Logo BeritaSatu

Polisi Australia Sita 2 Ton Sabu Senilai Rp 16,3 Triliun

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 08:34 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Canberra, Beritasatu.com- Polisi Australia sita rekor 2 ton sabu asal Uni Emirat Arab (UEA) yang disembunyikan di ubin marmer. Seperti dilaporkan CBCNews, Jumat (26/8/2022), pengungkapan ini digambarkan polisi sebagai penyitaan narkoba terbesar yang pernah ada di Australia.

“Tiga pria ditangkap setelah 748 kilogram (1.649 pon) obat itu ditemukan awal bulan ini tersembunyi di 24 kontainer yang tiba di Port Botany,” kata para pejabat, Jumat.

Sejumlah 1.060 kilogram sabu lainnya ditemukan di 19 kontainer yang tiba di pelabuhan yang sama minggu lalu. Obat-obatan itu disembunyikan dengan metode yang sama dan semuanya dikirim dari Uni Emirat Arab.

Polisi memperkirakan nilai sabu tersebut di jalanan sebesar 1,6 miliar dolar Australia (US$ 1,1 miliar atau Rp 16,3 triliun). Taksiran ini mencerminkan harga yang lebih tinggi yang dibayarkan warga Australia untuk obat-obatan terlarang daripada yang dilakukan pengguna di banyak negara yang sebanding.

Kepala Detektif Polisi Supt. John Watson menggambarkan jumlah sabu sebagai "mengejutkan."

"Penyitaan ini akan dirasakan selama berminggu-minggu yang akan datang oleh banyak pemasok tingkat tinggi, menengah dan bawah," kata Watson.

Tidak ada penangkapan lebih lanjut yang dilakukan sejak penyitaan pekan lalu. Penyelidik telah mengalihkan perhatian mereka untuk mengidentifikasi pemasok luar negeri.

"Wilayah Timur Tengah mungkin menjadi fokus utama kami. Tapi saya tentu tidak akan membatasi penyelidikan kami hanya di wilayah itu," kata Watson.

Menurut Watson, semua kontainer itu direncanakan untuk dikirim ke satu pabrik di Sydney barat yang telah didirikan untuk mengekstrak sabu dari marmer dengan cepat. Polisi tidak tahu seberapa sering pabrik itu digunakan.

Ketiga pria yang sudah ditangkap - berusia 24, 26 dan 34 tahun- menghadapi kemungkinan hukuman seumur hidup di penjara jika terbukti bersalah dalam perdagangan narkoba. Mereka telah muncul di pengadilan dan telah ditolak jaminan.

"Keberanian orang-orang ini untuk berpikir bahwa mereka dapat mengimpor obat-obatan berbahaya dalam jumlah besar ke Australia sangat mencengangkan," kata Asisten Komisaris Pasukan Perbatasan Australia Erin Dale.

"Mari kita perjelas: ini adalah penyitaan methylamphetamine terbesar di perbatasan Australia dan karenanya merupakan pukulan besar bagi para penjahat terorganisasi," tambahnya.

Rekor penangkapan sabu Australia sebelumnya adalah 1,8 ton AS yang disembunyikan di speaker dan dikirim ke Melbourne dari Bangkok pada April 2019. Tiga warga Melbourne didakwa dengan pelanggaran narkoba.

Penemuan ini menandai yang terbaru dalam serangkaian penyitaan sabu skala besar di seluruh dunia. Awal bulan ini, tentara Meksiko menyita hampir 1,5 ton sabu dan 328 pon bubuk fentanil di sebuah pos pemeriksaan di negara bagian Sonora di utara.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

MHU Sabet 5 Penghargaan Kaidah Pertambangan Terbaik dari ESDM

MHU meraih 5 penghargaan sekaligus pada ajang Prestasi Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik.

NEWS | 1 Oktober 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 1 Oktober 2022

Infografik positivity rate Covid-19 sampai 1 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pemecatan Hakim MK, DPR Dinilai Langgar Konstitusi dan UU

DPR dinilai telah melanggar konstitusi dan UU Nomor 7 Tahun 2020 tentang Mahkamah Konstitusi (UU MK) dalam pemecatan hakim konstitusi Aswanto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Riza Berharap Program Sumur Resapan Diteruskan Penjabat Gubernur DKI

Riza Patria mengatakan, program sumur resapan diharapkan dapat diteruskan oleh penjabat gubernur DKI Jakarta selanjutnya.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ini Aturan Pemberhentian Hakim Konstitusi Berdasarkan UU

Pemberhentian hakim konstitusi harus berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2022 tentang perubahan ketiga atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi.

NEWS | 1 Oktober 2022

Sebanyak 872 Rumah Rusak Dampak Gempa Tapanuli Utara

Sebanyak 873 rumah mengalami kerusakan dampak gempa Tapanuli Utara, Sumatera Utara dengan kekuatan magnitudo 5,8 yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) dini hari.

NEWS | 1 Oktober 2022

Pemilu 2024, Kapolri Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Kapolri Sigit menyerukan pentingnya persatuan dan kesatuan menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

PBNU Apresiasi Penghargaan Internasional yang Diraih Kejagung

PBNU mengapresiasi kinerja Kejagung dalam penerapan restorative justice hingga meraih penghargaan dari Asosiasi Jaksa Internasional. 

NEWS | 1 Oktober 2022

Ibu Kandung Gading Marten Meninggal Dunia

Ibu kandung Gading Marten, Farida Sabtijastuti meninggal dunia. Hal itu diungkapkan Gading Marten dalam akun instagram story.

NEWS | 1 Oktober 2022

Catherine Wilson Resmi Dinikahi Anggota DPRD Sidrap

Catherine Wilson resmi menikah dengan anggota DPRD Kabupaten Sidrap dan pengusaha, Idham Mase.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MHU Sabet 5 Penghargaan Kaidah Pertambangan Terbaik dari ESDM

MHU Sabet 5 Penghargaan Kaidah Pertambangan Terbaik dari ESDM

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings