Logo BeritaSatu

Rusia Hentikan Pasokan Gas Nord Stream saat Eropa Krisis Energi

Kamis, 1 September 2022 | 13:05 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Perusahaan Rusia, Gazprom, telah menghentikan pasokan gas melalui pipa Nord Stream 1 ke Eropa Barat selama tiga hari. Seperti dilaporkan Newsweek, Rabu (31/8/2022), Moskwa menghadapi tuduhan bahwa mereka energi sebagai senjata.

Raksasa energi Rusia mengumumkan bahwa pekerjaan pemeliharaan membutuhkan penghentian aliran gas alam ke Jerman dari Rabu hingga Sabtu.

Advertisement

Jerman menuduh Moskwa menggunakan gas untuk menaikkan harga dan melemahkan tekad Uni Eropa atas sanksi yang dijatuhkan menyusul invasi skala penuh Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.

Reuters melaporkan Siemens Energy, yang melakukan pekerjaan perbaikan pada turbin yang digunakan untuk memompa gas melalui pipa, mengatakan pekan lalu tidak ada berita untuk melaporkan pemeliharaan peralatan yang terkait dengan itu. Perusahaan Siemens mengatakan tidak terlibat dalam pekerjaan teknis yang dilakukan oleh Gazprom tetapi siap untuk memberi tahu perusahaan jika diperlukan.

Nord Stream 1 sepanjang 745 mil yang mengangkut gas di bawah Laut Baltik dari pantai Rusia dekat St. Petersburg ke Jerman timur laut telah beroperasi hanya dengan kapasitas 20 persen yang menurut Rusia disebabkan oleh peralatan yang rusak. Gazprom telah mematikan beberapa turbin gas, salah satunya telah diproduksi Siemens di Kanada tempat untuk perbaikan.

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan Rabu lalu bahwa Ottawa akan tetap pada pengabaian sanksi untuk memungkinkan turbin dikembalikan ke Rusia melalui Jerman setelah perbaikan.

Rusia telah memperingatkan dua minggu lalu bahwa pemadaman itu akan terjadi tetapi pemerintah Jerman mengatakan belum diberitahu secara resmi, menerima informasi melalui saluran Telegram Gazprom.

Sementara itu, Kepala Badan Jaringan Federal Jerman Klaus Müller menyebut penghentian gas sebagai "keputusan yang secara teknis tidak dapat dipahami."

"Saya percaya bahwa Rusia akan kembali ke 20 persen pada hari Sabtu, tetapi tidak ada yang benar-benar bisa mengatakannya," tambah Muller.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Gazprom "berkomitmen" pada kewajiban kontraktualnya untuk memasok energi. Namun Eropa membawa situasi ini ke puncak, penyebabnya adalah sanksi mereka sendiri.

Pada bulan Juli, Nord Stream 1 ditutup selama 10 hari yang juga dikatakan Rusia untuk perbaikan. Penutupan ini memicu kekhawatiran di antara para pemimpin Eropa bahwa Moskwa akan memutus pasokan selama bulan-bulan puncak musim dingin.

Pembatasan lebih lanjut dapat memperdalam krisis energi di Eropa yang telah memicu lonjakan harga gas grosir, memberikan tekanan pada pemerintah untuk meringankan beban yang dihadapi konsumen dan bisnis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tepis Pembatasan, Panitia Satu Abad NU: Semua Boleh Datang ke Sidoarjo

Wasekjen PBNU Rahmat Hidayat Pulungan menegaskan, acara puncak resepsi Satu Abad NU dipastikan terbuka untuk semua golongan masyarakat.

NEWS | 3 Februari 2023

Pertama di Indonesia, Bendungan Tamblang Gunakan Teknologi Inti Aspal

Presiden Jokowi meresmikan proyek Bendungan Tamblang yang dikerjakan oleh PTPP di Kabupaten Buleleng, Bali, dengan anggaran dari APBN senilai Rp 820 miliar.

NEWS | 3 Februari 2023

Duloh Mengaku Bersetubuh dengan Noneng Mertua Wowon Sebelum Membunuhnya

Solihin alias Duloh mengaku bahwa dirinya bersetubuh terlebih dahulu dengan Noneng Suryati, mertua Wowon sebelum akhirnya dibunuh.

NEWS | 3 Februari 2023

Menko Airlangga Apresiasi Progres Konstruksi Smelter Manyar

Menko Airlangga optimis konstruksi smelter Manyar milik PT Freeport Indonesia rampung tepat waktu pada Desember 2023.

NEWS | 3 Februari 2023

Toko Material di Pondok Labu Ludes Terbakar

Sebuah toko penjual material bangunan di Jalan Wijaya Kusuma, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, ludes terbakar, Jumat (3/2/2023) pagi.

NEWS | 3 Februari 2023

Lukas Enembe Tagih Janji Firli, KPK: Suratnya Masih di Bagian Persuratan

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan surat Lukas Enembe kepada Ketua KPK Firli Bahuri masih di bagian persuratan lembaga antikorupsi.

NEWS | 3 Februari 2023

Soal Kasus Formula E, KPK Klaim Tak Ragu Jerat Siapa pun

KPK mengeklaim tidak ragu menjerat pihak yang terlibat dalam dugaan korupsi Formula E.

NEWS | 3 Februari 2023

Bukan karena Formula E, Ini Alasan Direktur Penuntutan KPK Kembali ke Kejagung

KPK membantah Direktur Penuntutan Fitroh Rohcahyanto kembali ke Kejagung karena kasus dugaan korupsi Formula E

NEWS | 3 Februari 2023

IPK Indonesia Merosot 4 Poin, KPK Tak Ingin Disalahkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak ingin disalahkan atas merosotnya corruption perception index (CPI) atau indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia.

NEWS | 3 Februari 2023

Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Kabupaten Dompu

Banjir bandang menerjang Dompu, NTB akibat dua sungai meluap sehingga menggenangi pemukiman warga.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPU Pastikan Warga Binaan di Lapas Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024

KPU Pastikan Warga Binaan di Lapas Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024

BERSATU KAWAL PEMILU | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE