Logo BeritaSatu

Bukan Hanya di KRB, Wisata Glow Juga Ada di Sejumlah Negara

Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:53 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Instalasi lampu dan proyeksi visual pada kebun raya ternyata juga dilakukan di sejumlah negara. Bukan hanya di Kebun Raya Bogor (KRB), program sejenis Glow ini sudah lebih dulu ada di beberapa negara dan menjadi magnet bagi para pengunjung.

Di area seluas 26.000 meter persegi, hanya sekitar 3% dari total luas KBR yang mencapai 870.000 meter persegi atau 87 hektar, program Glow hadir terbatas di setiap Jumat-Minggu malam mulai pukul 19.00 WIB-10.00 WIB. Jumlah pengunjung yang hadir akan dibatasi dan dikelompokkan dengan pemandu khusus di setiap kelompok.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), sebagai pemegang kendali penuh atas penyelenggaraan di KRB, menegaskan bahwa berdasarkan hasil riset selama periode Januari-Juni 2022, kehadiran cahaya buatan (Artificial Light at Night/ALAN) pada area eduwisata Glow di KRB tidak berdampak buruk terhadap tumbuhan-tumbuhan dan ekosistem yang ada.

“Kami memiliki komitmen yang sama dengan masyarakat bahwa KRB ini adalah aset bangsa yang harus selalu dijaga dan dapat dioptimalkan untuk kemajuan masyarakat. Karena itu terobosan dan inovasi harus terus dilakukan tanpa meninggalkan akar budaya yang ada," jelas Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko dalam pernyataan resminya (25/8/2022).

Selain program Glow di KRB, sejumlah kebun raya di dunia juga menjadikan eduwisata sejenis untuk menarik lebih banyak pengunjung muda. Berikut ini adalah daftar kebun raya yang menjadikan wisata lampu sebagai bagian dari inovasinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kebun raya Kew Gardens yang berlokasi di Sussex, Inggris, ini merupakan salah satu situs warisan dunia menurut UNESCO. Dengan koleksi lebih dari 50.000 tanaman, Kew Gardens menghadirkan konsep wisata malam saat musim dingin. Untuk tahun ini, sebanyak 12.000 pohon dan koleksi tanaman hidup akan menjadi rute baru sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati wisata alam dengan perspektif baru.

“Nikmati perayaan tahunan saat Anda menemukan terowongan cahaya yang berkilauan, pantulan tepi air yang menari, dan pepohonan yang dibalut dengan warna seperti permata dalam perjalanan Anda menuju panorama cahaya Palm House yang indah,” demikian tertulis di situs resmi Kew Gardens.

Terletak di Miami, Florida, Amerika Serikat, Fairchild Tropical Botanic Garden menghadirkan konsep wisata malam dengan tema The NightGarden. Seperti Kew Garden, konsep wisata malam di Fairchild Tropical Botanic Garden diadakan pada saat musim dingin.

Taman botani yang memilik luas 83 hektar dengan koleksi anggrek dan tanaman asli Florida tersebut menampilkan pencahayaan menakjubkan dengan efek khusus spektakuler, dan kejutan luar biasa untuk seluruh keluarga.

“Kamu akan mengambil lebih banyak foto di The NightGarden. Akun Instagram kamu tidak akan pernah sama,” demikian ulasan Miami.com seperti dikutip dari laman resmi The NightGarden.

Di Desert Botanical Garden, Arizona, Amerika Serikat (AS), ada gurun pasir dan taman menjadi suguhan menarik wisata malam. Desert Botanical Garden merupakan rumah bagi ribuan spesies kaktus, pohon, dan bunga dari seluruh dunia yang tersebar di area seluas 55 hektar di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Pada 2021 lalu, pengelola taman mengusung tema “Las Noches de las Luminarias” dengan ribuan lampu dan lilin yang menerangi jalan di gurun yang berlangsung sepanjang Desember.

Tema Glow lain ada di Royal Botanic Gardens Victoria, yang berlokasi di Melbourne dan Cranboune, adalah pusat penelitian botani yang memainkan peran penting dalam studi tanaman, jamur, dan ganggang Australia. Sehingga memperkaya pemahaman tentang keanekaragaman hayati asli dan kebutuhan konservasinya.

Selain menjadi pusat penelitian, Royal Botanic Gardens Victoria ternyata juga menyajikan wisata malam penuh cahaya yang bertempat di Royal Botanic Gardens Melbourne. Pengunjung diajak menyusuri taman sepanjang 1,8 kilometer yang dihiasi instalasi lebih dari setengah juta lampu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Elon Musk Ungkap Rekor Sepanjang Masa Pengguna Baru di Twitter

CEO Twitter Elon Musk mengatakan, pengguna baru di platform media sosial yang dimilikinya ini mencapai rekor sepanjang masa.

NEWS | 27 November 2022

Kapolda Jabar Bakal Proses Hukum Pencopot Label Gereja di Posko Gempa Cianjur

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana memastikan akan memproses hukum pelaku pencopotan label gereja di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur. 

NEWS | 27 November 2022

Mayoritas Publik Setuju Kapolri Larang Tilang Manual

Mayoritas publik yang setuju terhadap langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melarang anggotanya melakukan tilang manual.

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa Dinilai Bukti Kapolri Tak Pandang Bulu

Kasus peredaran narkoba yang diduga melibatkan Irjen Pol Teddy Minahasa dinilai bukti Kapolri tak memandang bulu dalam menindak anggotanya.

NEWS | 27 November 2022

Anwar Ibrahim Tak Mau Tunjuk Menteri sebagai Bentuk Penghargaan

PM Malaysia Anwar Ibrahim bakal merampingkan kabinet, dan meniadakan kebiasaan menujuk menteri sebagai bentuk penghargaan.

NEWS | 27 November 2022

Aremania Tuntut Keadilan soal Tragedi Kanjuruhan, Malang Lumpuh

Aremania menggelar aksi demonstrasi menuntut keadilan terkait tragedi Kanjuruhan dengan menutup 30 titik jalan. Akibatnya, Malang lumpuh total.

NEWS | 27 November 2022

Catat! Ini Dampak Negatif Menggunakan Earphone Terlalu Lama

Menurut Budi, durasi penggunaan earphone yang terlalu lama dan volume yang terlalu keras dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

NEWS | 27 November 2022

PDIP Serahkan Bantuan untuk Guru dan Pelajar di Kediri

PDIP memberikan bantuan kepada guru-guru dan pelajar di Kediri, Jawa Timur berupa 1.000 unit sepeda dan 2.000 pasang sepatu. 

NEWS | 27 November 2022

Ganjar Pranowo Ungkap Kedekatan Emosional dengan PPP

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkap kedekatan emosionalnya dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

NEWS | 27 November 2022

Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna Earphone

"Setelah penggunaan earphone selama 60 menit, disarankan melepas gawai dan memberikan jeda untuk telinga beristirahat," jelas dr Budi.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE