Logo BeritaSatu

Bamsoet Dukung Museum Bung Hatta Platform Metaverse

Kamis, 1 September 2022 | 15:55 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung upaya menghadirkan Museum Bung Hatta dalam platform metaverse atau Hatta Memorial Heritage Virtual.

Hal itu diungkapkan Bamsoet saat menerima kunjungan Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) yang menggagas sebuah program bertajuk warisan nasional dalam metaverse, di Jakarta pada Rabu (31/8/2022). Turut hadir dalam kunjungan tersebut antara lain Sekretaris Umum YPBH Ezrinal Aziz dan YPBH Chapter Sumbar, Riau, Jambi Willy Putra. Hadir pula para Development IT Hatta Memorial Heritage Virtual, di antaranya Giswa Ade Nugraha, Muhammad Adriansyah, dan Iwan Sukma.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa program, yang bertujuan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi mutakhir yaitu metaverse yang diramalkan akan menjadi platform paling dominan pada masa dekade mendatang.

Ketua MPR menegaskan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudrsitek) untuk terjun langsung membantu pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual (HMH-Virtual) yang menjadi cikal bakal museum Bung Hatta dalam bentuk platform metaverse.

Hatta Memorial Heritage Virtual digagas Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH). "Langkah Yayasan Proklamator Bung Hatta di bawah pembina Ibu Meutia Farida Hatta yang merupakan putri kandung Bung Hatta dalam menghadirkan perjuangan dan pemikiran Bung Hatta di dunia metaverse patut didukung oleh negara, salah satunya melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi," papar Bamsoet.

"Mengingat Bung Hatta merupakan milik bangsa Indonesia, sehingga melestarikan perjuangan dan pemikirannya juga merupakan tugas seluruh elemen bangsa," ujar Bamsoet menambahkan.

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual rencananya dilakukan dalam 4 fase. Fase 1, fokus pada pengembangan 3D model monumen dan patung Bung Hatta. Fase 2, pengembangan 3D model rumah tempat tinggal Bung Hatta saat remaja.

Fase 3 fokus pada pengembangan 3D model dari lokasi Jam Gadang, dan fase 4 fokus ke pengembangan 3D model gedung lainnya.

Sementara itu Sekretaris Umum YPBH Ezrinal Aziz menjelaskan, "Dengan teknologi metaverse kita dapat menghayati kejadian kejadian masa lalu secara lebih impresif karena adanya pengalaman secara langsung (immersive) yang dirancang secara virtual."

"Kita bisa merasakan suasana hikmat ketika Bung Karno membacakan naskah Proklamasi. Atau bagaimana nilai-nilai nasionalisme Bung Hatta terbangun ketika menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana gaek Rais yang baik hati itu ditangkap dan diborgol Belanda," imbuhnya.

"Dengan teknologi ini kita bisa mengunjungi tempat tempat bersejarah yang bisa menumbuh rasa nasionalisme tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Pendek kata teknologi ini bisa membantu menghidupkan pelajaran sejarah dan kewarganegaraan yang kian redup. Kita tentu sedih melihat kenyataan bahwa sangat sedikit generasi muda yang sadar sejarah bahkan tokoh-tokoh penting seperti Bung Hatta atau Bung Sjahrir tidak lagi dikenal. Apalagi jejak perjuangan dan pikiran-pikirannya," kata Ezrinal lagi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran tempat usaha laundry di Perumahan Taman Cikande, RW02 RT09 Desa Cikande, Kabupaten Tangerang.

NEWS | 1 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

Piala Dunia 2022: Kroasia Pulangkan Generasi Emas Belgia

SEMESTA BOLA 2022 | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE