicil bank-nya enggak bisa, nyicil mobilnya enggak bisa, itulah malapetaka dimulai,” terang Jokowi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto dalam laporannya mengatakan pembagian sertifikat tanah adalah bagian dari stimulus untuk meningkatkan perekonomian rakyat seiring dengan menurunnya Covid-19.

“Karena dengan sertifikat tanah rakyat berkesempatan mendapatkan akses permodalan di samping ada kepastian hukum tentang tanah mereka,” kata Hadi Tjahjanto.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan tersebut, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Jadi Mentor Kreator Indonesia Berkarya

Ganjar mengatakan bahwa ketika masyarakat sudah bermigrasi ke dunia digital, maka ruang itu akan menjadi meeting point. Informasi pun bisa disampaikan.

NEWS | 5 Desember 2022

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Novariyadi Imam Akbari bakal segera menjalani persidangan terkait kasus pidana di Yayasan ACT di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Jumat, Polisi Akan Umumkan Penyebab Kematian Satu Keluarga

Kepolisian akan menjelaskan hasil akhir penyelidikan kasus satu keluarga tewas di Kalideres pada Jumat (9/11/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

Tanggap Darurat Bencana di Lumajang Diperpanjang 2 Pekan

Masa tanggap darurat bencana, erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, diperpanjang hingga empat belas hari ke depan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Cecar Ricky Rizal: Sudah Membunuh, Mau Disuruh Mencuri

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mencecar Ricky Rizal terkait kesaksian mengenai 2 rekening atas namanya dan rekening Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Cegah Penyalahgunaan, Pakar: Awasi Distribusi Fentanyl

Guna mencegah penyalahgunaan Fentanyl, Dicky Budiman meminta pemerintah memperhatikan distribusi obat tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Infografik Kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember

Infografik kasus Covid-19 pada 28 November sampai 4 Desember 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

NEWS | 5 Desember 2022

Kuasa Hukum Bharada E: Keterangan Ricky Rizal Cuma Benar 30%

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy menilai, kesaksian Ricky Rizal banyak yang tidak sesuai, hanya benar 30%.

NEWS | 5 Desember 2022

Meski Ditolak Masyarakat, RUU KUHP Bakal Tetap Disahkan

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menegaskan RUU KUHP segera disahkan dalam waktu dekat, meski sebagian masyarakat masih menolak RUU tersebut. 

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE