Logo BeritaSatu

Presiden BRICS Sebut Rusia dan India Tak Butuh Lagi Dolar AS

Minggu, 28 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

New Delhi, Beritasatu.com- Rusia dan India tidak lagi membutuhkan dolar Amerika untuk perdagangan bilateral. Seperti dilaporkan RT, Kamis (25/8/2022), pernyataan itu disampaikan Presiden Forum Internasional BRICS Purnima Anand.

“Kami telah menerapkan mekanisme penyelesaian bersama dalam rubel dan rupee, dan negara kami tidak perlu menggunakan dolar dalam penyelesaian bersama. Dan hari ini mekanisme serupa untuk penyelesaian bersama dalam rubel dan yuan sedang dikembangkan oleh Tiongkok,” katanya.

Advertisement

Presiden BRICS mengatakan perdagangan timbal balik antara India dan Rusia telah tumbuh lima kali lipat selama 40 tahun terakhir. Moskwa memasok volume minyak yang berkembang pesat ke India, dan sebagai imbalannya mendapat sejumlah besar produk pertanian, tekstil, obat-obatan, dan produk lainnya.

“Artinya negara-negara BRICS membuka diri terhadap Rusia, menawarkan kesempatan bagi negara tersebut untuk mengatasi konsekuensi sanksi,” tambah Anand, seperti dikutip kantor berita RIA.

Anand juga mencatat bahwa New Delhi menganggap dirinya sebagai pihak netral dalam perang sanksi saat ini antara Barat dan Rusia. Meskipun ada tekanan sanksi, India akan melanjutkan kerja sama dengan Moskwa “di bidang mana pun yang diperlukan.”

“Ketika operasi militer Rusia di Ukraina dimulai, tentu saja ada tekanan pada India untuk berhenti mengimpor minyak Rusia. Namun Kementerian Luar Negeri harus menolak tekanan tersebut. Pihak Rusia diyakinkan bahwa pasokan tidak akan dihentikan dan rezim sanksi sama sekali tidak akan mempengaruhi hubungan antara negara kita,” kata kepala forum itu.

BRICS adalah forum sosial-ekonomi dan politik internasional yang menggabungkan lima negara anggota: Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Yosua, Jaksa Mohon ke Hakim Agar Pembelaan Baiquni Wibowo Ditolak

Jaksa Penuntut Umum (JPU) memohon kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) untuk menolak pembelaan Baiquni Wibowo.

NEWS | 6 Februari 2023

Tolak Pleidoi, Jaksa Minta Agus Nurpatria Tetap Dihukum 3 Tahun Bui di Kasus Brigadir J

Jaksa meminta majelis hakim tetap memvonis hukuman 3 tahun bui untuk Agus Nurpatria dalam kasus obstruction of justice tewasnya Brigadir J. 

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Yosua, Jaksa Tetap Minta Hendra Kurniawan Dihukum 3 Tahun

Jaksa penuntut umum meminta kepada majelis hakim PN Jaksel untuk tetap menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Februari 2023

Ketum PBNU: Islam Hadir sebagai Solusi Bersama

Ketum PBNU berharap agar ke depan Islam sungguh-sungguh hadir sebagai bagian dari solusi masalah, tidak lagi dianggap sebagai bagian dari masalah.

NEWS | 6 Februari 2023

Jelang Satu Abad NU, Antisipasi Kemacetan, Polisi Tutup Jalur Jalan Protokol

Sehari jelang peringatan Satu Abad hari lahir (harlah) Nahdatul Ulama (NU) jalur protokol Sidoarjo di sekitar lokasi stadion Gelora Delta Sidoarjo akan ditutup Senin (6/2/23) sore ini.

NEWS | 6 Februari 2023

Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas Tewas Terlindas KRL Commuterline

Pria tanpa identitas yang diduga depresi ini sempat berjalan di perlintasan kereta api sebelum akhirnya tidur di atas rel saat kereta hendak melintas.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Brigadir J, Polisi Peraih Adhi Makayasa Divonis 24 Februari

Irfan Widyanto, polisi peraih Adhi Makayasa, salah satu terdakwa perkara obstruction of justice kasus tewasnya Brigadir J divonis 24 Februari.

NEWS | 6 Februari 2023

Jaksa Heran Agus Nur Patria sebagai Perwira Tak Bernyali Tolak Perintah Ferdy Sambo

Jaksa penuntut umum heran atas sikap Agus Nur Patria yang merupakan perwira polisi tapi tidak berani untuk menolak perintah Ferdy Sambo.

NEWS | 6 Februari 2023

Di Hadapan Sandiaga, Prabowo Minta Kader Mundur Jika Tak Percaya Pemimpin

Prabowo Subianto mengingatkan para kader Gerindra agar selalu percaya kepada pemimpin.

NEWS | 6 Februari 2023

Daftar Harta Angela yang Dikuras Pelaku Mutilasi di Bekasi

Harta Angela Hindriati Wahyuningsih dikuras M Ecky Listhianto, pelaku mutilasi di Bekasi. Begini daftar harta Angela yang dikuras pelaku mutilasi di Bekasi.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perhatikan Asupan Makanan untuk Cegah Risiko Diabetes Anak

Perhatikan Asupan Makanan untuk Cegah Risiko Diabetes Anak

NEWS | 35 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE