Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kepala Bakamla Bahas Penguatan Kerja Sama dengan Thai MECC

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:55 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO
Deputy Secretary General of Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (Thai MECC) Vice Admiral Imurai Sutad (kiri) menerima cendera mata dari Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya Aan Kurnia di Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai dua negara pantai yang berlokasi pada wilayah yang sama, Indonesia dan Thailand turut menghadapi tantangan dan kepentingan maritim yang serupa. Hal ini yang mendorong Badan Keamanan Laut atau Bakamla terus memperkuat kerja sama dengan Thailand Maritime Enforcement Coordinating Center (Thai MECC).

Penguatan kerja sama itu tergambar dalam kunjungan Deputy Secretary General of Thai MECC, Vice Admiral Imurai Sutad ke Mabes Bakamla, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022). Kunjungan Imurai Sutad diterima dengan hormat oleh Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (31/8/2022) disebutkan, kedua pimpinan instansi membahas kerja sama konkret yang dapat dilakukan di tahun berjalan dan di masa mendatang.

Disebutkan, pembajakan dan perampokan dengan senjata, imigran ilegal, perdagangan manusia, dan penyelundupan narkoba merupakan bentuk-bentuk kejahatan yang dihadapi oleh kedua negara, termasuk di sekitar Selat Malaka.

Berdasarkan tantangan bersama itu, Bakamla dan Thai MECC sepakat untuk meningkatkan kerja sama dari hubungan bilateral menjadi hubungan kemitraan.

Sesuai hasil pembahasan, kerja sama akan dilakukan pada area peningkatan kapasitas personel, pertukaran informasi, pertemuan-pertemuan rutin, dan kerja sama kemaritiman lain yang disepakati bersama.

Dalam kesempatan ini, Laksdya Aan Kurnia mengundang VADM Sutad untuk hadir dalam ASEAN Chief Coast Guard Forum yang akan dilaksanakan akhir tahun ini di Indonesia.

Hal ini tidak hanya karena Thailand merupakan salah satu anggota ASEAN, namun juga karena Thai MECC telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diinisiasi oleh Bakamla, seperti Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM), dan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE).

Kunjungan kemudian berlanjut ke Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Bakamla. Delegasi Thai MECC diperlihatkan kegiatan pemantauan yang dilakukan oleh Bakamla dan alur pertukaran informasi yang dilakukan ke instansi di negara-negara tetangga, salah satunya dengan Thailand.

Pertemuan berlangsung hangat dan kental dengan suasana kekeluargaan. Tidak hanya pertukaran informasi terkait instansi, kondisi keamanan dan keselamatan laut di kedua negara, namun juga hal-hal ringan lain ikut dibicarakan.

Kepala Bakamla, misalnya, juga mengenalkan makanan tradisional Indonesia. Sementara, Imurai Sutad menceritakan pengalaman-pengalaman yang ditemui saat berkunjung ke Jakarta.

Dalam kesempatan ini, VADM Sutad didampingi oleh Director General of the Office of Policies and Plans Rear Admiral Wichnu Thupa-ang, Deputy General of the Operations Center Captain Benjamaporn Wongnakornsawang, dan beberapa staf lainnya.

Sementara, Laksdya Aan Kurnia didampingi oleh jajaran pejabat tinggi Bakamla, seperti Sestama Laksda S Irawan, Deputi Jakstra Laksda Bakamla Tatit E Witjaksono, Deputi Inhuker Laksda Bakamla I Putu Arya Angga, Deputi Opslat Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribwa, dan Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Purwanto Djoko.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI