Logo BeritaSatu

Masyarakat Kepulauan Seribu Diajak Tingkatkan Kebiasaan Minum Air Putih

Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:31 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesian Hydration Working Group (IHWG) bekerja sama dengan Program Studi Magister Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengajak masyarakat di Pulang Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta untuk meningkatkan kebiasaan minum air putih dan mencegah kasus dehidrasi.

Dr dr Diana Sunardi, Gizi, SpGK(K) yang merupakan ketua tim pengabdi sekaligus ketua IHWG mengatakan penurunan kasus dehidrasi diharapkan selaras dengan penurunan kejadian Penyakit Tidak Menular (PTM). Dengan ini tingkat produktivitas kerja turut meningkat dan pertumbuhan ekonomi pun membaik.

Advertisement

Angka kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kepulauan Seribu cukup menghawatirkan. Dibuktikan dari hasil Riset Kesehatan Dasar Provinsi DKI Jakarta tahun 2018, beberapa kasus memiliki angka hampir sama bahkan melebihi Provinsi DKI Jakarta. Hipertensi 30,81% (DKI Jakarta 33,43%) dan Diabetes Melitus 2,97% (DKI Jakarta 2,57%). Angka obesitas (32%) pun melebihi angka Provinsi DKI Jakarta (29,80%).

"Jika tidak tertangani dengan baik, maka PTM dapat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja yang berdampak langsung pada tingkat ekonomi keluarga," ujar Dr dr Diana Sunardi saat memberikan penyuluhan dengan tema “Pulau Panggang KEHATIKU – Keluarga Sehat Hidrasi Kuat”, Rabu (31/8/2022).

Ditambahkan dokter Diana, selain faktor metabolik (tekanan darah, gula darah, obesitas, gangguan fungsi ginjal) dan faktor perilaku (pola makan, merokok, aktivitas fisik), perilaku hidrasi berperan penting. Efek jangka panjang jika pemenuhan hidrasi tidak tercukupi maka akan terjadi gangguan metabolisme.

Salah satu cara IHWG dan Prodi S2 Ilmu Gizi FKUI adalah memberikan penyuluhan dengan tema “Pulau Panggang KEHATIKU – Keluarga Sehat Hidrasi Kuat”.

“Melalui edukasi ini, diharapkan peserta banyak menyerap ilmu dan menerapkan dalam praktik sehari-hari,” kata Dr dr Diana Sunardi.

Kepala Puskesmas Kelurahan Pulau Panggang, dr Tri Lusmantoro berharap kebiasaan minum air putih tidak hanya mengaplikasikan dalam keseharian, tetapi juga dapat melakukan sosialisasi kepada keluarga dan rekan-rekan kerjanya.

Peserta juga dibekali pengetahuan tentang syarat air layak minum, yaitu air tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak tercemar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ternak Kelinci Tawarkan Potensi Cuan Puluhan Juta Rupiah

Ternak kelinci menjadi usaha sampingan yang menguntungkan bagi Sudaryanto, warga desa Kolam Kanan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Optimistis Target Transaksi Travex 2023 Tercapai

Sandiaga mengatakan, antusiasme seller dan buyer cukup tinggi, mengingat produk pariwisata dan ekonomi kreatif terbaik hadir dalam pameran Travex 2023.

NEWS | 6 Februari 2023

TSI Perkenalkan Solo Safari di ASEAN Tourism Forum 2023

Taman Safari Indonesia (TSI) turut memperkenalkan proyek terbarunya, Solo Safari di perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, Jogja Expo Center, Yogyakarta.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Wowon, Polisi Cari Bukti ke Mesir

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya berencana mencari bukti baru kasus pembunuhan berantai oleh Wowon dan kawan-kawan ke Mesir.

NEWS | 5 Februari 2023

Taruna Merah Putih Gelar Cap Go Meh untuk Rekatkan Persatuan

Taruna Merah Putih Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Cap Go Meh Nusantara untuk rekatkan persatuan.

NEWS | 6 Februari 2023

Ribuan Pengunjung Padati Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023

Sedikitnya 50.000 warga masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia datang untuk menyaksikan Bogor Street Festival (BSF) Cap Go Meh 2023, Minggu (5/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

1 Abad NU, PKB Bertekad Tingkatkan Kesejahteraan Nahdliyin

DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar acara tasyakuran 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) pada hari ini, Minggu (5/2/2023) malam.

NEWS | 6 Februari 2023

Persiapan 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo Sudah 100%

Persiapan resepsi puncak 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo 100% telah siap.

NEWS | 5 Februari 2023

Harlah Seabad NU, Jajaran PBNU Silaturahmi ke Ponpes Keluarga Ganjar

Jajaran PBNU bersilaturahmi ke Ponpes keluarga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yakni Ponpes Roudlotus Sholichiin Sukawarah di Purbalingga.

NEWS | 6 Februari 2023

Anak Obesitas Lebih Rentan jika Terkena Demam Berdarah

Pada anak-anak dengan obesitas, apabila terkena demam berdarah dengue (DBD) bisa mengalami gejala yang lebih berat.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit Ke-15, Kane Bawa Tottenham Ungguli Manchester City

Menit Ke-15, Kane Bawa Tottenham Ungguli Manchester City

BOLA | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE