Logo BeritaSatu

Kementan Perkuat Pengawasan Jaga Pangan di Banda Aceh

Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:20 WIB
Oleh : JNS

Aceh, Beritasatu.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Inspektorat Jenderal Kementan terus membangun kolaborasi dan sinergitas bersama antara Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH). Kali ini, kerja sama pengawasan dilakukan di Provinsi Aceh dalam menghadapi terjadinya krisis pangan.

Irjen Kementan, Jan Samuel Maringka dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di wilayah Banda Aceh, menyampaikan pentingnya menjaga pangan di wilayah perbatasan. Apalagi, kata dia, pangan menjadi sangat penting mengingat semua negara tengah menghadapi masalah yang sama.

"Kedaulatan pangan itu harus menjadi komitmen bersama. Dan untuk mencapainya kita tidak harus melalui gerakan besar, tapi dengan yang kecil juga bisa kita lakukan asalkan bersama-sama. Kita ajak semua pihak untuk menjaga pangan, mulai dari aparat yang berjaga di perbatasan terluar Indonesia" ujar Jan, Senin (30/8/2022).

Menurut Jan, peranan APH sangat diperlukan dalam mewujudkan keberhasilan program pertanian yang sedang berjalan. Melalui program jaga pangan, kata Jan, ketahanan pangan akan terjaga dengan baik dan sistem pencegahan dapat terus dilakukan.

"Itulah pentingnya koordinasi. Jaga Pangan adalah program pengawasan dalam rangka memberikan kontribusi kepada pertanian sehingga mencapai targetnya dan ini harus kita lakukan bersama. Semua perlu kolaborasi agar program pertanian bisa tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran. Mari jaga pangan, jaga masa depan dari wilayah terluar Indonesia," katanya.

Gubernur Aceh Mayjen (Purn) Achmad Marzuki mendukung penuh upaya Kementan dalam melakukan pengawasan pangan. Apalagi kata Marzuki, pihaknya juga telah membuat program jangka panjang yang fokus pada sektor pertanian.

"Sejak awal dilantik sebagai gubernur saya sudah langsung fokus membuat program jangka panjang mengenai pangan. Dan masalah pangan yang dibenahi adalah hulu hilirnya. Alhamdulillah beras kita sudah surplus dan selama beberapa bulan terakhir kita tidak lagi menjadi penyumbang inflasi di Aceh," katanya.

Sebagai informasi, Kementan di Tahun Anggaran 2022 telah mengalokasikan bantuan dari unit kerja Eselon I, yaitu Direktorat Jenderal Tanaman Pangan total senilai Rp15.297.017.000,00, Direktorat Jenderal Hortikultura total senilai Rp5.380.000.000,00, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian total senilai Rp24.340.335.000,00; Direktorat Jenderal Perkebunan total senilai Rp14.496.917.000,00; dan Direktorat Jenderal Peternakan total senilai Rp3.445.900.000,00 (terkait PMK).

Disisi lain, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Cut Huzaimah, mengatakan bahwa produksi pertanian di Aceh terus mengalami peningkatan. Bahkan saat ini pihaknya fokus menargetkan kebutuhan ekspor mengingat kebutuhan dalam negeri di daerah Aceh sudah tercukupi.

"Tapi selain itu kita juga terus mengembangkan produk pertanian lokal yang memiliki peluang nilai ekspor. Insyaallah kita ingin Aceh bisa swasembada memenuhi kebutuhan sendiri," jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkomsel Hadirkan Program “Rezeki Sakti"

Program ini terbuka untuk seluruh pelanggan Telkomsel Prabayar di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

NEWS | 5 Desember 2022

Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri Untuk Transisi Energi Berkelanjutan

Hadirnya BLiMP ini merupakan hasil dari semangat kolaborasi "Merdeka Belajar" yang berhasil menyatukan banyak pihak di program Kedaireka.

NEWS | 6 Desember 2022

Apindo Kritik Penerapan Odol Tanpa Transisi

Apindo mengkritik penerapan kebijakan over dimension dan overload (Odol) untuk angkutan barang yang diberlakukan tanpa ada masa transisi

NEWS | 6 Desember 2022

5 Topnews: Sidang Ricky Rizal dan Sosok Calon Istri Kaesang Pangarep

Sidang Ricky Rizal dan juga sosok Erina Gundono yang akan dipersunting Kaesang Pangarep menjadi salah satu berita yang paling banyak dibaca.

NEWS | 6 Desember 2022

AJI Beberkan 17 Pasal Bermasalah dalam RKUHP yang akan Disahkan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) membeberkan 17 pasal bermasalah dalam draf RKUHP versi 30 November 2022.

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Setujui RUU Perjanjian Indonesia-Singapura untuk Ekstradisi Buronan

Komisi III DPR RI menyetujui RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Indonesia dan Singapura tentang Ekstradisi Buronan

NEWS | 6 Desember 2022

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Garuda Undang Investor Strategis, Porsi Pemerintah Berkurang

Garuda Undang Investor Strategis, Porsi Pemerintah Berkurang

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE