Logo BeritaSatu

Bukan Hanya di KRB, Wisata Glow Juga Ada di Sejumlah Negara

Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:53 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Instalasi lampu dan proyeksi visual pada kebun raya ternyata juga dilakukan di sejumlah negara. Bukan hanya di Kebun Raya Bogor (KRB), program sejenis Glow ini sudah lebih dulu ada di beberapa negara dan menjadi magnet bagi para pengunjung.

Di area seluas 26.000 meter persegi, hanya sekitar 3% dari total luas KBR yang mencapai 870.000 meter persegi atau 87 hektar, program Glow hadir terbatas di setiap Jumat-Minggu malam mulai pukul 19.00 WIB-10.00 WIB. Jumlah pengunjung yang hadir akan dibatasi dan dikelompokkan dengan pemandu khusus di setiap kelompok.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), sebagai pemegang kendali penuh atas penyelenggaraan di KRB, menegaskan bahwa berdasarkan hasil riset selama periode Januari-Juni 2022, kehadiran cahaya buatan (Artificial Light at Night/ALAN) pada area eduwisata Glow di KRB tidak berdampak buruk terhadap tumbuhan-tumbuhan dan ekosistem yang ada.

“Kami memiliki komitmen yang sama dengan masyarakat bahwa KRB ini adalah aset bangsa yang harus selalu dijaga dan dapat dioptimalkan untuk kemajuan masyarakat. Karena itu terobosan dan inovasi harus terus dilakukan tanpa meninggalkan akar budaya yang ada," jelas Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dalam pernyataan resminya (25/8/2022).

Selain program Glow di KRB, sejumlah kebun raya di dunia juga menjadikan eduwisata sejenis untuk menarik lebih banyak pengunjung muda. Berikut ini adalah daftar kebun raya yang menjadikan wisata lampu sebagai bagian dari inovasinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kebun raya Kew Gardens yang berlokasi di Sussex, Inggris, ini merupakan salah satu situs warisan dunia menurut UNESCO. Dengan koleksi lebih dari 50.000 tanaman, Kew Gardens menghadirkan konsep wisata malam saat musim dingin. Untuk tahun ini, sebanyak 12.000 pohon dan koleksi tanaman hidup akan menjadi rute baru sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati wisata alam dengan perspektif baru.

“Nikmati perayaan tahunan saat Anda menemukan terowongan cahaya yang berkilauan, pantulan tepi air yang menari, dan pepohonan yang dibalut dengan warna seperti permata dalam perjalanan Anda menuju panorama cahaya Palm House yang indah,” demikian tertulis di situs resmi Kew Gardens.

Terletak di Miami, Florida, Amerika Serikat, Fairchild Tropical Botanic Garden menghadirkan konsep wisata malam dengan tema The NightGarden. Seperti Kew Garden, konsep wisata malam di Fairchild Tropical Botanic Garden diadakan pada saat musim dingin.

Taman botani yang memilik luas 83 hektar dengan koleksi anggrek dan tanaman asli Florida tersebut menampilkan pencahayaan menakjubkan dengan efek khusus spektakuler, dan kejutan luar biasa untuk seluruh keluarga.

“Kamu akan mengambil lebih banyak foto di The NightGarden. Akun Instagram kamu tidak akan pernah sama,” demikian ulasan Miami.com seperti dikutip dari laman resmi The NightGarden.

Di Desert Botanical Garden, Arizona, Amerika Serikat (AS), ada gurun pasir dan taman menjadi suguhan menarik wisata malam. Desert Botanical Garden merupakan rumah bagi ribuan spesies kaktus, pohon, dan bunga dari seluruh dunia yang tersebar di area seluas 55 hektar di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Pada 2021 lalu, pengelola taman mengusung tema “Las Noches de las Luminarias” dengan ribuan lampu dan lilin yang menerangi jalan di gurun yang berlangsung sepanjang Desember.

Tema Glow lain ada di Royal Botanic Gardens Victoria, yang berlokasi di Melbourne dan Cranboune, adalah pusat penelitian botani yang memainkan peran penting dalam studi tanaman, jamur, dan ganggang Australia. Sehingga memperkaya pemahaman tentang keanekaragaman hayati asli dan kebutuhan konservasinya.

Selain menjadi pusat penelitian, Royal Botanic Gardens Victoria ternyata juga menyajikan wisata malam penuh cahaya yang bertempat di Royal Botanic Gardens Melbourne. Pengunjung diajak menyusuri taman sepanjang 1,8 kilometer yang dihiasi instalasi lebih dari setengah juta lampu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

Arsip statis yang diserahkan ke ANRI ini berasal dari kementerian, lembaga, badan usaha milik negara (BUMN), dan sejarawan Kalimantan Barat Syafarrudin Usman.

NEWS | 30 November 2022

Kementan: Stok Beras Sanggup Penuhi Kebutuhan Gudang Bulog

Kementan menegaskan stok beras di beberapa wilayah masih sanggup memenuhi kebutuhan beras untuk gudang Bulog.

NEWS | 30 November 2022

Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah membahas tentang kriteria calon presiden dan calon wakil presiden. 

NEWS | 1 Desember 2022

Banjir di Pati, Satu Orang Tewas

Hujan deras yang mengguyur wilayah Pegunungan Kendeng Utara, di Kabupaten Pati,, Jawa Tengah mengakibatkan 6 kecamatan terendam banjir.

NEWS | 1 Desember 2022

Top News, Mimpi Buruk Bharada E dan Sosok Perempuan Menangis di Rumah Sambo

Berita-berita seputar sidang pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J dan gempa Cianjur masih terpopuler di Beritasatu.com dalam 24 jam terakhir.

NEWS | 1 Desember 2022

Telkom Telah Salurkan Bantuan Senilai Rp 1 Miliar Pasca Gempa Cianjur

Bantuan itu terdiri dari dukungan sarana komunikasi pada posko juga sarana publik serta kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pasca gempa.

NEWS | 30 November 2022

Telkom Sabet Gelar Global Best Practice - Sustainability di Taipei

Ajang bergengsi Global Corporate Sustainability Awards (GCSA) 2022 menganugerahkan Best Practice Award (World Class) Great Practice of 2022 untuk PT Telkom.

NEWS | 30 November 2022

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

Anggota KIB Berdebat Bahas Kriteria Capres-Cawapres

NEWS | 56 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE