Logo BeritaSatu

PTBA Beri Beasiswa Bidiksiba untuk 49 Anak Tahun Ini

Selasa, 23 Agustus 2022 | 18:18 WIB
Oleh : JNS

Muara Enim, Beritasatu.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melaksanakan pelepasan peserta Program Beasiswa Sekitar PT Bukit Asam Tbk (Bidiksiba) tahun ajaran 2022/2023 pada Rabu (17/8/2022) di Lapangan KBL PTBA Tanjung Enim, bertepatan dengan Upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Direktur Operasi dan Produksi PTBA Suhedi, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Farida Thamrin, Direktur Pengembangan Usaha Rafli Yandra, dan Direktur Sumber Daya Manusia PTBA Suherman secara simbolis menyerahkan beasiswa Bidiksiba kepada peserta.

Bidiksiba merupakan program beasiswa pendidikan yang diberikan PTBA kepada siswa lulusan SLTA atau sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasi perusahaan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Total penerima beasiswa Bidiksiba tahun ini mencapai 49 anak yang tersebar di semua Unit PT Bukit Asam Tbk, yaitu Unit Pertambangan Tanjung Enim (25 anak), Unit Dermaga Kertapati (8 anak), Unit Pelabuhan Tarahan (10 anak), dan Unit Ombilin (6 anak).

Sebanyak 25 anak ke Politeknik Negeri Malang, 19 anak ke Politeknik Negeri Sriwijaya, dan 5 anak ke Politeknik Negeri Lampung. Pada tahun 2022 ini, terdapat penambahan 1 politeknik kerja sama yaitu Politeknik Negeri Lampung.

Ada sejumlah kriteria dan persyaratan yang ditetapkan untuk penerima beasiswa Bidiksiba. Pertama, peserta harus berdomisili di wilayah Ring 1 PTBA, baik Tanjung Enim, Dermaga Kertapati, Tarahan, dan Ombilin.

Kedua, peserta merupakan anak dari masyarakat pra sejahtera yang dibuktikan dengan data diri dan keluarga, verifikasi kunjungan tempat tinggal dan belum ada saudara kandung yang pernah menerima beasiswa Bidiksiba sebelumnya.

Ketiga, peserta wajib mengikuti psikotes yang diselenggarakan PTBA dan tes akademik yang diselenggarakan oleh politeknik tujuan yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Lampung.

Manajer Keuangan CSR PTBA yang juga Ketua Tim Bidiksiba, Laurentius Agus Haryadi, menjelaskan bahwa penerima manfaat Bidiksiba tahun 2022 telah melalui berbagai tahapan seleksi yaitu psikotes, tes akademik, serta kunjungan tempat tinggal untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

"Program Bidiksiba merupakan komitmen PT Bukit Asam Tbk untuk berpartisipasi dalam memutus rantai kemiskinan melalui bidang pendidikan. Perusahaan berharap penerima manfaat Bidiksiba dapat memanfaatkan bantuan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan dan kelak dapat bersaing dalam dunia kerja sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya," kata Agus, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima, Selasa (23/8/2022).

Sejak 2010 hingga 2022 sudah ada 333 orang penerima beasiswa ini. Sebanyak 147 orang di antaranya masih aktif berkuliah, 109 orang alumni sudah mendapat pekerjaan di berbagai sektor usaha.

Tak hanya Bidiksiba, PTBA juga menjalankan program-program lain untuk membantu masyarakat di bidang pendidikan. Ada Program Ayo Sekolah yang menyalurkan paket beasiswa untuk siswa kurang mampu. Ada pula Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka) untuk meningkatkan kompetensi matematika guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Muara Enim yang dipilih oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Sejarah Lokananta, Perusahaan Musik Tertua di Indonesia

Lokananta, adalah harta karun yang nyaris terlupakan. Titik nol industri musik Indonesia ini sempat mengalami jatuh bangun sejak didirikan pada 1956.

NEWS | 28 November 2022

Said Aqil: Utamakan Keutuhan Bangsa di Tahun Politik

Said Aqil Siroj meminta seluruh bangsa Indonesia tidak terpecah belah karena kondisi itu justru dimanfaatkan oleh kepentingan politik identita.

NEWS | 28 November 2022

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (GPR) memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

NEWS | 28 November 2022

Pasca-Gempa Cianjur, BNPB Ajak Warga yang Rumah Masih Layak Huni Kembali

BNPB melaporkan hingga hari ini, Minggu (27/11/2022), telah terdaftar 62.628 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Ini Cara Cegah Nyeri Sendi Semakin Parah

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang dan menjadi penyebab osteoartritis atau radang sendi.

NEWS | 27 November 2022

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua

NEWS | 27 November 2022

Panglima TNI Baru Harus Pastikan Anak Buah Selalu Bersama Rakyat

Panglima TNI baru yang nantinya akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa harus bisa memastikan anak buah selalu dekat dan berada bersama rakyat.

NEWS | 27 November 2022

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 27 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 27 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

Sempat Tertinggal, Kroasia Sukses Gasak Kanada 4-1

SEMESTA BOLA 2022 | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE