Logo BeritaSatu

Prayut Berhenti Jadi PM Thailand, Lanjut Jadi Menhan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 11:13 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Bangkok, Beritasatu.com- Prayut Chan-o-cha berhenti menjadi PM Thailand, namun terus menjabat sebagai menteri pertahanan. Seperti dilaporkan CNN, Mahkamah Konstitusi Thailand telah menangguhkan Prayut Chan-ocha dari tugas resmi perdana menteri mulai 24 Agustus 2022.

Perombakan kepemimpinan Thailand yang tidak biasa itu menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi pada Rabu (24/8), yang memerintahkan Prayut untuk mundur sementara. Mahkamah mempertimbangkan Prayut melanggar batas masa jabatan delapan tahun yang baru-baru ini tertulis dalam konstitusi.

Prayut mengambil peran sebagai perdana menteri setelah kudeta militer pada 2014 sebelum memenangkan pemilihan umum yang kontroversial pada 2019.

Sementara itu, Prayut telah memerintahkan konstitusi kerajaan untuk diamendemen, yang melarang perdana menteri menjabat lebih dari delapan tahun. Namun pertanyaannya sekarang adalah apakah Prayut telah melanggar batasnya sendiri.

Awal pekan ini pengadilan menerima petisi yang ditandatangani oleh 172 anggota parlemen oposisi yang mengklaim pemerintahan Prayut dimulai pada 2014, ketika ia mengambil alih kekuasaan dalam kudeta.

Pengadilan juga kemungkinan akan mempertimbangkan apakah masa jabatannya secara resmi dimulai pada 2017, ketika konstitusi ditulis ulang, atau bahkan 2019, setelah pemilihan.

Lima dari sembilan hakim konstitusi sepakat pada hari Rabu bahwa Prayut harus ditangguhkan saat pengadilan mempertimbangkan masalah tersebut, tetapi tidak memberikan batas waktu untuk putusan tersebut.

Pengadilan memberi Prayut waktu selama 15 hari untuk mengajukan pernyataan balasan mengapa dia harus mempertahankan pekerjaan itu, begitu dia secara resmi menerima surat pengadilan.

“Perintah itu tidak akan memengaruhi administrasi negara, pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai negeri atau kebijakan pemerintah yang sedang berlangsung,” kata pernyataan itu.

Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan akan bertindak sebagai perdana menteri sementara pengadilan mempertimbangkan putusan akhir, juru bicara pemerintah Anucha Burapachaisri mengatakan kepada wartawan, Rabu. Prawit sendiri adalah mantan panglima militer dan pendukung lama monarki Thailand.

Pemilihan baru dijadwalkan pada Mei tahun depan di bawah konstitusi. Namun perdana menteri yang masih menjabat masih memiliki kekuatan untuk mengadakan pemilihan dini dengan membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat yang terpilih.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ganjar Bentuk Tim Khusus Percepatan Pembangunan Tol Semarang-Demak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membentuk tim untuk membereskan persoalan pembebasan lahan pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi Akan Hadiri Midodareni, Tetangga Erina Diminta Tak Inapkan Tamu

Jokowi akan menghadiri midodareni di kediaman calon menantunya, Erina Gudono di Purwosari RT 03/RW 59, Sinduadi, Mlati, Sleman.

NEWS | 30 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat menegaskan penyaluran dana BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH terus dipantau tiap hari.

NEWS | 30 November 2022

Jokowi Dinilai Contoh Pemimpin yang Berani Tegakkan Kebenaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai contoh pemimpin yang berani menegakkan kebenaran.

NEWS | 30 November 2022

Bupati: Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman mengatakan, proses pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang tiga hari.

NEWS | 30 November 2022

MK Tambahkan Syarat Baru Ini Bagi Caleg Mantan Koruptor di Pemilu

Mahkamah Konstitusi atau MK menambahkan syarat baru bagi caleg mantan terpidana termasuk terpidana kasus korupsi yang akan ikut menjadi Pemilu 2024.

NEWS | 30 November 2022

Naik Helikopter, Lesti Kejora dan Rizky Billar Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Pasangan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar mengunjungi para korban gempa di daerah kelahirannya Cianjur dengan helikopter.

NEWS | 30 November 2022

Setelah Tembak Brigadir J, Bharada E Mimpi Buruk Selama 3 Pekan

Bharada E mengalami mimpi buruk selama tiga pekan setelah menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E: Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi

Bharada E menyebut, Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, selalu mendampingi Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE