Logo BeritaSatu

Epidemiolog Ingatkan Varian Baru Covid-19 Cenderung Cepat Menular

Rabu, 24 Agustus 2022 | 20:45 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan varian baru Covid-19 maupun subvarian Covid-19 memiliki kecenderungan lebih cepat menular.

Namun, di sisi lain varian baru tersebut masa inkubasi singkat. Saat ini membutuhkan waktu 5 hari, maka apabila ada varian baru muncul pada awal 2023, masa inkubasi bisa lebih singkat dari 5 hari, yakni 2 atau 3 hari.

“Varian baru atau subvarian baru ini, masa inkubasi lebih cepat dan cepat menular,” kata Dicky saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (24/8/2022).

Dicky menuturkan, varian baru yang cepat menular ini perlu diantisipasi, yakni kelompok rentan seperti lansia, komorbid, anak dan ibu hamil harus dilindungi melalui vaksinasi booster, sehingga imunitas terjaga. Jika tidak, mereka akan mengalami keparahan.

Adapun keparahan dari kelompok rentan ini, menurut Dicky, relatif karena tergantung imunitas yang dimiliki. Oleh karena itu, ia mendorong laju vaksinasi untuk kelompok rawan. Pasalnya, meski vaksinasi Covid-19 efektivitas menurun, namun hingga saat ini masih berdampak melindungi masyarakat dari tingkat keparahan dan kematian akibat terinfeksi Covid-19.

Kendati demikian, Dicky juga menjelaskan sifat varian baru yang bisa mengakali antibodi dari vaksinasi, yakni kemampuan bisa menurunkan efikasi dari vaksin, maka vaksinasi tidak boleh menjadi andalan tunggal untuk penanganan Covid-19.

Baca selanjutnya
Menurut Dicky, selain vaksinasi perlu ada peningkatan upaya 3T meliputi testing, ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Saksi akad nikah Kaesang Pangarep adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan saksi akad Nikah Erina Gudono adalah Mensesneg Pratikno. 

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE