Logo BeritaSatu

Pengamat Dukung Langkah Tegas Jokowi Gebuk Mafia Tanah

Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:50 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat kebijakan publik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syafuan Rozi mendukung langkah tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggebuk atau memberantas mafia tanah.

Menurut Syafuan, pemberantasan mafia tanah yang dikomandoi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BTN) Hadi Tjahjanto diyakini dapat membuat para mafia gentar. Tetapi, mencermati modus para mafia yang cukup canggih, maka diperlukan bantuan teknologi untuk lebih memaksimalkan peranannya.

“Jadi bagus-bagus saja, Menteri Agraria/BPN-nya sebagai berlatar belakang TNI yang tegas, yang tidak tergiur disuap misalnya yang punya nasionalisme, yang punya disiplin, bisa membuat para mafia gentar. Tetapi memang harus ada alat bantu teknologi untuk bisa berhadapan dengan mafia tanah yang kuat sekali secara finansial ini,” kata Syafuan, Selasa (23/8/2022).

Menurutnya, pemerintah harus memaksimalkan Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Tanah, yang merupakan tim gabungan antara Kementerian ATR/BPN dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mengungkap kasus-kasus mafia.

Selain itu, Syafuan juga mendorong pemerintah untuk membuat sistem informasi dengan menggunakan teknologi semacam blockchain yang memuat tentang kode-kode keaslian dari sertifikat tanah sehingga tidak mudah dipalsukan.

“Pertanahan agraria kita dorong untuk menggunakan teknologi semacam blockchain, semacam kalau sertifikat tanah itu kan bisa dibuat seperti aslinya. Nah tapi kalau dengan teknologi blockchain itu ada kode-kodenya yang hanya diketahui oleh Kementerian Pertahanan dan pihak yang memiliki tanah dan itu yang bisa membuat para mafia tanah tidak bisa memalsukan surat tanah itu untuk itu level pembuktian ketika jual beli,” jelasnya.

Lanjut Syafuan, selama ini masyarakat dalam posisi lemah sering kali menjadi korban meskipun sudah memiliki sertifikat tanah namun masih bisa diambil alih tanahnya oleh para mafia tanah.

“Kalau nanti dokumentasi surat tanahnya itu ada blokchain-nya, pengarsipannya nanti kan ketahuan oh ini sudah ada pernah diverifikasi atau pernah dikeluarkan oleh Badan Pertanahan atau tidak. Nah, masyarakat langsung bisa cek dengan kode itu, arsipnya benar atau salah dibuat palsu atau otentik,” jelas Syafuan.

Selain itu, Syafuan juga menyarankan untuk adanya proses verifikasi dokumen secara dinamis dengan menghadirkan saksi-saksi tidak hanya dokumen statis seperti halnya sertifikat saja, tetapi juga dokumen dinamis.

“Dibuat sedemikian rupa, ada sistem mekanisme bahwa surat-surat pengajuan jual beli tanah, tidak hanya surat-surat statis berupa dokumen-dokumen cetak, tetapi juga dokumen yang bisa diverifikasi secara teknologi kearsipan ditambah lagi dokumen dinamis,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan pesan tegas kepada Menteri ATR/Kepala BPN Marsekal TNI (Pur) Hadi Tjahjanto soal pemberantasan mafia tanah.

Jokowi meminta Hadi Tjahjanto tegas saat berhadapan mafia tanah. Jika kedapatan bertemu dengan mafia tanah, Jokowi meminta detik itu juga langsung "digebuk".

"Pak Menteri jangan sampai ada yang main-main lagi urusan sertifikat, apalagi mafia tanah. Tidak ada. Harus enggak ada di bumi Indonesia ini. Pak menteri ini kan mantan Panglima, silakan kalau masih ada mafia yang main-main silakan detik itu juga gebuk," ungkap Jokowi di Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (22/8).

Menurutnya, mafia tanah hanya menyulitkan masyarakat. Pemerintah pun tidak ingin mengabaikan masyarakat yang ingin mengurus sertifikat.

Kepala Negara mengatakan, masih ada sekitar 7 juta bidang di Jawa Timur yang belum memiliki sertifikat. Untuk itu, Presiden mendorong jajaran Kementerian ATR/BPN untuk mempercepat proses penyelesaian sertifikat tanah tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bunuh Diri, Kapolrestabes: 3 Polisi Terluka Dibawa ke RS

Tiga anggota polisi sudah dilarikan ke rumah sakit (RS) akibat terluka bom bunuh diri di Polsek Astanya Anyar Bandung. 

NEWS | 7 Desember 2022

Sebar Foto Bom Bunuh Diri Bandung, Penjara 4 Tahun Menunggu

Hati-hati, menyebarkan foto bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung ternyata diancam hukuman 4 tahun penjara.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri Bandung, Polri: Tetap Tenang, Situasi Terkendali

Dugaan bom bunuh diri tersebut menimbulkan ledakan hebat yang membuat warga panik di sekitar lokasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Ledakan Susulan Terjadi Dekat Polsek Astana Anyar

Saat itu, wartawan yang tengah melaporkan situasi terkini dari dugaan bom bunuh diri, sempat kaget mendengar suara ledakan susulan tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Ledakan Kembali Terdengar di Polsek Astana Anyar

Satu ledakan kembali terdengar pasca bom bunuh diri di sekitar lokasi Kantor Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022), pukul 10.45 WIB.

NEWS | 7 Desember 2022

Jelang Tahun Baru, Pemprov DKI Petakan Lokasi Perayaan

Pemprov DKI Jakarta sudah memetakan sejumlah lokasi perayaan menyambut malam tahun baru untuk mengurai potensi kepadatan masyarakat.

NEWS | 7 Desember 2022

Polisi Ungkap Pelaku Tunggal Bom Bunuh Diri Bandung Tewas

Kapolrestabes Bandung pelaku tunggal bom bunuh diri di kantor Polsek Astana Anyar langsung teeas di lokasi pascaledakan.

NEWS | 7 Desember 2022

Sang Pisang Gratis Mungkin Jadi Sajian Pernikahan Kaesang dan Erina

Sang Pisang gratis mungkin akan menjadi sajian di food stall pernikahan Kaesang dan Erina.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Gerak Cepat Investigasi Teror Bom Bandung

Densus 88 Antiteror Polri sedang menginvestigasi aksi teror bom Bandung di halaman Mapolsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Teror Bom Bandung, Pelaku Terobos Barisan Apel Polisi

Pelaku teror bom Bandung atau tepatnya di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, menerobos barisan apel polisi.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bunuh Diri, Kapolrestabes: 3 Polisi Terluka Dibawa ke RS

Bom Bunuh Diri, Kapolrestabes: 3 Polisi Terluka Dibawa ke RS

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE