Logo BeritaSatu

Gedung di Sudirman-Thamrin Tanpa Pagar, Tak Perlu Khawatir Vandalisme

Kamis, 25 Agustus 2022 | 14:53 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa, Heru Yustanto, Mikael Niman / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Vandalisme mungkin terjadi di sejumlah titik kota Jakarta, namun ternyata bukan merupakan ancaman sehari-hari untuk gedung perkantoran di koridor Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta. Sejumlah karyawan perkantoran gedung di Sudirman-Thamrin itu menyatakan tindak kriminal maupun perusakan oleh orang tak bertanggung jawab terjadi hanya saat ada unjuk rasa tertentu. Tidak setiap unjuk rasa berbuntut vandalisme. Sasarannya pun bukan gedung perkantoran melainkan fasilitas umum, seperti halte.

Karena itu, vandalisme dan ancaman gangguan keamanan tidak perlu menjadi pertimbangan yang mengkhawatirkan terkait ide gedung tanpa pagar di kawasan Sudirman-Thamrin.

“Sepanjang trotoar di sini tidak ada aksi vandalisme. Bersih dari coret-coretan,” kata salah satu pegawai Bank Panin, Jotham kepada Beritasatu.com, Kamis (25/8/2022). Kantor Pusat Bank Panin berada di ujung selatan Jalan Jenderal Sudirman, Jaksel.

Menurut Jotham, banyak petugas yang bersiaga baik yang mengatur arus lalu lintas maupun petugas keamanan yang berpatroli di sekitar lokasi gedung.

Nico (16), pelajar SMA Santa Theresia, mengungkapkan ia belum pernah menemukan aksi vandalisme di sekitar pusat perbelanjaan Sarinah dan sekitarnya.

SMA tempat Nico sekolah terletak satu blok dari Jalan MH Thamrin.

Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, juga mengungkapkan hal serupa.

Gedung di Sudirman-Thamrin Tanpa Pagar, Tak Perlu Khawatir Vandalisme
Komandan Regu Satpol PP DKI Jakarta, Edi Suhendi, patroli di depan Hotel Pullman, Jakarta, Kamis, 25 Agustus 2022 petang.

Komandan Regu Satpol PP DKI Jakarta, Edi Suhendi mengaku enam bulan lalu memergoki sekelompok remaja yang melakuan corat-coret i sekitar Hotel Mandarin. “Kami halau. Mereka menggunakan spidol, bukan cat semprot,” ujar Edi saat ditemui di depan Hotel Pullman.

Menurutnya, personel Satpol PP DKI Jakarta bersiaga rutin di sepanjang koridor Sudirman Thamrin untuk mencegah aksi vandalisme maupun aksi kejahatan jalanan lainnya.

“Aksi vandalisme di kawasan Thamrin sini sih hampir nggak ada ya sejauh pengalaman,” kata Bella Barliana (22), karyawati yang berkantor di salah satu bank ternama Jalan MH Thamrin, Jakpus, Rabu (24/8/2022).

Dia menilai jalur pedestrian saat ini sudah cukup nyaman bagi para pejalan kaki. Ditanya mengenai gagasan gedung sepanjang kawasan jalan protokol Ibu Kota itu tanpa pagar demi kenyamanan pejalan kaki, Bella mengaku tidak masalah. "Menurut saya nggak masalah ya,” katanya.

Gedung di Sudirman-Thamrin Tanpa Pagar, Tak Perlu Khawatir Vandalisme
Pejalan kaki melintas di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, di Jakarta.

Meski belum pernah melihat aksi kekerasan atau gangguan keamanan, Bella menambahkan, gedung tanpa pagar tetap harus dilengkapi sistem keamanan. “Sisi keamanan dan kebersihan perkantoran aja yang diketatin. Karena kalo dibuka gitu orang luar bisa bebas keluar-masuk, kan,” katanya.

Hal senada diungkapkan Kamilla Ramadhania (19), karyawati sebuah perusahaan penyiaran di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

"Sebenarnya ada positif dan negatif pagar-pagar dibongkar. Positifnya trotoar bagi para pejalan kaki bisa semakin luas. Negatifnya kalo pagar-pagar dibuka kan tidak semua pejalan kaki atau pengguna trotoar bertindak baik,” ujar Kamilla.

Saat ini sekurangnya sudah ada 25 gedung di sepanjang Sudirman-Thamrin yang tak menggunakan pagar tinggi sebagai pemisah dengan trotoar. Kondisi ini membuat pejalan kakai lebih nyaman. Dari segi estetika kota pun gedung tanpa pagar lebih elok dan humanis.

Sejauh ini tidak ada orang yang berlalu lalang tiba-tiba melakukan perusakan atau tindak kriminal di gedung-gedung tersebut.

“Tidak masalah terkait dengan rencana tersebut karena memberikan dampak baik bagi para pengguna trotoar, namun perlu jaminan keamanan,” kata Kamilla yang mengaku belum pernah menemukan aksi vandalisme di kawasan Sudirman.

Perbuatan merusak atau menghancurkan barang berharga relatif tidak terjadi dalam keseharian di jalan tengah kota Jakarta yang sedemikian terbuka.

Hampir tidak ada coretan atau grafiti yang menempel di tembok bangunan atau trotoar di sepanjang Sudirman-Thamrin. Halte busway maupun MRT pun tidak pernah dikotori aksi vandalis.

Gedung di Sudirman-Thamrin Tanpa Pagar, Tak Perlu Khawatir Vandalisme
Karyawan berjalan di depan Kantor Dirjen Pajak di Jalan Sudirman, Jakarta.

Kondisi kawasan jalan protokol memang berbeda dibanding kawasan-kawasan Jakarta yang lokasinya mudah dan sering dilalui atau menjadi tempat nongkrong anak-anak jalanan. Sudirman-Thamrin relatif tidak tersentuh tangan jahil.


Unjuk Rasa

Kondisi seperti itu bukan berarti tidak ada perusakan fasilitas umum. Aksi vandalis terjadi ketika muncul aksi massa atau unjuk rasa yang berujung keributan. Pembakaran halte busway Jalan Thamrin pada 2020, misalnya, terjadi ketika ada unjuk rasa penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Ketika itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan jaminan bahwa Kodam Jaya, Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI menyiapkan penjagaan ekstra untuk mengantisipasi agar tidak terjadi perusakan fasilitas umum saat aksi unjuk rasa.

Menurut Anies, ketika itu, perusakan dan pembakaran fasilitas umum pada aksi unjuk rasa baru pertama kali terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Gedung di Sudirman-Thamrin Tanpa Pagar, Tak Perlu Khawatir Vandalisme
Warga berjalan di depan Gedung Kementerian Agama di Jalan Thamrin, Jakarta.

"Demo di Jakarta sudah terjadi berkali-kali. Dalam beberapa tahun ini (demonstrasi) juga terjadi. Tapi belum pernah kita mengalami sebuah demonstrasi di mana ada pelaku-pelaku yang sampai membakar fasilitas umum," ungkapnya.

Vandalisme pada aksi Kamis (8/10/2020) itu mengakibatkan 46 halte rusak. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 65 miliar. Tiga halte yang mengalami rusak berat yakni, Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI), Tosari, dan Sawah Besar.

"Aksi vandalisme masih ada sih yakni saat ada demo. Setelah demo kawasan di sini jadi keliatan kotor dan tidak rapi, apalagi waktu demo Omnimbus Law lalu, jalan di Thamrin jadi kurang kondusif, halte di rusak dan membuat suasana jadi kurang aman," kata Hendi (25), karyawan lainnya.


Pengadaan CCTV
Keterangan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ketika itu menyebutkan terdapat 12 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) yang diduga dirusak pada saat demo anarkis, di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, Oktober 2020. Terdapat juga beberapa pos-pos lantas yang dibakar.

Meski demikian, ada catatan menarik terkait perusakan ini. Sejumlah pelaku dibekuk karena ada sebagian yang terekam CCTV di depan kamera ETLE.

Kamera yang ditempatkan di banyak lokasi akan membantu pengamanan. Dari Ditlantas Polda Metro selama ini kamera di jalur busway dan jalan tol membantu mengidentifikasi masyarakat yang masih mencoba menerobos jalur terlarang.

Bahkan saat ini tidak asing lagi pergerakan kelompok pengunjuk rasa dapat terpantau dari satu kamera ke kamera lainnya.

Mestinya CCTV tidak hanya membantu polisi terkait penindakan pelanggar lalu lintas melainkan juga pelanggaran lainnya. Gedung-gedung perkantoran pun saat ini sudah lazim memasang CCTV sehingga gangguan keamanan bisa diantisipasi.

Kasus menonjol di kawasan Sudirman-Thamrin selain unjuk rasa adalah kasus begal sepeda. Namun hal itu terjadi di jalanan, bukan di gedung perkantoran.

Pada akhir 2020, marak begal yang mengincar pesepeda baik barang bawaan maupun sepeda mahalnya. Mereka nekat beraksi di jalan protokol.

Menurut pengamat perkotaan Yayat Supriatna, tidak mungkin petugas menjagar 24 jam fasilitas umum. Karena itu Satpol PP, misalnya, harus kreatif mencari solusi penjagaan. Salah satunya memanfaatkan CCTV integratif milik Dinas Perhubungan maupun kepolisian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pembunuhan Keluarga di Magelang, Pelaku Belajar dari Kasus Sianida

Penyidikan pembunuhan keluarga di Magelang mengungkap fakta baru. DDS yang tega meracuni keluarganya hingga tewas menyebut belajar dari kasus sianida. 

NEWS | 2 Desember 2022

Buktikan Sinergisitas TNI-Polri, Yudo Margono Pamer Foto dengan Istri

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memamerkan foto dirinya dengan sang istri, AKBP Veronica Yulis Prihayati untuk membuktikan sinegisitas TNI-Polri.

NEWS | 2 Desember 2022

Visi Yudo Margono: TNI sebagai Patriot NKRI

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memaparkan visinya yaitu mewujudkan institusi TNI sebagai patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

NEWS | 2 Desember 2022

Istri dan Anak Ismail Bolong Diperiksa, Polisi: Semakin Menguatkan

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri telah memeriksa istri dan anak Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal 

NEWS | 2 Desember 2022

Perang Rusia-Ukraina hingga Pemilu 2024 Jadi Perhatian Yudo Margono

Perang Rusia-Ukraina hingga Pemilu 2024 menjadi perhatian calon Panglima TNI Yudo Margono saat menjalani fit and proper test di Komisi I DPR. 

NEWS | 2 Desember 2022

Pendalaman Visi Misi Calon Panglima TNI Digelar Tertutup

Komisi I DPR akan menggelar rapat tertutup dalam melakukan pendalaman visi-misi Kasal Laksamana Yudo Margono dalam fit and proper test

NEWS | 2 Desember 2022

Jika Jadi Panglima TNI, Yudo Margono Jamin Tak Ada Lagi Prajurit Arogan

Saat fit and proper test, Laksamana Yudo Margono menjamin tidak akan ada lagi prajurit arogan jika dirinya dipercaya menjadi Panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Mantan Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan Meninggal Dunia

Mantan Menteri ATR/BPN, Ferry Mursyidan Baldan meninggal dunia pada hari ini, Jumat (2/12/2022).  

NEWS | 2 Desember 2022

Viral, Imam Masjid Dipukul Saat Pimpin Salat di Pondok Gede

Viral di media sosial, seorang imam masjid dipukul oleh orang tak dikenal saat memimpin salat magrib di kawasan Pondok Gede, Bekasi. 

NEWS | 2 Desember 2022

Kenaikan UMP Tak Sesuai, Buruh Gelar Demo di Balai Kota

Sejumlah elemen buruh menggelar aksi demo di Kantor Balai Kota, Jakarta, Jumat (2/12/2022) untuk menuntut kenaikan UMP.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Demi Trofi Juara, Declan Rice Beri Sinyal Tinggalkan West Ham

Demi Trofi Juara, Declan Rice Beri Sinyal Tinggalkan West Ham

BOLA | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE