Logo BeritaSatu

Menlu Retno Sebut Demokrasi Global Sedang Alami Penurunan

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 11:16 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Yogyakarta, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan demokrasi global sedang mengalami penurunan. Mengutip data Democracy Report 2022 yang dirilis V-Dem Institute, kualitas demokrasi dunia saat ini bahkan disebut sama dengan kondisi 30 tahun lalu.

“Pada tahun 2020, negara yang mengalami kenaikan agregat demokrasi hanya 28 negara, sedangkan negara yang mengalami penurunan ada 73. Jadi kalau dirata-rata adalah minus 45. Dibandingkan tahun 2019, minusnya 27. Sementara tahun 2018, minus 18,” kata Retno dalam seminar nasional “Menuju Demokrasi Berkualitas: Tantangan dan Agenda Aksi” di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Menlu Retno, seperti temuan V-Dem Institute, kualitas demokrasi mengalami stagnasi. Pada masa pandemi, muncul pertanyaan apakah negara-negara yang berdemokrasi akan mampu menjawab tantangan masyarakat saat itu yang merespons kesehatan.

“Ada pertanyaan, tampaknya negara-negara yang berdemokrasi tidak mampu merespons pandemi Covid-19. Bahkan tahun lalu, Instute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA) menyebut Covid-19 adalah salah satu penyebab dari kemunduran demokrasi,” ujarnya.

Menlu Retno menambahkan, IDEA juga menyebut kebebasan media, supremasi hukum, dan diskriminasi migran. Sejumlah hal itu lah yang menyebabkan kemunduran demokrasi dalam beberapa tahun terakhir.

“Kawasan Asia Tenggara tidak lepas dari tren kemunduran demokrasi tersebut. Kita lihat yang paling obvius adalah Myanmar. Paling tidak satu setengah tahun terakhir, Myanmar mengalami kemunduran yang sangat obvius, dengan adanya kudeta militer terhadap satu pemerintahan yang dipilih dari hasil pemilihan umum,” paparnya.

Menlu Retno menambahkan, Indonesia sebagai rumpun Asia Tenggara yang menginisiasi ASEAAN Leaders Meeeting yang membuahkan 5 konsep khusus, ingin membantu Myanmar keluar dari krisis politik tersebut. Namun terus terang, sampai saat ini, upaya itu belum ada hasil.

“Dari semua cerita pendek itu, satu kesimpulan, democracy globaly is in decline. Namun saya mencoba tetap menjadi orang yang optimis, bahwa kalau mau melihat lagi data, ternyata datanya tidak gelap semua,” paparnya.

Menurut Retno, jika balik lagi ditanya pada rakyat, semua data menyatakan pilihan utama rakyat dunia adalah demokrasi. Masyarakat global tetap percaya terhadap demokrasi.

“Hal ini bisa dilihat dari data Democracy Perception Index tahun 2022 yang menyebutkan 84 % responden global tetap memilih demokrasi untuk negaranya,” tambah Retno.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan enam tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan di Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi, Ini Pengalaman Netizen

Gempa Sukabumi dan sekitarnya yang terjadi Kamis (8/12/2022) pagi 07.50 WIB terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa M 5,8 Landa Kota Sukabumi, Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut BPBD Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda daerah itu, Kamis (6/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, Jalan Depan Polsek Astana Anyar Sudah Dibuka

Ruas Jalan Astana Anyar yang berada di depan Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, kembali bisa dilalui, usai bom bunuh diri, Rabu (7/12/2022) kemarin.

NEWS | 8 Desember 2022

Wakil Ketua DPR Minta Masyarakat Tidak Takut Lawan Terorisme

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta masyarakat bersatu untuk melawan terorisme, menyusul aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Bandar Lampung

BMKG menyebut gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (/8/12/2022) pagi, terasa hingga Jakarta juga Bandar Lampung.

NEWS | 8 Desember 2022

BMKG: Gempa Sukabumi Akibat Deformasi Lempeng Indo-Australia

BMKG menyampaikan bahwa gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi terjadi karena deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia.

NEWS | 8 Desember 2022

Gunung Semeru Masih Terus "Batuk-batuk" Setiap Hari

Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus "batuk-batuk" alias erupsi setiap hari.

NEWS | 8 Desember 2022

Menteri Agama Kutuk Keras Bom Bunuh Diri di Bandung

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung.

NEWS | 8 Desember 2022

Sektor Transportasi Online Resilien, Gojek jadi Pemimpin Pasar

Riset dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di 5 kota besar Indonesia kepada 2.310 pengguna dan 1.155 pengusaha. 

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

KPK Menahan Bupati Bangkalan dan 5 Tersangka Kasus Lelang Jabatan

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE