Logo BeritaSatu

Exploring Mandeh, Ajang Promosi Potensi Ekspor Tuna Sumbar

Rabu, 24 Agustus 2022 | 07:14 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Acara Puncak Exploring Mandeh Road to BCL menjadi ajang promosi potensi ekspor perikanan tuna dari Sumatera Barat (Sumbar).

Berdasarkan data perlintasan komoditas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Juli 2022, ekspor tuna beku dari Sumbar mencapai 20.277,29 kg. Negara tujuan ekspor utama komoditas tersebut adalah Amerika Serikat dan Jepang.

"Perairan Sumbar begitu potensial, itulah kenapa lautnya harus kita jaga dan jauhkan dari sampah," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Pamuji Lestari, sebagaimana dikutip dari siaran pers, Selasa (23/8/2022).

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kebersihan laut, Pamuji mengajak seluruh pegawai BKIPM Padang mengikuti aksi bersih pantai dari sampah dalam kegiatan Exploring Mandeh Road to Bulan Cinta Laut (BCL). Dia pun mengintruksikan jajarannya yang bertugas di Padang untuk berperan aktif dalam kebersihan laut.

"Sebagai bentuk komitmen kami pada kebersihan laut, BKIPM Padang kami ikutkan pada aksi bersih pantai pada Minggu kemarin," sambungnya.

Selain ikut bebersih sampah, Pamuji menyebut BKIPM Padang menampilkan sejumlah komoditas utama perikanan yang dilalulintaskan dari Sumbar seperti lobster, ikan hias laut, frozen tuna, lobster air tawar, kepiting dan lainnya. Di tempat tersebut, petugas memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat terkait pelayanan dan berbagai macam koleksi awetan.

Bahkan, petugas BKIPM Padang membagikan souvenir berupa alat makan dari bambu kepada pengunjung agar mereka mengurangi pemakaian plastik pada kehidupan sehari-hari.

"Di momen ini, kami ingin menunjukkan betapa luar biasanya potensi perikanan Sumbar agar masyarakat semakin memahami pentingnya menjaga laut," terang Pamuji.

Seperti diketahui, acara puncak kegiatan Exploring Mandeh Road to Bulan Cinta Laut (BCL) berhasil mengumpulkan total 2,1 ton sampah di pantai Purus, Kota Padang pada Minggu (21/8/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 380 orang tersebut mencatatkan pengumpulan 1.571,5 kg sampah anorganik dan 592,2 kg sampah organik.

Sebelumnya, dalam gelaran United Nation Ocean Conference (UNOC) 2022 di Lisbon Portugal, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah menegaskan bahwa Indonesia sangat serius dan berkomitmen dalam menciptakan kesehatan laut. Ini dibuktikan melalui capaian komitmen Indonesia dalam kawasan konservasi perairan, program Bulan Cinta Laut, serta kebijakan penangkapan ikan terukur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE