Logo BeritaSatu

KPK Akui OTT Kini Lebih Sedikit Dibanding Dulu

Senin, 22 Agustus 2022 | 21:30 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui giat operasi tangkap tangan (OTT) kini lebih sedikit dibanding periode-periode sebelumnya. Adapun sepanjang tahun 2022, KPK telah menggelar OTT sebanyak delapan kali.

Untuk detailnya, pada semester I 2022 KPK menggelar OTT sebanyak enam kali. Mereka yang terjaring pada OTT tersebut yakni Wali Kota nonaktif Bekasi, Rahmat Effendi; Bupati nonaktif Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud; Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin; Hakim nonaktif PN Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat, Bupati nonaktif Bogor, Ade Yasin, serta eks Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

Sementara itu, pada Agustus 2022, KPK melakukan tangkap tangan terhadap Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo. Diketahui, Mukti tersandung kasus dugaan suap terkait jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang.

Baru-baru ini, KPK juga melakukan tangkap tangan terhadap Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani. Dia tersandung kasus dugaan suap terkait penerimaan calon mahasiswa baru di Unila. Bila ditotal, KPK sudah menggelar delapan OTT yang enam di antaranya dilakukan pada semester I 2022.

“Memang kami merasakan kenapa OTT saat ini lebih sedikit dari tahun ke tahun,” ungkap Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Hanya saja, dia menegaskan hal itu tak dapat menjadi acuan utama untuk mengukur capaian di bidang penindakan. Dia menekankan, kerja bidang penindakan KPK kini lebih fokus pada langkah pemulihan kerugian negara akibat kasus korupsi.

“Namun demikian lebih pada nanti adalah ketika kasus-kasus besar terungkap akan berdampak pada pengembalian kerugian keuangan negara,” tutur Karyoto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Pengamat hukum dari UKI, Nelson Simanjuntak menilai penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia belum sepenuhnya optimal. 

NEWS | 10 Desember 2022

Sah Jadi Suami Erina Gudono, Kaesang: Alhamdulillah

Kaesang Pangarep telah resmi menjadi suami dari Erina Sofia Gudono setelah melafalkan ijab kabul. Kaesang mengucapkan alhamdulillah.

NEWS | 10 Desember 2022

Kronologi Kasus Brigadir J Versi Ferdy Sambo, dari Magelang hingga Duren Tiga

Saat bersaksi di sidang, Ferdy Sambo menceritakan kronologi kasus Brigadir J berdasarkan versinya mulai dari peristiwa Magelang hingga Duren Tiga. 

NEWS | 10 Desember 2022

Muhadjir Effendy Serahkan Kaesang untuk Dinikahkan dengan Erina

Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan Kaesang Pangarep untuk dinikahkan dengan Erina Gundono di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman.

NEWS | 10 Desember 2022

Konferensi MIH UKI Soroti Perlindungan Hak Asasi Digital

"Ketika menyebut hak asasi manusia, perlindungan hak asasi digital sangat penting untuk kebebasan berpendapat,” kata Romina.

NEWS | 10 Desember 2022

Sah, Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

Sah, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi jadi suami istri. Kaesang-Erina menjalani akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Vladimir Putin Buka Peluang Akhiri Perang di Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin membuka peluang untuk secepatnya menyelesaikan perang berkepanjangan di Ukraina.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Daftar Tamu Istimewa yang Hadir di Akad Nikah Kaesang-Erina

Sejumlah tamu istimewa menghadiri akad nikah Kaesang-Erina di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Anak 8 Tahun Meninggal Tertimbun Longsor di Purwakarta

Seorang anak berusia 8 tahun meninggal dunia tertimbun longsor di Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangsi, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur.

NEWS | 10 Desember 2022

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

Penegakan HAM di Indonesia Dinilai Belum Sepenuhnya Optimal

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE