Logo BeritaSatu

Mayoritas Publik Percaya Kerja Kejaksaan Agung

Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:29 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin meningkat drastis. Hal ini setidaknya tercermin dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Hasil survei itu menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada kinerja kejaksaan mencapai angka 75,3 persen. Dengan angka itu, kepercayaan publik kepada kejaksaan lebih tinggi dibanding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kepolisian.

“Tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan pada bulan Agustus berada di angka 75,3 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei bertajuk “Penilaian Publik Atas Masalah-Masalah Hukum Terkini dan Kinerja Lembaga Penegak Hukum”, Rabu (31/8/2022).

Survei ini dilakukan LSI pada 13 Agustus sampai dengan 21 Agustus 2022 dengan 1.220 responden. Populasi survei tersebut adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Djayadi, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejagung saat ini meningkat signifikan. Setidaknya jika dibandingkan hasil pada bulan Mei 2022. Saat itu, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kejaksaan baru mencapai 60,5 persen.

“Ada kenaikan yang cukup signifikan. Jika pada Mei berada di angka 60,5 persen, pada bulan Agustus menjadi 75,3 persen,” jelas Djayadi Hanan.

Djayadi menyatakan peningkatan kepercayaan publik turut dipengaruhi keberhasilan Kejaksaan Agung dalam membongkar banyak kasus besar yang melibatkan hajat hidup orang banyak, seperti kasus mafia minyak goreng, mafia pupuk bersubsidi, korupsi impor garam, hingga korupsi lahan sawit dengan nilai kerugian mencapai Rp 104,1 triliun.

“Keberhasilan Kejaksaan membongkar banyak kasus besar memengaruhi tingginya kepercayaan publik terhadap Korps Adhyaksa,” ungkap Djayadi Hanan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Enggartiasto: Intibios Utamakan Experience Layanan Kesehatan

Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa layanan kesehatan Intibios ingin memberikan pengalaman pelayanan kesehatan yang berbeda kepada masyarakat.

NEWS | 26 November 2022

Kendarai Motor, Mahasiswa UMM Jatuh dari Jembatan Setinggi 25 Meter

Mahasiswa UMM Irfaan Hafids Akbar jatuh dari atas jembatan Soekarno Hatta, Kota Malang. Korban jatuh dari ketinggian 25 meter.

NEWS | 26 November 2022

Antar Bantuan Korban Gempa Cianjur, BNPB Gunakan Motor

BNPB menggunakan sepeda motor untuk mengantarkan bantuan bagi korban gempa Cianjur yang berada di daerah yang susah dijangkau.

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Tegaskan Reputasi Global Indonesia Patut Dijaga

Presiden Jokowi mengatakan reputasi global yang diraih Indonesia saat ini patut dijaga keberlanjutannya oleh kepemimpinan berikutnya.

NEWS | 26 November 2022

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengajak guru berinovasi menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

NEWS | 26 November 2022

Warga Rembang Bergerak Membantu Korban Gempa Cianjur

Masyarakat di Rembang terus bergerak membantu para korban gempa Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan menggalang bantuan di jalan protokol di Rembang.

NEWS | 26 November 2022

BPKH Menyerahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan kemaslahatan senilai Rp 2,2 miliar untuk para korban gempa Cianjur.

NEWS | 26 November 2022

Pekan Depan, Sidang Ferdy Sambo Dkk Digelar 3 Hari

Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk) digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pekan depan selama tiga hari.

NEWS | 26 November 2022

DPR Bakal Sahkan RUU KUHP Sebelum Masa Reses

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan rapat paripurna untuk mengesahkan RUU KUHP akan digelar sebelum masa reses. 

NEWS | 26 November 2022

Mayat Diduga Korban Pembunuhan Ditemukan di Pinggir Jalur Pantura Semarang

Mayat seorang laki-laki yang diduga korban pembunuhan ditemukan warga di pinggir jalur pantura Semarang,

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE