Logo BeritaSatu

Menlu Retno Sebut Demokrasi Global Sedang Alami Penurunan

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 11:16 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Yogyakarta, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan demokrasi global sedang mengalami penurunan. Mengutip data Democracy Report 2022 yang dirilis V-Dem Institute, kualitas demokrasi dunia saat ini bahkan disebut sama dengan kondisi 30 tahun lalu.

“Pada tahun 2020, negara yang mengalami kenaikan agregat demokrasi hanya 28 negara, sedangkan negara yang mengalami penurunan ada 73. Jadi kalau dirata-rata adalah minus 45. Dibandingkan tahun 2019, minusnya 27. Sementara tahun 2018, minus 18,” kata Retno dalam seminar nasional “Menuju Demokrasi Berkualitas: Tantangan dan Agenda Aksi” di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Menlu Retno, seperti temuan V-Dem Institute, kualitas demokrasi mengalami stagnasi. Pada masa pandemi, muncul pertanyaan apakah negara-negara yang berdemokrasi akan mampu menjawab tantangan masyarakat saat itu yang merespons kesehatan.

“Ada pertanyaan, tampaknya negara-negara yang berdemokrasi tidak mampu merespons pandemi Covid-19. Bahkan tahun lalu, Instute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA) menyebut Covid-19 adalah salah satu penyebab dari kemunduran demokrasi,” ujarnya.

Menlu Retno menambahkan, IDEA juga menyebut kebebasan media, supremasi hukum, dan diskriminasi migran. Sejumlah hal itu lah yang menyebabkan kemunduran demokrasi dalam beberapa tahun terakhir.

“Kawasan Asia Tenggara tidak lepas dari tren kemunduran demokrasi tersebut. Kita lihat yang paling obvius adalah Myanmar. Paling tidak satu setengah tahun terakhir, Myanmar mengalami kemunduran yang sangat obvius, dengan adanya kudeta militer terhadap satu pemerintahan yang dipilih dari hasil pemilihan umum,” paparnya.

Menlu Retno menambahkan, Indonesia sebagai rumpun Asia Tenggara yang menginisiasi ASEAAN Leaders Meeeting yang membuahkan 5 konsep khusus, ingin membantu Myanmar keluar dari krisis politik tersebut. Namun terus terang, sampai saat ini, upaya itu belum ada hasil.

“Dari semua cerita pendek itu, satu kesimpulan, democracy globaly is in decline. Namun saya mencoba tetap menjadi orang yang optimis, bahwa kalau mau melihat lagi data, ternyata datanya tidak gelap semua,” paparnya.

Menurut Retno, jika balik lagi ditanya pada rakyat, semua data menyatakan pilihan utama rakyat dunia adalah demokrasi. Masyarakat global tetap percaya terhadap demokrasi.

“Hal ini bisa dilihat dari data Democracy Perception Index tahun 2022 yang menyebutkan 84 % responden global tetap memilih demokrasi untuk negaranya,” tambah Retno.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Untuk Transisi Energi Berkelanjutan

Hadirnya BLiMP ini merupakan hasil dari semangat kolaborasi "Merdeka Belajar" yang berhasil menyatukan banyak pihak di program Kedaireka.

NEWS | 6 Desember 2022

Apindo Kritik Penerapan Odol Tanpa Transisi

Apindo mengkritik penerapan kebijakan over dimension dan overload (Odol) untuk angkutan barang yang diberlakukan tanpa ada masa transisi

NEWS | 6 Desember 2022

5 Topnews: Sidang Ricky Rizal dan Sosok Calon Istri Kaesang Pangarep

Sidang Ricky Rizal dan juga sosok Erina Gundono yang akan dipersunting Kaesang Pangarep menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca.

NEWS | 6 Desember 2022

AJI Beberkan 17 Pasal Bermasalah dalam RKUHP yang akan Disahkan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membeberkan 17 pasal bermasalah dalam draf RKUHP versi 30 November 2022.

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Setujui RUU Perjanjian Indonesia-Singapura untuk Ekstradisi Buronan

Komisi III DPR RI menyetujui RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Indonesia dan Singapura tentang Ekstradisi Buronan

NEWS | 6 Desember 2022

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Untuk Transisi Energi Berkelanjutan

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Untuk Transisi Energi Berkelanjutan

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE