Logo BeritaSatu

Bamsoet Dukung Museum Bung Hatta Platform Metaverse

Kamis, 1 September 2022 | 15:55 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung upaya menghadirkan Museum Bung Hatta dalam platform metaverse atau Hatta Memorial Heritage Virtual.

Hal itu diungkapkan Bamsoet saat menerima kunjungan Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) yang menggagas sebuah program bertajuk warisan nasional dalam metaverse, di Jakarta pada Rabu (31/8/2022). Turut hadir dalam kunjungan tersebut antara lain Sekretaris Umum YPBH Ezrinal Aziz dan YPBH Chapter Sumbar, Riau, Jambi Willy Putra. Hadir pula para Development IT Hatta Memorial Heritage Virtual, di antaranya Giswa Ade Nugraha, Muhammad Adriansyah, dan Iwan Sukma.

Advertisement

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa program, yang bertujuan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi mutakhir yaitu metaverse yang diramalkan akan menjadi platform paling dominan pada masa dekade mendatang.

Ketua MPR menegaskan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudrsitek) untuk terjun langsung membantu pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual (HMH-Virtual) yang menjadi cikal bakal museum Bung Hatta dalam bentuk platform metaverse.

Hatta Memorial Heritage Virtual digagas Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH). "Langkah Yayasan Proklamator Bung Hatta di bawah pembina Ibu Meutia Farida Hatta yang merupakan putri kandung Bung Hatta dalam menghadirkan perjuangan dan pemikiran Bung Hatta di dunia metaverse patut didukung oleh negara, salah satunya melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," papar Bamsoet.

"Mengingat Bung Hatta merupakan milik bangsa Indonesia, sehingga melestarikan perjuangan dan pemikirannya juga merupakan tugas seluruh elemen bangsa," ujar Bamsoet menambahkan.

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual rencananya dilakukan dalam 4 fase. Fase 1, fokus pada pengembangan 3D model monumen dan patung Bung Hatta. Fase 2, pengembangan 3D model rumah tempat tinggal Bung Hatta saat remaja.

Fase 3 fokus pada pengembangan 3D model dari lokasi Jam Gadang, dan fase 4 fokus ke pengembangan 3D model gedung lainnya.

Sementara itu Sekretaris Umum YPBH Ezrinal Aziz menjelaskan, "Dengan teknologi metaverse kita dapat menghayati kejadian kejadian masa lalu secara lebih impresif karena adanya pengalaman secara langsung (immersive) yang dirancang secara virtual."

"Kita bisa merasakan suasana hikmat ketika Bung Karno membacakan naskah Proklamasi. Atau bagaimana nilai-nilai nasionalisme Bung Hatta terbangun ketika menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana gaek Rais yang baik hati itu ditangkap dan diborgol Belanda," imbuhnya.

"Dengan teknologi ini kita bisa mengunjungi tempat tempat bersejarah yang bisa menumbuh rasa nasionalisme tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Pendek kata teknologi ini bisa membantu menghidupkan pelajaran sejarah dan kewarganegaraan yang kian redup. Kita tentu sedih melihat kenyataan bahwa sangat sedikit generasi muda yang sadar sejarah bahkan tokoh-tokoh penting seperti Bung Hatta atau Bung Sjahrir tidak lagi dikenal. Apalagi jejak perjuangan dan pikiran-pikirannya," kata Ezrinal lagi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai implementasi Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Februari 2023

Disidak Jokowi Malam-malam, Warga Bali Curhat Urat Kejepit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah rumah warga di Dusun Keingetan, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

NEWS | 2 Februari 2023

Top 5 News, Aksi Wowon Serial Killer Tipu TKW hinggaMahfud MD Yakin Hakim Kasus Ferdy Sambo Adil

Aksi tersangka serial killer Wowon mengubah karakter menjadi Aki Banyu untuk menipu TKW menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com.

NEWS | 2 Februari 2023

Cuaca Jakarta Hari Ini, Hujan Diperkirakan Akan Guyur Sejumlah Wilayah

Cuaca Jakarta  pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenparekraf Dukung Upaya Kemenkes Percepat Vaksinasi Booster Kedua

Kemenparekraf menggandeng Kemenkes menggelar kegiatan Sentra Vaksinasi Booster Kedua di kantor Kemenparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 1-3 Februari.

NEWS | 2 Februari 2023

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

NEWS | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE