Logo BeritaSatu

Kemendikbudristek Dalami Skema Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Selasa, 23 Agustus 2022 | 19:08 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) Nizam mengatakan, untuk mengantisipasi potensi suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN), pihaknya sedang melakukan pendalaman bersama tim Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Nizam menuturkan, hal ini guna merespons Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTNI) yang sudah beberapa kali melakukan rapat untuk mendalami dan mempelajari, agar seleksi mahasiswa baru bisa terjaga muruahnya.

“Kami di lingkungan Direktorat Jenderal Diktiristek tentunya juga melakukan pendalaman sama-sama dengan Irjen Kemendikbudristek agar dari sisi regulasi bisa kita kawal segara lebih baik lagi,” kata Nizam dalam Rapat Kerja Mendikbudristek dengan Komisi X DPR di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Sebagaimana diketahui, Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus dugaan suap penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2022 di Lampung, pada Jumat (19/8/2022).

Nizam menuturkan kasus suap yang didug adilakukan oleh rektor Unila tidak pernah diduga oleh semua pihak, sehingga sangat memprihatinkan. Pasalnya, kejadian tersebut terjadi di saat, Kemendikbudristek sedang menata kampus menuju zona integritas termasuk menata mahasiswa baru agar bisa lebih baik.

“Agar lebih transparan dan bisa lebih akuntabel justru terjadi peristiwa tersebut. Saya bisa mengatakan ini ulah oknum yang sangat mencederai dunia pendidikan tinggi kita,” ujarnya.

Baca selanjutnya
Untuk menyelesaikan kasus suap rektor Unila, Nizam menuturkan, Kemendikbudristek telah menugaskan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE