Logo BeritaSatu

Peretas Jual Dokumen Rahasia Sistem Persenjataan NATO

Minggu, 28 Agustus 2022 | 08:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Peretas menjual dokumen rahasia sistem persenjataan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Seperti dilaporkan RT, Jumat (26/8/2022), sistem senjata yang dibuat oleh kontraktor pertahanan Eropa MBDA dilaporkan telah terungkap.

NATO sedang menyelidiki laporan penjualan dokumen rahasianya oleh kelompok peretas. Beberapa data menjelaskan secara rinci produk MBDA Missile Systems, produsen pertahanan pan-Eropa.

“Kami sedang menilai klaim terkait data yang diduga dicuri dari MBDA. Kami tidak memiliki indikasi bahwa ada jaringan NATO yang telah disusupi,” kata juru bicara aliansi itu, seperti dikutip dari penyiar Inggris.

BBC menyatakan peretas tak dikenal meminta 15 Bitcoin (sekitar US$320.000 dengan harga saat ini atau sekitar Rp 4,7 miliar) untuk harta karun data yang dicuri. Harga dan detail lainnya bertepatan dengan apa yang dilaporkan pada awal Agustus oleh situs web berita keamanan siber dan teknologi informasi Prancis LeMagIT.

Cache data tampaknya ditawarkan kepada calon pembeli oleh seseorang bernama Adrastea pada akhir Juli dan diyakini berasal dari hard drive eksternal. Anak perusahaan MBDA Italia diduga menjadi titik pelanggaran peretas.

BBC menyatakan telah mempelajari sampel gratis dokumen dan menemukan dokumen dengan berbagai label klasifikasi NATO dan AS. Beberapa makalah muncul untuk merinci misi skuadron udara AS di Estonia pada tahun 2020.

Dokumen lain menunjukkan skema untuk anti-pesawat yang disebut Land Ceptor CAMM. Penyiar BBC menekankan bahwa mereka tidak dapat memverifikasi keaslian dokumen secara independen.

Laporan oleh LeMagIT menyatakan telah menghubungi MBDA untuk memberikan komentar dan bahwa perusahaan tersebut mengaku menjadi sasaran upaya pemerasan.

Kedua outlet mengutip perusahaan yang meremehkan pelanggaran tersebut, menggambarkan data sebagai "bukan data rahasia atau sensitif." BBC menyatakan beberapa dokumen MBDA yang diambil sampelnya ditandai dengan "informasi hak milik untuk tidak diungkapkan atau direproduksi."



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022

Cianjur Bangkit, Warga Sarampad Wetan Bangun Kembali Masjid

Sepekan lebih bencana gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai semangat untuk kembali bangkit dari bencana.

NEWS | 30 November 2022

Kamis, Bareskrim Polri Akan Periksa Keluarga Ismail Bolong

Bareskrim Polri akan memeriksa keluarga Ismail Bolong pada Kamis (1/11/2022) terkait kepemilikan saham perusahaan dalam kasus tambang ilegal.

NEWS | 30 November 2022

Sidang Kasus Brigadir J Hari Ini, 3 Terdakwa Saling Bersaksi

Sidang perkara dugaan pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel hari ini akan menghadirkan Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR yang saling bersaksi. 

NEWS | 30 November 2022

Polri Kerahkan 261 Personel Layani Kesehatan Korban Gempa Cianjur

Polri mengerahkan 21 dokter spesialis untuk melayani korban gempa Cianjur. Total ada 261 personel dari jajaran medis yang tangani korban gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Paboi menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

NEWS | 30 November 2022

KPU Sebut Pelamar Calon PPK Sebanyak 304.602 Orang

KPU menyebut pelamar calon panitia pemilihan kecamatan atau PPK untuk Pemilihan Umum Serentak 2024 berjumlah 304.602 orang.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE