Logo BeritaSatu

Educourse Dukung Program Sekolah Sehat Kemendikbudristek

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:46 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan rintisan atau startup Educourse di bawah naungan PT Maleo Edukasi Teknologi bersama tujuh mitra industri Kemendikbudristek, mendukung program kampanye Sekolah Sehat untuk mewujudkan anak sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter. Hingga saat ini, lebih dari 12.450 sekolah di seluruh Indonesia akan menerima kontribusi.

CEO Educourse, Mutiara Hikma Mahendradatta mengatakan, Educourse sebagai mitra Kemendikbudristek mengambil peran penting dalam mengemas kampanye sekolah sehat dengan pelatihan coding berbasis STEAM.

"It’s not about being digital. It’s about students who are born digital. Didiklah anak sesuai dengan zamannya. Metode Kampanye konvensional saat ini sudah tidak terlalu efektif. Kita harus menyajikan kampanye yang menarik sesuai dengan anak digital saat ini," ujar Mutiara Hikma Mahendradatta dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Mutiara Hikma memberikan contoh kampanye yang dilakukan Educourse seperti membuat game memilah milih sampah, membuat animasi anak menggosok gigi, tentunya akan semakin seru dan sesuai dengan zamannya.

"Ingatan mereka akan kampanye ini juga semakin kuat, karena mereka sendiri yang membuat kampanyenya masing-masing, dan tentunya secara tidak langsung akan meningkatkan kreaktivitas dan inovasi mereka," imbuhnya.

Menurut Nutiara, pelatihan pembelajaran coding dengan tema Anak Sehat, Kuat berkarakter tersebut akan menjadi bagian dari gerakan sejuta siswa digital. Kolaborasi mitra dan pemerintah ini, diyakini akan semakin memberikan manfaat bagi seluruh siswa di Indonesia.

"It’s time we digitally empower the new generation, going beyond the simple theme of simple act. Anak-anak akan senang dengan kampanye sekolah sehat ini," tegasnya.

Mutiara menambahkan, Educourse akan keliling ke beberapa sekolah di Indonesia dan mengajarkan serta mengajak anak-anak untuk berkarya.

"Anak-anak sendiri yang nanti membuat karya digitalnya, bukan kita yang memberikan iklan instan. Tapi kita memberikan bahan dan cara mengolahnya. Mereka sendiri yang akan berlomba-lomba menunjukkan hasil karyanya dan memviralkan dengan caranya. Side effect ini yang kita butuhkan mengembangkan kemampuan didukung dengan momentum kampanye yang tepat," pungkasnya.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak semua pihak bergotong royong untuk merevitalisasi usaha kesehatan sekolah (UKS). Hal itu dilakukan sebagai upaya promosi kesehatan warga sekolah.

"Tentunya sehat yang dimaksudkan bukan sehat secara jasmani saja, tetapi juga secara psikologi dan rohani. Setelah lebih dari 2 tahun anak-anak Indonesia rutin terpapar gadget dengan bermain game dan menonton hiburan. Maka dibutuhkan kegiatan produktif yang mengubah pola konsumsi anak," kata Nadiem.

Menurut Nadien, kontribusi mitra yang beragam semakin memperkuat ekosistem Kemdikbudristek untuk memperluas dan mempercepat perubahan perilaku masyarakat.

"Terima kasih kepada mitra-mitra yang saat ini sudah berkomitmen bersama pemerintah dalam mewujudkan Sekolah Sehat. Saya mengajak lebih banyak lagi mitra berkontribusi untuk mewujudkan SDM unggul melalui kampanye Sekolah Sehat," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cetak Gol Kedua Portugal, Pepe Kalahkan Rekor Ronaldo

Cetak Gol Kedua Portugal, Pepe Kalahkan Rekor Ronaldo

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE