Logo BeritaSatu

Exploring Mandeh, Ajang Promosi Potensi Ekspor Tuna Sumbar

Rabu, 24 Agustus 2022 | 07:14 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Acara Puncak Exploring Mandeh Road to BCL menjadi ajang promosi potensi ekspor perikanan tuna dari Sumatera Barat (Sumbar).

Berdasarkan data perlintasan komoditas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Juli 2022, ekspor tuna beku dari Sumbar mencapai 20.277,29 kg. Negara tujuan ekspor utama komoditas tersebut adalah Amerika Serikat dan Jepang.

"Perairan Sumbar begitu potensial, itulah kenapa lautnya harus kita jaga dan jauhkan dari sampah," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Pamuji Lestari, sebagaimana dikutip dari siaran pers, Selasa (23/8/2022).

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kebersihan laut, Pamuji mengajak seluruh pegawai BKIPM Padang mengikuti aksi bersih pantai dari sampah dalam kegiatan Exploring Mandeh Road to Bulan Cinta Laut (BCL). Dia pun mengintruksikan jajarannya yang bertugas di Padang untuk berperan aktif dalam kebersihan laut.

"Sebagai bentuk komitmen kami pada kebersihan laut, BKIPM Padang kami ikutkan pada aksi bersih pantai pada Minggu kemarin," sambungnya.

Selain ikut bebersih sampah, Pamuji menyebut BKIPM Padang menampilkan sejumlah komoditas utama perikanan yang dilalulintaskan dari Sumbar seperti lobster, ikan hias laut, frozen tuna, lobster air tawar, kepiting dan lainnya. Di tempat tersebut, petugas memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat terkait pelayanan dan berbagai macam koleksi awetan.

Bahkan, petugas BKIPM Padang membagikan souvenir berupa alat makan dari bambu kepada pengunjung agar mereka mengurangi pemakaian plastik pada kehidupan sehari-hari.

"Di momen ini, kami ingin menunjukkan betapa luar biasanya potensi perikanan Sumbar agar masyarakat semakin memahami pentingnya menjaga laut," terang Pamuji.

Seperti diketahui, acara puncak kegiatan Exploring Mandeh Road to Bulan Cinta Laut (BCL) berhasil mengumpulkan total 2,1 ton sampah di pantai Purus, Kota Padang pada Minggu (21/8/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 380 orang tersebut mencatatkan pengumpulan 1.571,5 kg sampah anorganik dan 592,2 kg sampah organik.

Sebelumnya, dalam gelaran United Nation Ocean Conference (UNOC) 2022 di Lisbon Portugal, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah menegaskan bahwa Indonesia sangat serius dan berkomitmen dalam menciptakan kesehatan laut. Ini dibuktikan melalui capaian komitmen Indonesia dalam kawasan konservasi perairan, program Bulan Cinta Laut, serta kebijakan penangkapan ikan terukur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Viral, Imam Masjid Dipukul Saat Pimpin Salat di Pondok Gede

Viral di media sosial, seorang imam masjid dipukul oleh orang tak dikenal saat memimpin salat magrib di kawasan Pondok Gede, Bekasi. 

NEWS | 2 Desember 2022

Kenaikan UMP Tak Sesuai, Buruh Gelar Demo di Balai Kota

Sejumlah elemen buruh menggelar aksi demo di Kantor Balai Kota, Jakarta, Jumat (2/12/2022) untuk menuntut kenaikan UMP.

NEWS | 2 Desember 2022

Ganjar Diteriaki Presiden Saat Jadi Pembicara di Rakor PAN Jateng

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo kembali diteriaki "Ganjar Presiden" saat menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Partai Amanat Nasional (PAN) Jateng.

NEWS | 2 Desember 2022

Saatnya Mengajak Masyarakat Berperan Aktif Mengendalikan Virus HIV

Saat ini penderita kasus HIV di Indonesia berada di rentang usia 25-49 tahun dengan jumlah penderita sebanyak 69,7% pada tahun 2021.

NEWS | 2 Desember 2022

Polisi Ungkap Peran Istri dan Anak Ismail Bolong di Kasus Tambang Ilegal

Polri membeberkan peran istri dan anak Ismail Bolong dalam kasus tambang ilegal di Kaltim. Istri dan anak Ismail Bolong telah diperiksa penyidik kemarin.

NEWS | 2 Desember 2022

Tiba di DPR, Yudo Margono Didampingi Kasau, Kasad, dan Kapolri

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tiba di Gedung DPR untuk menjalani fit and proper test, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Kasus Tambang Ilegal Mencuat, Rumah Mewah Ismail Bolong Sepi

Rumah mewah Ismail Bolong di Kota Samarinda kini tampak sepi setelah mencuatnya kasus tambang ilegal di Kaltim yang menyeret namanya. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan akan menggali sejumlah persoalan kepada Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Transformasi Pembelajaran melalui Sekolah Responsif Gender

Program kolaboratif, kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang pendidikan bersama dengan UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 

NEWS | 2 Desember 2022

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Jelang Serbia vs Swiss

Piala Dunia 2022: Fakta Menarik Jelang Serbia vs Swiss

SEMESTA BOLA 2022 | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE